back button

Tips Membersihkan Busi Mobil, Bisa Dilakukan di Rumah

Ditulis oleh : moservice,

03 Sep 2022

fbtwitterwhatsapp
Tips Membersihkan Busi Mobil, Bisa Dilakukan di Rumah

moservice.id – Merawat busi mobil sebenarnya tidaklah sulit. Kegiatan ini bisa dilakukan sendiri oleh pemilik mobil ketika berada di rumah. Ada beberapa tips membersihkan busi yang bisa diterapkan oleh pemilik mobil.

Busi mobil sebaiknya segera dibersihkan jika bagian kepalanya sudah hitam dan dipenuhi arang sisa-sisa pembakaran.

Pasalnya, saat kepala busi sudah menghitam, elektroda busi akan sulit mengalirkan listrik hingga membuat kendaraan Anda sulit dihidupkan.

Busi yang sudah dipenuhi karbon sisa pembakaran biasanya membuat kendaraan sedikit sulit dihidupkan karena proses pengapian yang terganggu, nafas kendaraan terdengar pendek, laju kendaraan tersendat-sendat, atau bahkan mogok.

Bagi yang ingin membersihkan busi sendiri di rumah, berikut beberapa tips yang bisa dicoba.

  • Pastikan mesin kendaraan Anda sedang dalam kondisi dingin. Jika masih panas, sebaiknya tunggu hingga dingin.
  • Buka busi dengan menggunakan kunci busi, kemudian siram bagian kepala busi dengan bensin. Ingat hanya di siram sedikit saja.
  • Setelah itu, bersihkan kerak atau sisa karbon pembakaran dengan sikat kawat. Lakukan hingga bersih, dan siram kembali busi untuk menghilangkan sisa-sisa kerak tersebut.
  • Terakhir, semprot busi dengan kompresor, dan keringkan. Cek apakah masih mengeluarkan api atau tidak. Jika api-nya masih bagus, Anda bisa menggunakannya kembali.

Sebagai catatan, sebaiknya jangan merendam busi di dalam bensin. Pasalnya cara ini bisa mengikis elektroda pada busi, dan membuatnya cepat rusak. Seperti disebutkan di atas, caranya bukan direndam, tapi disiram saja agar sisa karbon pembakaran mudah dibersihkan.

Baca juga: Mengenal 5 Jenis Fungsi Busi pada Mobil

Selain itu, hindari membersihkan busi dengan mengamplas bagian elektrodanya, atau memajukan dan memundurkan bagian kepala busi untuk mendapatkan api yang lebih besar. Cara ini justru akan membuat usia pakai busi lebih singkat (cepat mati).

Jika ternyata busi yang digunakan sudah mati, sebaiknya ganti dengan merek busi berkualitas tinggi, atau yang sesuai dengan rekomendasi pabrikan kendaraan Anda.

Sahabat juga jangan lupa untuk selalu melakukan service mesin kendaraan secara berkala. Moservice menyediakan layanan service mesin dari bengkel-bengkel rekanan dengan harga dan promo terbaik

Dapatkan juga berbagai promo service kendaraan untuk berbagai masalah mobil Anda. Yuk, daftar sekarang dari website Moservice.id

Moservice Logo

Situs Booking Service Kendaraan

Apa itu moservice.id?

Moservice.id adalah situs bagi pengendara mobil untuk pemesanan servis yang dilakukan secara daring persembahan dari Adira Finance. Moservice.id bekerjasama dengan lebih dari 1500 bengkel yang tersebar di wilayah Indonesia.

Butuh Bantuan?

(021) 3190 2000