back button

5 Cara Memperbaiki Sensor TPS (Throttle Position Sensor) Mobil

Ditulis oleh : moservice,

08 Nov 2022

fbtwitterwhatsapp
5 Cara Memperbaiki Sensor TPS (Throttle Position Sensor) Mobil

moservice.id – Throttle position sensor (TPS) adalah komponen penting di dalam mobil yang terhubung dengan katup gas secara langsung dan berfungsi untuk mengatur bahan bakar mesin.

Komponen ini terletak menyatu pada bagian body throttle dan akan selalu terhubung dengan throttle valve atau bagian katup gas yang akan mendeteksi bila ada perubahan pada throttle gas dan memastikannya tetap pada posisi yang sesuai. 

Bila terjadi pergeseran, maka sensor akan mengirimkan sinyal elektrik yang kemudian akan dikirim ke ECU mobil.

Gejala Kerusakan Sensor TPS

Sebelum mengetahui cara memperbaiki sensor TPS mobil, disarankan agar Anda terlebih dahulu mengenali apa saja gejalanya yang muncul. 

Dengan mengenali beberapa tanda kerusakannya, akan membuat Anda lebih waspada dan tahu langkah apa yang harus dilakukan. 

Berikut gejala atau ciri-ciri Throttle position sensor mobil yang mengalami kerusakan: 

  • RPM mobil tidak stabil
  • Mesin tersendat
  • Lampu indikator mesin menyala
  • Mesin mobil sering mati sendiri
  • Akselerasi mobil menjadi lebih lambat

Baca juga: Camshaft Position Sensor: Fungsi, Cara kerja, dan Tanda Kerusakan

Cara Memperbaiki Sensor TPS Mobil (Throttle Position Sensor)

Berikut adalah cara memperbaiki sensor TPS mobil beserta beberapa gejala yang wajib anda kenali untuk mencegah kerusakan yang lebih parah. 

1. Cek Fisik Sensor TPS Mobil 

Sebagai langkah pertama untuk melakukan perbaikan untuk TPS mobil yang bermasalah bisa dilakukan dengan cara memastikan kondisi fisiknya terlebih dahulu. 

  • Kondisi fisik yang harus diperiksa meliputi pengecekkan kabel sensor apakah masih dalam kondisi yang baik atau adakah bagian kabel yang putus? 
  • Kemudian lanjut ke bagian penghubung atau connector, apakah terjadi korsleting atau tidak?
  • Cek bagian badan sensor, apakah ada keretakan atau tidak?

Bila throttle position sensor (TPS) terlihat kotor penuh debu, disarankan untuk membersihkannya agar tidak menimbulkan karat serta mengganggu kinerja sensor TPS mobil.

2. Periksa Tegangan Sinyal TPS

Setelah melakukan pemeriksaan fisik diatas, maka langkah selanjutnya bila sensor TPS masih bermasalah adalah dengan memeriksa tegangan sinyalnya. 

Dengan melakukan pemeriksaan tegangan sinyal ini, maka Anda akan lebih mengetahui tentang kondisi sensor TPS yang lebih detail lagi dan bisa digunakan sebagai satu trik khusus. 

Cara yang digunakan untuk membantu mengecek kondisi sinyal ini cukup mudah yaitu hanya dengan mengukur besaran sinyal yang bersumber dari sensor TPS. 

Sensor TPS ini kemudian akan dikirimkan menuju ECU dan akan berguna untuk mengoreksi komposisi dari bahan bakar yang digunakan dan juga udaranya. 

Dengan begitu, Anda akan bisa melihat hasilnya apakah ada masalah yang terjadi atau tidak.

Baca juga: 4 Cara Memperbaiki ECU Mobil yang Rusak

3. Lihat Ketahanan Throttle Position Sensor

Cara perbaikan TPS mobil selanjutnya yaitu dengan memeriksa bagian ketahanan sensor. Cara yang terakhir ini bisa dilakukan untuk membantu agar perbaikan TPS bisa dilakukan lebih optimal. 

Cara kerja sensor TPS dipengaruhi oleh resistor yang kemudian akan mengubah tegangan sinyal sesuai kondisi katup throttle

Maka bila semakin lebar bukaan katup throttle, maka akan semakin kecil juga tahanan kerja sensor TPS, dan hal ini berlaku begitu pula sebaliknya. 

Itulah beberapa tips dan cara yang bisa anda gunakan untuk memperbaiki sensor TPS pada mobil. 

Anda bisa mencobanya di rumah atau membawanya ke bengkel terdekat bila belum terbiasa melakukannya.

Untuk memudahkan Anda menemukan bengkel mobil, Anda bisa menggunakan layanan booking bengkel secara online melalui Moservice.id.

Tersedia lebih dari 2000 bengkel kendaraan yang tersebar di seluruh Indonesia. Temukan bengkel mobil terdekat di kota Anda dengan Moservice.id.

Moservice Logo

Situs Booking Service Kendaraan

Apa itu moservice.id?

Moservice.id adalah situs bagi pengendara mobil untuk pemesanan servis yang dilakukan secara daring persembahan dari Adira Finance. Moservice.id bekerjasama dengan lebih dari 1500 bengkel yang tersebar di wilayah Indonesia.

Butuh Bantuan?

(021) 3190 2000