back button

5 Ciri Cross Joint Mobil Rusak dan Cara Mengatasinya

Ditulis oleh : moservice,

29 Sep 2022

fbtwitterwhatsapp
5 Ciri Cross Joint Mobil Rusak dan Cara Mengatasinya

moservice.id – Cross joint atau biasa disebut dengan koin kopel adalah salah satu komponen dalam mobil yang akan berperan dalam menghubungkan dua poros pada sumbunya yang tidak segaris yaitu poros output transmisi dan poros roda depan. 

Bila komponen ini rusak maka tentu akan tidak maksimal digunakan, berikut 5 ciri-ciri cross joint mobil rusak yang bisa diketahui. 

1. Usia Mobil Sudah Tua

Usia mobil juga akan bisa mempengaruhi cross joint yang rusak. Usia kendaraan dan lama pemakaian akan juga mempengaruhi bagaimana komponen di dalamnya bekerja. 

Penurunan performa kendaraan lama tentu tidak akan sama dengan kendaraan baru, sehingga Anda perlu melakukan perawatan ekstra bila mobil sudah lebih dari 10 tahun. 

2. Kaki Mobil yang Sudah Tidak Seimbang

Salah satu ciri cross joint mobil rusak lainnya yang harus anda waspadai adalah bila ada kaki mobil yang sudah tidak seimbang. 

Gejala seperti ini biasanya akan sering muncul untuk mobil yang menggunakan sistem Rear Wheel Drive atau RWD. 

Hal ini karena sistem RWD akan lebih banyak menggunakan ban belakang sebagai sistem penggerak utama. 

Ada beberapa jenis sistem penggerak mobil, mulai dari RWD, FWD, AWD, 2WD, dan juga 4WD.

Penggunaan ban belakang ini akan membuat cross joint pada mobil ini akan lebih berpotensi aus hingga mengalami penurunan keseimbangan. 

Cara untuk memeriksa apakah kaki mobil anda sudah tidak seimbang, adalah dengan cara memutar stir ke kanan dan ke kiri kemudian rasakan apakah ada perbedaan. 

Baca juga: Cara Merawat Kaki Mobil: Estimasi Biaya dan Rekomendasi Bengkel

3. Mobil Terhentak Saat Dijalankan

Gejala lainnya yang juga bisa dijadikan sebagai indikator untuk mengenali cross joint mobil yang rusak adalah hentakan yang muncul secara tiba-tiba saat mobil dijalankan. 

Kondisi ini biasanya akan sering dialami oleh mobil yang menggunakan transmisi manual saat melakukan perpindahan gigi.

Kerusakan ini disebabkan karena hasil perputaran mesin yang tidak konsisten, sehingga memunculkan hentakan pada bagian mobil saat dijalankan atau saat memindahkan gigi. 

4. Muncul Suara Mendengung

Ketika komponen cross joint mengalami kerusakan, biasanya akan terdengar suara berdengung dari arah kaki-kaki mobil. 

Bila hal ini terus dibiarkan saja, maka akan berpotensi untuk merusak bagian atau komponen lainnya dalam mobil. 

Baca juga: 6 Penyebab Kaki Mobil Bunyi Kletek-Kletek dan dan Cara Memperbaikinya

5. Mobil Terasa Berguncang

Kerusakan cross joint mobil juga bisa ditandai dengan munculnya guncangan pada mobil. 

Getaran ini disebabkan karena keseimbangan mobil sudah berkurang yang diakibatkan dari komponen penyeimbang mobil seperti kaki mobil dan shock breaker sudah berkurang daya tahannya. 

Cara Mengatasi Kerusakan Cross Joint Mobil

Untuk mengatasi masalah cross joint mobil yang rusak harus dilihat terlebih dahulu tingkat kerusakannya. Bila kerusakannya masuk tahap ringan, maka Anda bisa mengelas bagian yang berlubang atau sambungan yang longgar saja.

Namun, bila tingkat kerusakannya sudah parah tentu cara memperbaikinya adalah dengan mengganti komponen cross joint yang baru agar tidak menimbulkan masalah lainnya.

Anda bisa membawanya ke bengkel service kaki mobil terdekat untuk mengatasi kerusakan cross joint mobil yang patah.

Moservice.id sebagai platform booking bengkel secara online, bisa membantu Anda menemukan bengkel rekanan dengan tenaga profesional dan berpengalaman untuk memperbaiki berbagai kerusakan mobil Anda.

Dapatkan promo service kaki-kaki mobil yang bisa Anda gunakan di seluruh bengkel rekanan Moservice yang tersebar di seluruh Indonesia.

Moservice Logo

Situs Booking Service Kendaraan

Apa itu moservice.id?

Moservice.id adalah situs bagi pengendara mobil untuk pemesanan servis yang dilakukan secara daring persembahan dari Adira Finance. Moservice.id bekerjasama dengan lebih dari 1500 bengkel yang tersebar di wilayah Indonesia.

Butuh Bantuan?

(021) 3190 2000