back button

5 Tips Menghilangkan Embun di Kaca Mobil Saat Hujan

Ditulis oleh : moservice,

08 Mar 2024

fbtwitterwhatsapp
5 Tips Menghilangkan Embun di Kaca Mobil Saat Hujan

moservice.id – Ketika turun hujan deras, hal yang lumrah terjadi adalah berembunnya kaca mobil. Munculnya embun pada kaca mobil ketika hujan bukan tanpa sebab. Embun muncul karena suhu di luar lebih dingin ketimbang di dalam kabin.

Embun yang muncul pada kaca mobil ketika hujan tentunya mengakibatkan visibilitas pengemudi terganggu. Hal ini cukup berbahaya karena pengemudi tak bisa melihat apa yang ada di depannya. Lalu, bagaimana cara menghilangkan embun di kaca mobil? Berikut tips selengkapnya seperti dilansir laman resmi Auto2000.

1. Nyalakan AC

Banyak orang berpiir mematikan AC ketika hujan akan membuat embun di kaca hilang. Padahal itu cara yang salah. Anda harus menyalakan AC dengan suhu dingin.

Khususnya saat hujan di luar mobil. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, embun muncul di kaca mobil karena suhu di luar lebih tinggi daripada dalam mobil.

Dengan begitu, Anda harus menyesuaikan suhu di luar dengan dalam kabin mobil.

Kompresor AC yang kurang oli ternyata bisa menyebabkan AC tidak dingin dan bisa menimbulkan suara kasar dan berisik.

Untuk itu, menjelang musim hujan ada baiknya memperhatikan kinerja kompresor.

2. Manfaatkan Defogger

Jika mobil Anda memiliki defogger di mobil, bisa juga memaksimalkan fitur ini. Khususnya untuk menghilangkan embun di kaca belakang mobil. Defogger memiliki bentuk garis-garis kawat tipis yang merupakan kondensator panas. Anda bisa mengaktifkan defogger dengan menekan tombol khusus bergambar tiga panah melengkung yang ada di bagian dashboard mobil.

3. Gunakan Shampo Khusus

Kalau Anda memiliki waktu lebih banyak dalam menghilangkan embun, bisa juga menggunakan sampo rambut.

Kandungan yang ada di dalam sampo bahkan bisa mencegah munculnya embun karena kelembaban kaca mobil tetap terjaga.

Baca juga: Tips Menghilangkan Karat Mobil Memanfaatkan Bahan-bahan Dapur

Anda tinggal mengoleskan sampo tanpa dicampur air dengan jumlah sedikit di kaca mobil bagian dalam. Lalu lap dengan kain sintetis yang sedikit lembab namun jangan dicampur air dengan arah lurus menyamping dan searah.

dLalu kalau memang hujan sudah reda dan cuaca ceah, bersihkan kaca mobil dari sampo dengan memakai lap biasa hingga bersih.

4. Manfaatkan Cairan Antikabut

Sebenarnya telah tersedia cairan anti kabut di pasaran saat ini. Anda bisa membelinya lalu menyemprotkan cairan ke kaca bagian dalam mobil.

Setelah itu diamkan selama beberapa saat, lalu lap dengan kain lembut kering. Proses mengelap ini harus dilakukan searah dan beberapa kali.

5. Oleskan Tembakau

Ya, tembakau bisa untuk mencegah embun muncul. Cara penggunaannya sama dengan seperti sampo rambut.

Namun saat dilakukan pengolesan jangan sampai ada potongan cengkeh yang ikut di dalamnya.

Cengkeh bisa menggoreskan kaca mobil Anda. Sebaiknya oleskan secara pelan dan halus.

Pilih area / Kota

Pilih Merek
Jenis Bengkel

Bengkel Rekomendasi

Moservice Logo

Situs Booking Service Kendaraan

facebook-icontwitter-iconinstagram-icon
Apa itu moservice.id?

Moservice.id adalah situs bagi pengendara mobil dan motor untuk pemesanan servis yang dilakukan secara daring dipersembahkan untuk Nasabah Adira Finance. Moservice.id bekerjasama dengan lebih dari 2300 bengkel yang tersebar di wilayah Indonesia.

Butuh Bantuan?

(021) 3190 2000