back button

6 Ciri Filter Oli Motor Harus Diganti

Ditulis oleh : moservice,

14 Mar 2024

fbtwitterwhatsapp
6 Ciri Filter Oli Motor Harus Diganti

moservice.id – Filter oli merupakan salah satu komponen penting dalam mesin motor yang berfungsi menyaring kotoran dan kontaminasi yang terdapat dalam oli, sehingga mesin dapat  bekerja dengan optimal.

Meskipun kecil, filter ini memainkan peran besar dalam menjaga kesehatan mesin Anda dengan menyaring kotoran dan partikel yang bisa merusak.

Tetapi, seberapa sering seharusnya Anda menggantinya? 

Berikut ini beberapa ciri yang menandakan filter motor harus segera diganti.

1. Waktu yang Ditetapkan oleh Produsen

Produsen kendaraan biasanya memberikan rekomendasi untuk penggantian filter oli motor pada interval tertentu, yang bisa ditemukan di buku panduan kendaraan Anda. 

Interval ini biasanya berkisar antara 5.000 hingga 10.000 kilometer tergantung pada model dan merek kendaraan Anda.

2. Perubahan Warna Oli

Salah satu ciri yang jelas bahwa filter oli motor perlu diganti adalah perubahan warna dan keberadaan kotoran pada oli yang keluar saat Anda memeriksanya. 

Jika oli terlihat lebih gelap dari biasanya dan terdapat partikel kotoran, ini menunjukkan bahwa filter sudah tidak lagi efektif menyaring kotoran.

3. Tekanan Oli yang Tidak Stabil

Tekanan oli yang tidak stabil dapat menjadi indikasi bahwa filter sudah tersumbat. 

Anda mungkin melihat peningkatan atau penurunan tekanan oli saat mesin beroperasi, yang bisa mengakibatkan berbagai masalah pada mesin jika tidak segera ditangani.

Baca juga: Mengenal 4 Jenis Oli Motor Berdasarkan Fungsinya untuk Mesin

4. Penurunan Performa Mesin

Jika mesin kendaraan Anda mulai menunjukkan tanda-tanda penurunan performa seperti suara kasar atau getaran yang tidak biasa, filter oli yang kotor bisa menjadi salah satu penyebabnya. 

Partikel-partikel yang tidak tersaring dengan baik dapat menyebabkan gesekan yang berlebihan dan mengganggu kinerja mesin.

5. Konsumsi Oli yang Meningkat

Jika Anda menemukan bahwa tingkat konsumsi oli kendaraan Anda naik secara signifikan tanpa adanya kebocoran yang terlihat, kemungkinan besar filter oli sudah tidak mampu menjaga oli tetap bersih dan terhindar dari kontaminasi.

Baca juga: Begini 6 Cara Cek Oli Motor Sendiri dengan Mudah

6. Suara Mesin Lebih Kasar

Biasanya, filter oli yang sudah waktunya untuk diganti akan memiliki suara yang terdengar lebih kasar dan berisik. 

Hal ini diakibatkan karena keausan komponen, sehingga  mempengaruhi gaya gesek antar komponen yang semakin mengeras dan akhirnya menimbulkan bunyi yang tidak wajar.

Itulah mengapa disarankan untuk rutin merawat motor dengan mengganti oli serta membersihkan filter oli tepat waktu. 

Jadi, jika Anda melihat salah satu ciri-ciri di atas pada kendaraan Anda, jangan tunda untuk mengganti filter oli motor.

Perawatan yang tepat waktu akan membantu memperpanjang umur mesin kendaraan Anda dan memastikan pengalaman berkendara yang lancar dan aman.

Pilih area / Kota

Pilih Merek
Jenis Bengkel

Bengkel Rekomendasi

Moservice Logo

Situs Booking Service Kendaraan

facebook-icontwitter-iconinstagram-icon
Apa itu moservice.id?

Moservice.id adalah situs bagi pengendara mobil dan motor untuk pemesanan servis yang dilakukan secara daring dipersembahkan untuk Nasabah Adira Finance. Moservice.id bekerjasama dengan lebih dari 2300 bengkel yang tersebar di wilayah Indonesia.

Butuh Bantuan?

(021) 3190 2000