back button

Bolehkah Oleskan Wax Pada Mobil yang Sudah Pakai Coating?

Ditulis oleh : Danang Setiaji,

06 May 2024

fbtwitterwhatsapp
Bolehkah Oleskan Wax Pada Mobil yang Sudah Pakai Coating?

moservice.id – Baik wax maupun coating memiliki fungsi yang hampir serupa yakni melindungi lapisan cat mobil. Namun, bolehkah mengaplikasikan wax pada mobil yang sebelumnya sudah mendapat lapisan coating?

Sebelum membahas hal tersebut, mari mengenal lebih jauh fungsi dari coating dan wax pada cat mobil. Lapisan coating merupakan pelindung semi permanen yang diaplikasikan pada permukaan cat mobil.

Biasanya terbuat dari bahan sintetis atau organik, lapisan ini bekerja dengan membentuk ikatan kuat dengan cat. Lapisan coating menawarkan perlindungan maksimal terhadap sinar UV, jamur, serta kemampuannya menolak air (water-repellent) dan goresan ringan. Selain itu, coating juga dapat memberikan efek kilau yang dalam dan tahan lama pada cat mobil.

Sedangkan wax, berbeda dengan coating. Wax merupakan lapisan pelindung temporer yang terbuat dari bahan seperti lilin alami atau sintetis. Wax diaplikasikan dengan cara digosokkan pada permukaan cat mobil dan membentuk lapisan tipis di atasnya.

Baca juga: Mengenal Fungsi Kabel Busi Mobil dan Dampaknya Bila Sampai Bocor

Wax mobil efektif untuk meningkatkan kilau cat, memberikan perlindungan dari sinar UV jangka pendek, dan membantu mencegah noda air. Namun, daya tahan wax umumnya lebih singkat dibandingkan coating dan perlu diaplikasikan ulang secara berkala.

Lalu, apakah boleh memberikan wax pada cat mobil yang sudah mendapat coating? Secara umum, keduanya dapat digunakan secara berdampingan. Namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Lapisan coating memiliki sifat hidrofobik (menolak air) yang kuat, sehingga permukaannya menjadi licin dan tidak mudah menempel kotoran. Hal ini dapat membuat wax sedikit lebih sulit untuk menempel dengan baik. Selain itu, penggunaan wax yang tidak kompatibel dengan jenis coating mobil berpotensi merusak lapisan coating itu sendiri.

Karena itu, bila ingin mengoleskan wax pada mobil yang sudah dilapisi coating, hal yang perlu diperhatikan adalah jangan memilih wax yang mengandung bahan abrasif yang dapat merusak lapisan coating.

Pilih wax khusus yang diformulasikan untuk melapisi permukaan coating. Biasanya terdapat keterangan coating safe atau compatible with coating.

Pilih area / Kota

Pilih Merek
Jenis Bengkel

Bengkel Rekomendasi

Moservice Logo

Situs Booking Service Kendaraan

facebook-icontwitter-iconinstagram-icon
Apa itu moservice.id?

Moservice.id adalah situs bagi pengendara mobil dan motor untuk pemesanan servis yang dilakukan secara daring dipersembahkan untuk Nasabah Adira Finance. Moservice.id bekerjasama dengan lebih dari 2300 bengkel yang tersebar di wilayah Indonesia.

Butuh Bantuan?

(021) 3190 2000