back button

Supaya Tak Keliru, Simak Penjelasan Lengkap Cara Baca Ukuran Ban Mobil

Ditulis oleh : moservice,

14 Sep 2021

fbtwitterwhatsapp
Supaya Tak Keliru, Simak Penjelasan Lengkap Cara Baca Ukuran Ban Mobil

moservice.id – Pemilik kendaraan bermotor mungkin pernah memperhatikan adanya kode yang tertera pada ban. Kode yang tercetak pada ban mobil misalnya seperti 205/65R15 95 H. Kode ini bukan tanpa arti. Agar mengetahui arti dari kode seperti itu, berikut cara baca ukuran ban mobil.

Seperti dilansir laman Auto2000, kode ban ini sebenarnya menunjukkan ukuran dan kapasitas. Kode yang tertera pada sisi luar ban berisi informasi mengenai ukuran tekanan, bentuk, tahun produksi, ukuran pelek, beban maksimum, dan rotasi kecepatan.

Baca juga: Cara Menjaga Kampas Rem Mobil agar Lebih Awet

Mengetahui cara baca ukuran ban mobil akan memudahkan pemilik kendaraan memilih jenis ban yang sesuai. Lalu, bagaimana cara membacanya? Berikut penjelasan selengkapnya.

Tiga angka depan sebagai kode ketebalan

Sebagai contoh cara baca ukuran ban mobil, kita akan menggunakan kode 205/65R15 95H. Pada bagian awal kode, Anda dapat melihat angka 205. Tiga angka paling depan pada kode ban tersebut menunjukkan tingkat ketebalan ban dalam ukuran milimeter ketika dipasangi pelek.

Dua angka setelah garis miring adalah rasio ban

Setelah tiga angka paling depan, akan ada garis miring sebagai pemisah kode. Dua angka setelah garis miring, yaitu 65 (205/65R15 95H), merupakan rasio ban. Kode rasio ban artinya persentase tinggi ban terhadap ketebalannya.

Huruf di tengah sebagai kode konstruksi ban

Tidak hanya angka, kode ban juga terdiri dari huruf yang letaknya di tengah dan paling akhir. Huruf yang berada di tengah kode, yaitu R, merupakan kode konstruksi ban. Kode huruf R merupakan kepanjangan dari kata radial.

Dua angka setelah huruf adalah kode lebar diameter

Lanjut ke dua angka yang muncul di belakang huruf, yaitu 15 (205/65R15 95H), adalah kode penunjuk lebar diameter pelek dalam ukuran inci. Cara baca ukuran ban mobil ini mudah saja. Jika ingin tahu diameter pelek ban, Anda hanya perlu cek dua angka setelah huruf yang ada di tengah. Semakin besar angkanya, maka semakin besar ukuran pelek yang terpasang pada ban.

Dua angka terakhir adalah kode batas beban tumpuan

Masih menggunakan kode 205/65R15 95H sebagai contoh cara baca ukuran ban, kini beralih ke dua angka paling akhir sebelum kode huruf. Dua angka tersebut adalah 95, kode batas beban tumpuan yang mampu ditopang oleh masing-masing ban. Jika ban mobil memiliki kode angka 95 sebagai batas beban tumpuan, itu berarti kendaraan tersebut mampu menopang beban tumpuan total 690 kg. Berikut beberapa contoh kode batas beban tumpuan dan total bobot yang dapat ditopang:

Kode 70 berarti beban maksimal 335 kg
Kode 75 berarti beban maksimal 387 kg
Kode 80 berarti beban maksimal 450 kg
Kode 90 berarti beban maksimal 600 kg
Kode 100 berarti beban maksimal 800 kg
Satu huruf terakhir adalah kode speed rating

Huruf paling belakang kode speed rating

Cara baca ukuran ban mobil yang terakhir adalah huruf paling belakang. Pada kode 205/65R15 95H, H menunjukkan kode speed rating. Sebuah ban dengan kode H artinya memiliki batas maksimum kecepatan hingga 210 km/jam. Selain H, ada juga kode batas maksimum lain seperti J, Q, S, T, U, V, W, dan Y, di mana J adalah lambang kecepatan maksimal paling rendah 100 km/jam dan Y adalah lambang kecepatan maksimal paling tinggi 300 km/jam.

Pilih area / Kota

Pilih Merek
Jenis Bengkel

Bengkel Rekomendasi

Moservice Logo

Situs Booking Service Kendaraan

facebook-icontwitter-iconinstagram-icon
Apa itu moservice.id?

Moservice.id adalah situs bagi pengendara mobil dan motor untuk pemesanan servis yang dilakukan secara daring dipersembahkan untuk Nasabah Adira Finance. Moservice.id bekerjasama dengan lebih dari 2300 bengkel yang tersebar di wilayah Indonesia.

Butuh Bantuan?

(021) 3190 2000