back button

Tips Memilih Shockbreaker Motor Matic yang Empuk dan Nyaman

Ditulis oleh : moservice,

20 Jul 2023

fbtwitterwhatsapp
Tips Memilih Shockbreaker Motor Matic yang Empuk dan Nyaman

moservice.id – Sistem suspensi pada pada sepeda motor memiliki peranan penting untuk menjaga kestabilan dan kenyamanan saat berkendara dengan cara meredam guncangan atau hentakan yang terjadi karena permukaan jalan yang tidak rata, seperti berlubang, lintasan kereta api, ataupun melewati polisi tidur.

Terlebih bagi Anda yang memiliki motor matic, maka harus memperhatikan bagian shockbreaker motor dengan baik karena rentan mengalami kerusakan berupa patah ataupun aus.

Bila terjadi kerusakan pada bagian shockbreaker motor matic, hal ini tentu akan membuat pengendara motor dan penumpangnya menjadi tidak nyaman, karena akan merasakan hentakan yang keras.

Berikut ini cara memilih shockbreaker baru untuk motor matic yang nyaman dan empuk untuk digunakan.

1. Pahami Jenis Shockbreaker Motor

Ada dua jenis shockbreaker yang umum digunakan pada motor matic, yaitu shockbreaker depan dan belakang. 

Shockbreaker depan berada di bagian depan motor dan berperan dalam menyerap guncangan dari permukaan jalan. 

Sementara, shockbreaker bagian belakang berperan dalam menjaga kestabilan dan kenyamanan saat melewati ketidakrataan jalan agar tetap terasa empuk dan tidak sakit. 

Pastikan Anda memahami mana bagian yang harus diganti, apakah bagian depan, belakang atau keduanya? 

2. Lihat Model Shockbreaker

Ada dua model shockbreaker motor matic yang sering digunakan, yaitu shockbreaker teleskopik dan shockbreaker monoshock

Shockbreaker teleskopik adalah model shockbreaker yang memiliki dua tabung yang berfungsi untuk meredam guncangan dan membuatnya lebih lembut. 

Shockbreaker monoshock merupakan model yang hanya memiliki satu tabung dan biasanya digunakan pada motor matic yang memiliki desain yang sporty.

3. Cek Ukuran dan Kompatibilitas

Pastikan shockbreaker yang Anda pilih memiliki ukuran shockbreaker yang lentur sesuai dengan motor matic Anda. Periksa spesifikasi dan kompatibilitas produk untuk memastikan cocok dengan jenis dan model motor Anda.

4. Perhatikan Material Bahannya

Shockbreaker tersedia dalam berbagai bahan dan konstruksi. Material berkualitas tinggi, seperti baja atau aluminium, umumnya lebih tahan lama dan mampu menahan beban yang lebih besar. 

Selain itu, perhatikan pula konstruksi dan desainnya, karena hal ini juga akan mempengaruhi performa dan masa pakainya.

Terdapat beberapa jenis shockbreaker, mulai dari tipe konvensional (teleskopik), gas, dan adjustable (yang dapat disesuaikan tingkat kekerasannya). 

Jika Anda mencari shockbreaker motor matic yang empuk, pertimbangkan bahwa suspensi harus mampu menahan beban dengan baik agar tetap stabil dan nyaman saat dikendarai.

Baca juga: Bagaimana Cara Ganti Seal Shockbreaker Belakang Motor yang Bocor? Begini Panduannya

5. Sesuaikan dengan Kondisi Berkendara

Cara memilih shockbreaker yang nyaman dan empuk selanjutnya adalah dengan dengan mempertimbangkan kebutuhan dan kondisi berkendara motor matic. 

Jika Anda sering melewati jalan berlubang atau bergelombang, Anda akan membutuhkan sistem suspensi yang memiliki kemampuan meredam lebih baik. 

Namun, jika Anda lebih banyak berkendara di jalan yang memiliki permukaan rata, shockbreaker dengan karakteristik sporty merupakan pilihan ideal.

