back button

Begini 5 Ciri Injektor Mobil Diesel yang Rusak

Ditulis oleh : moservice,

04 Oct 2022

fbtwitterwhatsapp
Begini 5 Ciri Injektor Mobil Diesel yang Rusak

moservice.id – Injektor pada mobil diesel berfungsi untuk menyalurkan bahan bakar dari fuel pump ke ruang pembakaran. 

Namun, bagaimana bila komponen ini mengalami kerusakan? Tentu mobil tidak akan bisa menyala.

Untuk itu, ada baiknya Anda mengenali berbagai ciri kerusakan injektor pada mobil diesel.

1. Mesin Mobil Sulit Dinyalakan

Tanda yang pertama yang harus diwaspadai ketika injektor mobil diesel rusak adalah mesin mobil menjadi sulit dihidupkan. 

Hal ini terjadi karena tekanan injektor turun, injektor sudah aus atau rusak, sehingga  membuat suplai bahan bakar yang ada di dalam ruang pembakaran tidak terpenuhi dengan baik. 

2. Lebih Boros Bahan Bakar

Masalah lain yang ditimbulkan dari injektor mobil diesel yang rusak adalah pemakaian bahan bakar yang menjadi lebih banyak daripada biasanya. 

Bila terus dibiarkan, maka akan membuat kinerja mobil menjadi tidak maksimal. 

Baca juga: Kenali Runaway Mesin Diesel dan Cara Mengatasinya

3. Mobil Tersendat

Salah satu ciri kerusakan injektor mobil diesel bisa diketahui dari seringnya mobil tersendat bila dijalankan. 

Saat mesin mobil mulai dihidupkan, mesin mobil akan lebih sering terasa tersendat-sendat atau tidak lancar nyala gasnya. 

Hal ini terjadi karena aliran bahan bakar yang mulai tidak lancar, sehingga mengakibatkan kinerja mesin mobil tidak stabil. 

Bahkan, mobil bisa saja berhenti mendadak karena aliran bahan bakar tidak mengalir. 

Bila hal ini terjadi, Anda bisa menyetel ulang bagian injektor mobil atau segera melakukan penggantian injektor untuk memperbaiki masalah yang terjadi pada injektor mobil diesel Anda.

4. Asap Knalpot Lebih Hitam Pekat

Salah satu ciri injektor mobil diesel rusak bisa diketahui dari ada atau tidaknya knalpot mobil mengeluarkan asap hitam. 

Adanya asap hitam yang keluar bisa dijadikan indikator sebagai pertanda bahwa proses pembakaran bahan bakar bercampur dengan bahan lain, sehingga menghasilkan sisa gas pembakaran dengan warna yang lebih pekat. 

Baca juga: Begini Cara Mudah Merawat Mobil Mesin Diesel

5. Performa Kendaraan Menurun

Fungsi utama dalam menggunakan injektor mobil adalah sebagai komponen yang akan membantu menyalurkan bahan bakar. 

Apabila injektor bermasalah, maka hal tersebut tidak dapat menyuplai bahan bakar yang cukup ke dalam ruang bakar, dan hal ini berakibat pada performa mesin yang membuatnya kurang optimal.

Pada saat mesin mobil mulai menyala, mesin akan membutuhkan bahan bakar yang lebih banyak dibandingkan dengan saat mesin mobil melakukan putaran idle yang membutuhkan lebih sedikit pemakaian bahan bakar. 

Dampak jangka panjangnya bisa membuat tarikan gas mobil menjadi lebih pendek, sehingga kendaraan Anda bisa mati secara tiba-tiba. Hal ini tentu sangat membahayakan bukan?

Itulah beberapa gejala atau ciri bila komponen injektor mesin mobil mengalami kerusakan. Bila ciri-ciri tersebut sudah ada di kendaraan anda, maka sebaiknya segera bawa mobil Anda ke bengkel terdekat.

Anda bisa menemukan bengkel terdekat dengan lokasi Anda melalui booking bengkel secara online melalui Moservice.

Dapatkan berbagai promo service kendaraan dengan melakukan booking bengkel secara langsung. 

Setelah itu, Anda bisa menggunakan kode promo diskonnya di seluruh jaringan bengkel Moservice yang ada di seluruh Indonesia.

Moservice Logo

Situs Booking Service Kendaraan

Apa itu moservice.id?

Moservice.id adalah situs bagi pengendara mobil untuk pemesanan servis yang dilakukan secara daring persembahan dari Adira Finance. Moservice.id bekerjasama dengan lebih dari 1500 bengkel yang tersebar di wilayah Indonesia.

Butuh Bantuan?

(021) 3190 2000