back button

4 Fungsi Feeler Gauge dan Cara Mengukurnya

Ditulis oleh : moservice,

23 Nov 2022

fbtwitterwhatsapp
4 Fungsi Feeler Gauge dan Cara Mengukurnya

moservice.id – Semua mesin mobil memiliki celah diantara komponennya dan ukurannya harus sama. Untuk menstandarisasi ukuran, diperlukan alat ukur disebut feeler gauge

Feeler gauge atau alat pengukur ketebalan ini memiliki fungsi yang penting agar para mekanik bengkel bisa mendapatkan hasil pengukuran yang akurat terhadap berbagai komponen mesin mobil.

Berikut ini berbagai fungsi feeler gauge lainnya yang bisa didapatkan.

1. Mengecek Platina

Feeler gauge dapat berfungsi untuk mengukur celah platina. Fungsi utama platina adalah untuk memotong dan menyambung arus dan membuat busi bekerja. 

Jika celahnya terlalu besar, sejumlah kecil induksi dan listrik akan dihasilkan, sehingga sulit untuk menghidupkan mobil. 

2. Menghitung Nilai Ketebalan Klep

Komponen klep pada mesin mobil berfungsi untuk mengatur jumlah tekanan udara dan bahan bakar yang akan dialirkan ke ruang pembakaran. 

Jika celah terlalu lebar atau terlalu kecil, hal ini akan membuat tidak mempengaruhi efisiensi bahan bakar. 

Bahan bakar dan gas buang masuk dan keluar melalui katup atau katup di ruang silinder. Panas dari gas ini secara otomatis dapat memperbesar ukuran katup. 

Ini akan mengurangi celah pada katup ini. Penyesuaian harus dilakukan secara berkala. 

Anda bisa menggunakan feeler gauge untuk menyesuaikan celah ini dengan ukuran standar yang digunakan. 

Baca juga: 5 Cara Memperbaiki Sensor TPS (Throttle Position Sensor) Mobil

3. Memperkirakan Ukuran Celah Busi

Busi menghasilkan percikan api yang dapat memicu proses pembakaran bahan bakar. Bila ada celah antara ground dan elektroda busi yang perlu disesuaikan. 

Perubahan celah ini mempengaruhi besarnya tegangan yang dihasilkan pada koil pengapian. Kesenjangan ini menentukan apakah bunga api besar akan melompati. 

Penyetelan celah busi ini hanya dapat dilakukan dengan alat pengukur ketebalan atau yang yang biasa disebut dengan feeler gauge

4. Mengukur Blok Silinder Mobil

Untuk mengukur blok silinder mobil, Anda harus memperhatikan kerataan kepala silinder terlebih dahulu karena dapat mempengaruhi kompresi mesin mobil. 

Komponen blok silinder dapat mengalami perubahan bentuk menjadi lebih melengkung. Perubahan bentuk ini mempengaruhi ukuran celah komponen. 

Meskipun blok silinder melakukan fungsi sistem pembakaran mesin. Perubahan ukuran celah ini mungkin karena motor terlalu panas. 

Jika kerataan blok silinder berubah, pertama-tama harus diukur untuk penyetelan ulang. 

Cara Menggunakan Feeler Gauge

Untuk melakukan kalibrasi ulang pada komponen yang memiliki celah terlalu besar, Anda bisa menggunakan perhitungan ulang menggunakan feeler gauge dengan cara berikut.

1. Lakukan Pengukuran Saat Komponen Dalam Keadaan Dingin

Pertama pastikan Anda mencapai celah yang ingin diukur. Pastikan mesin dingin saat mengukur katup. 

Baca juga: 6 Ciri Kerusakan Dinamo Starter Mobil dan Cara Mengatasinya

2. Masukkan Feeler Gauge ke dalam Celah Komponen

Untuk menggunakan feeler gauge sangat mudah, Anda hanya perlu memasukan feeler gauge ke dalam celah yang akan diukur. 

Mulailah dengan bagian tertipis atau ukuran paling kecil. 

3. Sesuaikan Ukuran Celah dengan Feeler Gauge

Jika merasa alat pengukur ketebalan terlalu lebar untuk ukuran kecil, ganti menggunakan yang lebih kecil. 

Cara menggunakan feeler gauge yang akurat adalah untuk memastikan bahwa pahat tidak didorong terlalu keras ke dalam celah saat feeler gauge dimasukkan. 

Khusus untuk pengukuran katup, Anda dapat mengatur terlebih dahulu ketebalan celah katup sesuai dengan spesifikasi pabrikan. 

Kemudian ukur jarak dengan feeler gauge dan setel ulang sekrup.

Bila Anda masih belum terbiasa menggunakan alat pengukur ketebalan ini, Anda bisa menghubungi pihak bengkel terdekat di kota Anda.

Moservice sebagai platform penyewaan bengkel mobil secara online, bisa membantu Anda menemukan bengkel mobil profesional dengan mudah dan cepat, mulai dari bengkel service mesin mobil, service ac mobil, service ac mobil, layanan home service, dan masih banyak lainnya.

Yuk, booking bengkel sekarang dengan Moservice!

Moservice Logo

Situs Booking Service Kendaraan

Apa itu moservice.id?

Moservice.id adalah situs bagi pengendara mobil untuk pemesanan servis yang dilakukan secara daring persembahan dari Adira Finance. Moservice.id bekerjasama dengan lebih dari 1500 bengkel yang tersebar di wilayah Indonesia.

Butuh Bantuan?

(021) 3190 2000