6. Pertimbangkan Kualitas dan Merek Shockbreaker

Ketika memilih shockbreaker, pastikan Anda memilih kualitas produk dengan hati-hati. 

Sistem suspensi berkualitas buruk dapat menyebabkan ketidakstabilan saat berkendara, bahkan membahayakan keselamatan Anda. 

Saat ini, ada beberapa produsen shockbreaker motor yang kualitasnya baik dan sudah banyak digunakan, seperti:

  • KYB Excel-G
  • Ohlins
  • Showa
  • YSS
  • Tokico
  • Kayaba
  • Federal
  • CST
  • FDR
  • IRC

7. Cari Informasi Sparepart dengan Detail

Bila Anda membelinya secara online, pastikan agar tidak salah beli. Karena, shockbreaker yang dijual tiap merk tidak sama dan memiliki ukuran serta kompatibilitas yang berbeda.

Pastikan untuk melihat review ataupun testimoni toko online ataupun barang yang Anda cari secara teliti, agar terhindar dari penipuan ataupun barang yang tidak orisinil.

Jika Anda membelinya secara offline, biasanya akan lebih mudah karena bisa langsung menanyakan ketersediaan barang serta kesesuaiannya dengan motor.

Sehingga, Anda bisa melihat langsung dan menanyakan apa yang Anda butuhkan. Membeli secara online dan offline sama-sama memiliki keuntungan tersendiri, yang harus diperhatikan adalah bagaimana cara Anda memilih kualitas shockbreaker motor matic yang memiliki daya elastisitas yang baik agar terasa nyaman.

8. Bandingkan Harga Shockbreaker

Harga shockbreaker bisa bervariasi, tergantung pada merek dan jenis. Anda bisa memilih sparepart yang sesuai dengan kebutuhan. 

Jangan hanya tergiur dengan harga yang murah. Pastikan juga bahwa suspensi yang Anda pilih memiliki kualitas yang baik dan . 

Anda dapat melihat kualitasnya dari bahan yang digunakan, sistem kerja, dan garansi yang diberikan.

Baca juga: Begini 5 Ciri V-Belt Motor Matic yang Harus Segera Diganti

9. Tanyakan Garansi serta Layanan Purna Jual

Periksa apakah komponen suspensi yang akan Anda beli dilengkapi dengan garansi. 

Garansi memberikan jaminan bahwa jika ada masalah dengan produk dalam jangka waktu tertentu untuk mendapatkan penggantian bila terjadi kerusakan. 

Selain itu, pastikan ada layanan purna jual yang memadai dari produsen atau penjual, agar Anda dapat dengan mudah melakukan perawatan atau klaim garansi jika diperlukan.

Dengan memperhatikan beberapa tips di atas, Anda akan dapat memilih shockbreaker motor matic yang memiliki karakteristik empuk, luwes namun tidak mudah rusak, sehingga dapat meningkatkan kenyamanan dan kestabilan berkendara Anda. 

Bila masih kesulitan, Anda bisa langsung membawanya ke bengkel service motor terdekat.

Moservice merupakan platform booking bengkel secara online yang dapat memudahkan para pengguna untuk menemukan bengkel dengan layanan service motor yang dibutuhkan.

Dengan kerja sama yang telah dijalin lebih dari ratusan bengkel motor profesional di seluruh Indonesia, Moservice bisa menjadi solusi tepat bagi Anda yang ingin merawat motor atau melakukan service motor secara rutin.

Pilih area / Kota

Pilih Merek
Jenis Bengkel

Bengkel Rekomendasi

Moservice Logo

Situs Booking Service Kendaraan

facebook-icontwitter-iconinstagram-icon
Apa itu moservice.id?

Moservice.id adalah situs bagi pengendara mobil dan motor untuk pemesanan servis yang dilakukan secara daring dipersembahkan untuk Nasabah Adira Finance. Moservice.id bekerjasama dengan lebih dari 2300 bengkel yang tersebar di wilayah Indonesia.

Butuh Bantuan?

(021) 3190 2000