back button

4 Ciri-Ciri Mesin Turbo Diesel Mobil Rusak

Ditulis oleh : moservice,

27 Oct 2022

fbtwitterwhatsapp
4 Ciri-Ciri Mesin Turbo Diesel Mobil Rusak

moservice.id – Penggunaan turbo biasanya ada pada mesin mobil diesel dengan tujuan untuk meningkatkan tenaga mesin menggunakan gas buang.

Komponen turbo pada mobil akan mempengaruhi tenaga kendaraan yang digunakan, sehingga bila komponen ini mengalami kerusakan tentu akan lebih terasa berat dalam performanya. 

Sehingga perlu untuk segera melakukan perbaikan agar tidak mengganggu dan membahayakan pengemudi. Berikut adalah ciri-ciri turbo mobil diesel yang rusak dan harus diwaspadai. 

1. Akselerasi Kendaraan Jadi Lebih Lambat

Gejala komponen turbo mobil diesel yang mulai bermasalah ditandai dengan akselerasi mobil yang  mulai melambat atau menjadi kurang tenaga. 

Bila saat berkendara akselerasi mobil tidak secepat biasanya, maka komponen pertama yang bisa anda periksa adalah bagian turbonya apakah masih berfungsi dengan normal atau ada gangguan. 

Hal ini terjadi bisa juga dipengaruhi karena usia pakai kendaraan dan terjadi keausan yang diatas normal.

Umumnya, komponen turbo mesin diesel ini akan digunakan hingga jarak tempuh sampai 100 ribu hingga 150 ribu mil atau sekitar 160 ribuan km – 242 ribuan km. 

2. Mesin Mobil Berbunyi Bising

Ciri-ciri lain kerusakan turbo mobil diesel yaitu terdengar bunyi mesin yang lebih bising daripada sebelumnya. 

Adanya turbo diesel ini sebenarnya akan membuat suara mesin menjadi tidak terdengar dan lebih senyap. 

Namun, bila komponen turbo diesel rusak maka suara yang ditimbulkan akan lebih keras dari sebelumnya. 

Suara yang timbul ini biasanya akan mirip seperti suara bor gigi. Hal ini biasanya akan disebabkan oleh bagian seal yang retak atau juga bisa dipicu oleh komponen lainnya yang terganggu. 

Baca juga: Punya Mobil Bermesin Turbo? Begini Cara Merawatnya

3. Pembakaran Oli Mesin Tidak Maksimal

Bila oli mesin tidak bisa melakukan pembakaran secara maksimal, maka oli mesin akan ikut terbakar bahkan dalam jumlah yang lebih banyak daripada biasanya. 

Hal ini tentu akan membuat oli mesin cepat habis, dan bila tidak disadari bisa membuat aus komponen mesin.

Selain itu, kondisi ini juga dipicu karena jenis oli yang digunakan kurang berkualitas. Kualitas oli yang kurang baik akan membuat oli tidak bisa berfungsi secara maksimal dalam melindungi mesin dari korosi.

Bila Anda belum lama mengganti oli mesin dan sudah habis lagi, hal ini bisa menjadi pertanda bahwa ada kerusakan pada komponen turbo mobil diesel Anda.

4. Knalpot Terlalu Banyak Mengeluarkan Asap 

Indikator turbo mobil diesel yang rusak bisa dilihat dari adanya jumlah asap knalpot yang keluar cenderung berlebihan dan tidak seperti umumnya. 

Asap yang keluar ini biasanya akan cenderung berwarna abu-abu yang dihasilkan dari pembakaran oli yang kemudian masuk ke bagian turbo. 

Hal ini biasanya akan dipicu dari fungsi filter udara yang tidak maksimal. Adanya benda asing atau kotoran di kompresor akan mengurangi kemampuan kinerja turbo mobil diesel.

Itulah beberapa tanda atau ciri-ciri turbo mobil diesel yang mulai rusak. Disarankan untuk membawa kendaraan Anda ke bengkel untuk pengecekan lebih lanjut.

Anda bisa menggunakan layanan booking bengkel secara online melalui Moservice.id yang telah bekerja sama dengan lebih dari 2000 bengkel mobil profesional di seluruh Indonesia.

Moservice Logo

Situs Booking Service Kendaraan

Apa itu moservice.id?

Moservice.id adalah situs bagi pengendara mobil untuk pemesanan servis yang dilakukan secara daring persembahan dari Adira Finance. Moservice.id bekerjasama dengan lebih dari 1500 bengkel yang tersebar di wilayah Indonesia.

Butuh Bantuan?

(021) 3190 2000