back button

7 Tips Memanaskan Mobil yang Jarang Dipakai Selama Bulan Puasa

Ditulis oleh : moservice,

03 Apr 2023

fbtwitterwhatsapp
7 Tips Memanaskan Mobil yang Jarang Dipakai Selama Bulan Puasa

moservice.id – Selama bulan puasa, tentunya banyak orang yang akan mulai membatasi aktivitas mereka.

Salah satunya adalah mengurangi jadwal kegiatan di luar ruangan ataupun menggunakan kendaraan bermobil.

Bukan tanpa sebab, hal ini dilakukan agar puasa yang dijalankan bisa lebih maksimal tanpa harus menguras banyak tenaga.

Namun, seiring berjalannya waktu, kendaraan yang jarang digunakan justru bisa menimbulkan masalah karena jarang dipanaskan. 

Memanaskan mesin mobil sangat penting untuk menjaga agar mobil tetap berjalan dengan baik dan mencegah kerusakan pada mesin. 

Berikut tips yang bisa digunakan untuk memanaskan mobil yang jarang dipakai selama bulan puasa. 

1. Periksa Oli Mesin

Sebelum memanaskan mobil yang jarang dipakai, pastikan untuk memeriksa oli mesin. Oli mesin adalah komponen penting yang membantu melumasi dan mendinginkan mesin mobil. 

Pastikan bahwa level oli dalam mesin mobil masih cukup atau tidak berkurang di bawah standard.

Oli yang cukup dapat membantu melindungi mesin dari keausan dan mencegah kerusakan pada mesin saat dipanaskan.

2. Pastikan Aki Mobil Bisa Berfungsi

Pastikan baterai dalam kondisi baik dan terisi penuh sebelum memanaskan mesin. Jika baterai mobil sudah lemah atau habis, mobil tidak akan bisa dinyalakan.

Baca juga: Cara Merawat Mobil yang Jarang Dipakai, Cukup Lakukan Ini

3. Panaskan Mesin Mobil Perlahan

Saat memanaskan mesin, disarankan untuk melakukannya secara perlahan-lahan dan jangan langsung memacu mesin pada putaran yang tinggi. 

Lakukan ini selama 5-10 menit agar mesin mobil bisa panas setelah beberapa hari tidak pernah dinyalakan. Ini akan membantu menghangatkan mesin dan memperbaiki sirkulasi oli.

Setelah mesin mobil sudah terasa hangat, coba tekan pedal rem beberapa kali untuk memastikan rem bekerja dengan baik.

4. Nyalakan Sistem Pemanas

Sistem pemanas mobil biasanya terletak di dalam kabin mobil dan berfungsi untuk menghasilkan udara panas yang digunakan untuk menghangatkan udara di dalam kabin mobil. 

Udara panas tersebut berasal dari cairan pendingin mesin mobil yang mengalir melalui penukar panas (heater core) di dalam kabin mobil.

Sistem pemanas mobil bekerja dengan cara memanaskan cairan pendingin yang telah melewati mesin mobil dan memasukkannya ke dalam penukar panas. 

Udara di dalam kabin mobil kemudian mengalir melalui penukar panas dan dipanaskan oleh cairan pendingin yang berada di dalamnya kemudian ditiupkan ke dalam kabin mobil melalui ventilasi atau kipas.

Selain menghangatkan udara di dalam kabin mobil, sistem pemanas juga dapat membantu menghilangkan embun pada kaca depan dan kaca samping, sehingga memungkinkan pengemudi melihat dengan jelas saat berkendara dalam kondisi dingin atau lembab.

5. Jangan Membiarkan Mesin Idle Terlalu Lama

Jangan biarkan mesin idle terlalu lama saat memanaskannya. Jika mesin terlalu lama mengalami idle, ini dapat mengakibatkan pembakaran bahan bakar yang tidak sempurna dan meningkatkan emisi gas buang yang dapat memberikan polusi bagi lingkungan serta membuat mesin boros bahan bakar.

Selain itu, hal ini juga dapat merusak sistem pendingin mobil. Disarankan untuk memanaskan mobil 5-10 menit saja cukup.

Baca juga: Kelihatan Simpel, Ternyata Begini Cara Kerja Starter Mobil

6. Cek Berbagai Komponen Lainnya

Buka kap mesin mobil dan periksa semua kabel dan koneksi. Pastikan semua kabel dan koneksi dalam kondisi baik dan tidak ada yang terlepas atau rusak.

Periksa semua sistem dan perangkat lainnya seperti AC, kaca depan, dan lampu untuk memastikan semuanya berfungsi dengan baik.

7. Lakukan Perawatan Berkala

Melakukan perawatan berkala pada mobil yang jarang dipakai sangat penting untuk menjaga mobil tetap berjalan dengan baik. 

Lakukan perawatan rutin pada mobil Anda, seperti mengganti oli dan filter udara, serta memeriksa sistem pendingin mesin dan sistem kelistrikan.

Apabila setelah tidak dinyalakan selama beberapa hari saat bulan puasa mobil mengalami tanda-tanda kerusakan, disarankan untuk segera membawanya ke bengkel mobil.

Anda bisa menggunakan layanan booking bengkel mobil secara online dari Moservice untuk membantu Anda menemukan bengkel mobil dengan mudah dan cepat.

Pilih area / Kota

Pilih Merek
Jenis Bengkel

Bengkel Rekomendasi

Moservice Logo

Situs Booking Service Kendaraan

facebook-icontwitter-iconinstagram-icon
Apa itu moservice.id?

Moservice.id adalah situs bagi pengendara mobil dan motor untuk pemesanan servis yang dilakukan secara daring dipersembahkan untuk Nasabah Adira Finance. Moservice.id bekerjasama dengan lebih dari 2300 bengkel yang tersebar di wilayah Indonesia.

Butuh Bantuan?

(021) 3190 2000