back button

Begini Cara Merawat Karet Pada Setir Mobil, Jangan Salah!

Ditulis oleh : Lano,

02 May 2024

fbtwitterwhatsapp
Begini Cara Merawat Karet Pada Setir Mobil, Jangan Salah!

moservice.id – Karet pada setir mobil adalah salah satu komponen vital yang berperan dalam meningkatkan kenyamanan dan keamanan selama berkendara. Selain itu Setir mobil sering kali menjadi bagian yang paling sering disentuh oleh pengemudi. 

Penggunaan berulang setiap hari dapat membuat setir mobil cepat kotor hingga dapat mengalami kerusakan, seperti retak, pecah, atau lengket. Hal ini biasanya disebabkan oleh berbagai faktor, seperti paparan sinar matahari, keringat tangan, dan penggunaan bahan pembersih yang tidak tepat.

Oleh karena itu, penting untuk mengetahui cara merawat karet setir pada mobil agar tetap awet dan nyaman digunakan. Beriktu cara merawat karet pada setir mobil yang dapat Anda ikuti.

Baca Juga : Tips Merawat Mobil yang Sudah Terlapis Coating agar Tetap Mengkilap

1. Bersihkan Karet Setir Secara Rutin

Lakukan pembersihan karet setir mobil secara teratur, minimal sekali seminggu, dengan menggunakan kain microfiber yang sedikit lembab. 

Jauhi penggunaan bahan pembersih yang mengandung bahan keras seperti deterjen atau sabun, karena dapat merusak karet setir. Sebaiknya, gunakan pembersih khusus yang dirancang untuk membersihkan karet setir, yang bisa Anda dapatkan di toko otomotif.

2. Hindari Terkena Paparan Sinar Matahari Langsung

Paparan sinar matahari secara langsung bisa membuat karet setir mobil retak dan kusam. Disarankan untuk memarkir mobil di tempat yang teduh atau menggunakan pelindung setir mobil saat tidak digunakan.

3. Gunakan Pelembab Karet Setir

Gunakanlah pelembab pada karer setir mobil kesayangan Anda. Hal ini bertujuan untuk mempertahankan kelembutan dan elastisitas karet tersebut. Produk pelembab karet setir dapat Anda temukan di toko otomotif. 

4. Hindari Menggunakan Bahan Kimia yang Berbahaya

Selanjutnya, hindari menggunakan cairan pembersih yang mengandung bahan kimia keras sehingga daapt merusak karet pada setir mobil. Pastikan Anda menggunakan cairan pembersih khusus untuk karet setir mobil. 

5. Ganti Karet Setir Jika Sudah Rusak

Apabila karet setir mobil Anda sudah retak, pecah, atau lengket parah dan sudah tidak mungkin untuk diperbaiki. Alangkah baiknya Anda mengganti karet setir dengan yang baru, Anda dapat menggantinya sendiri atau membawa ke bengkel terpercaya. 

6. Hindari Penggunaan Aksesoris Tangan yang Tajam

Aksesoris tangan seperti cincin, gelang, dan aksesori kuku, dapat meninggalkan goresan pada permukaan setir mobil. Terlebih lagi, lapisan permukaan setir bisa terkelupas jika sering terkena aksesoris tersebut. 

Oleh karena itu, disarankan bagi pemilik mobil untuk berhati-hati ketika memegang kemudi agar tidak merusak karet setir mobil.

7. Membersihkan Tangan Sebelum Memegang Kemudi

Pastikan Anda membersihkan tangan terlebih dahulu sebelum memegang setir mobil. Hal ini bertujuan untuk menjaga kebersihan dan keawetan setir mobil. Kotoran pada tangan dapat memengaruhi kondisi lapisan karet atau kulit pada permukaan setir. 

Berikut ulasan mengenai cara merawat karet pada setir mobil. Semoga dengan adanya ulasan ini dapat membantu Anda untuk menjaga karet setir mobil kesayangan Anda dan menambah wawasan dalam dunia otomotif.

Baca Juga : 7 Tips Merawat Ban Serep agar Tidak Getas

Kunjungi moservice.id untuk mendapatkan layanan servis berkualitas dari bengkel-bengkel rekanan terpercaya dan profesional. Nikmati kemudahan dan keuntungan tanpa ribet melalui aplikasi adiraku

Pilih area / Kota

Pilih Merek
Jenis Bengkel

Bengkel Rekomendasi

Moservice Logo

Situs Booking Service Kendaraan

facebook-icontwitter-iconinstagram-icon
Apa itu moservice.id?

Moservice.id adalah situs bagi pengendara mobil dan motor untuk pemesanan servis yang dilakukan secara daring dipersembahkan untuk Nasabah Adira Finance. Moservice.id bekerjasama dengan lebih dari 2300 bengkel yang tersebar di wilayah Indonesia.

Butuh Bantuan?

(021) 3190 2000