back button

9 Ciri-Ciri Magnet Clutch AC Mobil Rusak

Ditulis oleh : moservice,

03 Nov 2023

fbtwitterwhatsapp
9 Ciri-Ciri Magnet Clutch AC Mobil Rusak

moservice.id – Magnet clutch AC mobil adalah komponen yang berfungsi sebagai penghubung kompresor AC dengan putaran mesin. 

Komponen ini bekerja dengan memanfaatkan medan magnet untuk menyatukan puli kompresor dengan puli mesin.

Kerusakan magnet clutch AC mobil dapat menyebabkan AC tidak dingin atau bahkan tidak berfungsi sama sekali. 

Oleh karena itu, penting untuk mengetahui ciri-ciri magnet clutch AC mobil yang rusak agar dapat segera ditangani.

Berikut adalah ciri-ciri magnet clutch AC mobil rusak:

1. AC Mobil jadi Kurang Dingin 

Salah satu ciri-ciri magnetic clutch AC mobil rusak adalah penggunaan AC yang tidak bisa maksimal. 

Hal ini akan sangat terasa karena komponen magnetic clutch adalah bagian dari penunjang kinerja AC. 

Salah satu gejala atau ciri ciri yang paling terasa adalah hembusan AC tidak lagi terasa dingin atau yang keluar hanya angin saja. 

Tak hanya itu, bila komponen magnetic clutch ini rusak, maka temperatur suhu AC juga akan bisa berubah ubah tidak teratur secara otomatis. 

2. Kompresor AC Bermasalah 

Ciri-ciri magnetic clutch ac mobil rusak lainnya yaitu kinerja kompresor yang tidak maksimal. 

Magnetic clutch atau kopling magnetic bekerja sebagai penghubung kompresor, sehingga bila komponen ini rusak, maka tentu bagian kompresor tidak akan bisa berjalan dengan normal. 

Anda bisa mengidentifikasi kerusakannya dengan mengetahui apa saja ciri kerusakan kompresor ac mobil.

3. Tekanan Gas Mobil Lebih Ringan

Tanda kerusakan magnetic clutch ac mobil bisa diketahui dari putaran tarikan gas mesin mobil yang lebih ringan daripada biasanya. 

Hal ini dikarenakan dampak kerusakan kompresor, sehingga membuat beban mesin berkurang secara signifikan.

4. Spul Magnet Rusak

Bila komponen magnetic clutch mati mendadak, Anda harus berhati-hati karena bisa menjadi tanda magnetic clutch ac mobil bermasalah. 

Hal ini disebabkan karena kondisi AC mobil terlalu panas, sehingga harus dimatikan sementara dan bila sudah dingin baru bisa dinyalakan lagi.

5. Terdengar Bunyi Berisik dari AC Mobil

Ketika ac mobil mengeluarkan bunyi berisik, hal ini bisa menandakan bahwa magnetic clutch ac mobil mulai rusak karena adanya karat atau letak magnetic pulley yang tidak presisi.

Akibatnya, permukaan magnetic clutch akan bergesekkan dengan plat centerpiece yang akhirnya menimbulkan bunyi berisik dan membuatnya lebih cepat aus.

Baca juga: Ketahui Penyebab AC Mobil Mengeluarkan Suara Berisik

6. Warna Pulley Mengalami Perubahan

Pulley magnet clutch yang rusak biasanya akan berwarna hitam atau gosong. Hal ini disebabkan karena terjadi gesekan yang berlebihan antara pulley dengan komponen lainnya.

7. Tercium Bau Tidak Sedap

Pulley magnet clutch yang rusak biasanya akan berwarna hitam atau gosong. Selain itu, Anda juga dapat mencium bau gosong dari AC mobil Anda. 

Hal ini disebabkan karena terjadi gesekan yang berlebihan antara pulley dengan komponen lainnya, sehingga menimbulkan panas yang tinggi.

8. Adanya Kebocoran Gas

Kebocoran gas AC juga dapat menyebabkan kerusakan magnet clutch. Hal ini disebabkan karena kompresor AC akan bekerja lebih keras untuk mendinginkan kabin mobil, sehingga dapat menyebabkan panas yang tinggi.

9. Kerusakan Komponen Lainnya

Kerusakan magnet clutch AC mobil juga dapat disebabkan oleh komponen lainnya, seperti bearing kompresor atau v-belt yang rusak.

Bila ciri-ciri kerusakan di atas sudah muncul, segera bawa ke bengkel ac mobil terdekat untuk diperbaiki. Anda bisa menemukan bengkel dengan layanan service ac mobil melalui sistem booking bengkel secara online yang ada di dalam website Moservice.id.

Pilih area / Kota

Pilih Merek
Jenis Bengkel

Bengkel Rekomendasi

Moservice Logo

Situs Booking Service Kendaraan

facebook-icontwitter-iconinstagram-icon
Apa itu moservice.id?

Moservice.id adalah situs bagi pengendara mobil dan motor untuk pemesanan servis yang dilakukan secara daring dipersembahkan untuk Nasabah Adira Finance. Moservice.id bekerjasama dengan lebih dari 2300 bengkel yang tersebar di wilayah Indonesia.

Butuh Bantuan?

(021) 3190 2000