back button

Mengenal 6 Ciri CDI Motor Lemah yang Perlu Diketahui

Ditulis oleh : moservice,

29 Jan 2024

fbtwitterwhatsapp
Mengenal 6 Ciri CDI Motor Lemah yang Perlu Diketahui

moservice.id – CDI atau Capacitor Discharge Ignition merupakan komponen penting dalam sistem pengapian motor. 

Komponen ini berfungsi untuk menghasilkan percikan api yang diperlukan untuk membakar campuran bahan bakar dan udara di ruang bakar. 

Berikut adalah beberapa ciri-ciri CDI motor lemah.

1. Motor Menjadi Brebet

Ciri yang paling umum dari CDI motor lemah adalah motor menjadi brebet. Brebet adalah kondisi saat mesin motor bergetar dan tidak stabil. 

Brebet dapat terjadi saat motor dihidupkan, saat gas ditarik, atau saat motor sedang berjalan.

2. Tenaga Motor Berkurang

CDI yang lemah juga dapat menyebabkan tenaga motor berkurang. Motor akan terasa lebih berat dan sulit untuk berakselerasi.

3. Motor Sulit Dihidupkan

Jika CDI lemah, maka percikan api yang dihasilkan akan menjadi lemah pula. Hal ini dapat menyebabkan motor sulit untuk dihidupkan, terutama saat mesin dingin.

Motor mungkin menjadi sulit dinyalakan, terutama pada kondisi dingin. CDI yang lemah dapat menyebabkan isyarat pengapian yang tidak cukup kuat untuk menyalakan mesin dengan efisien.

4. Motor Mati Mendadak

CDI yang lemah juga dapat menyebabkan motor mati mendadak. Hal ini dapat terjadi saat motor sedang berjalan atau saat mesin dihidupkan.

5. Kendala Pada Pemantulan Api Busi

CDI yang lemah dapat menyebabkan pemantulan api busi menjadi tidak konsisten. Hal ini dapat terasa sebagai getaran yang tidak normal atau gejala mesin yang terputus-putus.

6. Konsumsi Bahan Bakar Meningkat

CDI yang tidak berfungsi dengan baik dapat menyebabkan pembakaran bahan bakar yang tidak sempurna, mengakibatkan peningkatan konsumsi bahan bakar.

Untuk mengatasi masalah CDI motor yang melemah, segera bawa ke bengkel motor terdekat yang bisa di booking langsung melalui Moservice.id.

Pilih area / Kota

Pilih Merek
Jenis Bengkel

Bengkel Rekomendasi

Moservice Logo

Situs Booking Service Kendaraan

facebook-icontwitter-iconinstagram-icon
Apa itu moservice.id?

Moservice.id adalah situs bagi pengendara mobil dan motor untuk pemesanan servis yang dilakukan secara daring dipersembahkan untuk Nasabah Adira Finance. Moservice.id bekerjasama dengan lebih dari 2300 bengkel yang tersebar di wilayah Indonesia.

Butuh Bantuan?

(021) 3190 2000