back button

4 Tips Cara Merawat Ban Serep Mobil yang Jarang Digunakan

Ditulis oleh : moservice,

12 Oct 2022

fbtwitterwhatsapp
4 Tips Cara Merawat Ban Serep Mobil yang Jarang Digunakan

moservice.id – Ketika mengalami ban mobil bocor atau pecah di tengah jalan, biasanya seseorang akan menepikan mobilnya untuk mengganti dengan ban serep atau mencari bengkel terdekat.

Namun, apa yang terjadi bila pengemudi tidak menyadari jika ban mobilnya bocor? Tentu hal ini akan sangat berbahaya bagi keselamatan berkendara.

Ban serep atau ban cadangan disarankan untuk selalu dibawa kemanapun Anda berpergian. Walaupun jarang digunakan, akan tetapi bila dalam keadaan yang mendesak ban serep akan sangat berguna sekali. 

Bahkan, ada aturan yang mengharuskan pemilik mobil harus selalu membawa ban serep yang tertuang dalam Undang-Undang (UU) No. 22 Tahun 2009, Pasal 57 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. 

Setiap kendaraan bermotor yang dioperasikan di jalan wajib disertai dengan perlengkapan, mulai dari sabuk pengaman, segitiga pengaman, dongkrak, dan pembuka roda bagi pengendara mobil.

Dengan adanya himbauan tersebut, tentunya melakukan perawatan ban serep atau cadangan perlu dilakukan agar ban mobil selalu siap digunakan.

Berikut ini tips dalam merawat ban serep mobil yang bisa dilakukan.

1. Posisi Penyimpanan Ban Serep

Untuk kasus penyimpanan ban di bagian bawah kolong mobil, Anda memerlukan perhatian extra karena mengingat posisi tersebut mudah kotor. 

Terlebih lagi ketika melewati jalanan yang kotor dan becek, sehingga mencuci ban serep secara berkala adalah hal yang bisa dilakukan.

Disarankan untuk menyimpan ban di dalam mobil atau area bagasi agar tidak mudah motor. Pastikan juga ban serep tidak berdekatan dengan benda tajam, agar tidak tertusuk dan membuatnya bocor.

Baca juga: 3 Tips Memilih Ban Mobil yang Benar dan Sesuai Ukuran

2. Lihat Tekanan Angin Ban

Walaupun jarang digunakan, tetap saja Anda harus memperhatikan tekanan angin ban serep. Anda bisa mengeceknya setiap 2 minggu sekali, bila ban kempes segera tambah angin. 

3. Cek Kondisi Permukaan Ban Cadangan

Bukan hanya tekanan angin saja yang harus diperhatikan tetapi juga kondisi ban serep secara menyeluruh, seperti ketebalan dinding, tekstur permukaan ban, dan pola alur ban apakah mengalami perubahan atau tidak. 

Bila tidak ada kendala, artinya ban cadangan mobil dalam keadaan normal.

Baca juga: 6 Ciri Ban Mobil Sudah Aus dan Harus Diganti

4. Perhatikan Umur Ban Serep

Ban memiliki masa kadaluarsa atau yang biasa dikenal dengan masa pakai. Umur ban yang masih baik untuk digunakan biasanya di bawah beberapa tahun. 

Hal ini dikarenakan kelenturan karet ban dan kualitasnya yang sudah dimakan usia dan tidak sebagus sedia kala. 

Untuk mengetahui masa kadaluarsa ban, Anda dapat memperhatikan kode produksi yang tertera pada ban serep mobil.

Dapatkan berbagai tips otomotif terbaru lainnya dari blog Moservice.

Moservice Logo

Situs Booking Service Kendaraan

Apa itu moservice.id?

Moservice.id adalah situs bagi pengendara mobil untuk pemesanan servis yang dilakukan secara daring persembahan dari Adira Finance. Moservice.id bekerjasama dengan lebih dari 1500 bengkel yang tersebar di wilayah Indonesia.

Butuh Bantuan?

(021) 3190 2000