back button

Mengenal 5 Fungsi Filter Oli Mobil yang Sebaiknya Diketahui

Ditulis oleh : moservice,

19 May 2023

fbtwitterwhatsapp
Mengenal 5 Fungsi Filter Oli Mobil yang Sebaiknya Diketahui

moservice.id – Dalam upaya merawat mobil, mengganti oli mesin secara rutin bukan hanya satu-satunya cara. Akan tetapi, ada komponen lain yang harus diperhatikan juga, yaitu filter oli.

Walaupun bentuknya kecil, namun komponen ini berperan sangat penting untuk menjaga kualitas oli mesin mobil Anda. Biasanya, ada beberapa tanda kerusakan filter oli mobil.

Nah, bagi Anda yang belum tahu apa saja fungsi filter oli pada mesin, berikut ini berbagai manfaat filter oli mobil.

1. Menyaring Debu dan Kotoran di Dalam Mesin

Filter oli mobil berfungsi untuk menjaga kualitas oli mobil dengan cara menyaring berbagai partikel kecil seperti debu dan kotoran yang ada di dalam mesin agar tidak mengganggu proses pelumasan komponen mesin.

Debu dan kotoran yang ada di dalam oli bisa menghambat serta memberikan dampak kerusakan pada komponen mesin, karena partikel tersebut akan mengeras dan menjadi kerak yang bisa membuat oli mesin tidak encer, sehingga membuat komponen mesin lebih cepat aus.

Kotoran ini dapat berasal dari abrasi dan keausan komponen mesin, seperti logam yang terkikis atau partikel-partikel halus lainnya. 

Komponen mesin mobil yang aus bisa mengikis bagian komponennya hingga benar-benar habis, hal inilah yang membuat mengapa komponen di dalam mesin bisa menyusut ataupun patah.

2. Membantu Mencegah Kerusakan Mesin Mobil

Partikel-partikel kotoran yang tidak disaring dapat menjadi penyebab kerusakan pada komponen mesin. 

Misalnya, partikel-partikel logam yang terkikis dapat menggores permukaan piston, silinder, atau bantalan engkol. 

Dengan menyaring kotoran tersebut, filter oli membantu menjaga kebersihan oli yang mengalir ke dalam mesin agar terjaga kualitasnya dengan baik.

Baca juga: Ini Dampak yang Terjadi Akibat Mobil Jarang Ganti Oli

3. Memisahkan Oli dengan Kontaminan

Selain debu dan kotoran, oli mesin juga dapat terkontaminasi oleh air, udara, dan zat-zat sisa pembakaran dapat mengakibatkan oksidasi oli dan pembentukan endapan di dalam ruang mesin.

Oli yang terkontaminasi oleh kotoran dan kontaminan dapat mengalami degradasi kualitas yang signifikan.

Karena itu, dengan memanfaatkan filter oli mampu mengurangi zat kontaminan dari dalam oli mesin, sehingga dapat menjaga kualitas oli agar tetap optimal dalam menjalankan fungsinya untuk melumasi mesin dan mengurangi gesekan antar komponen.

4. Peningkatan Performa Mesin

Oli yang bersih dan bebas dari kotoran dapat mengoptimalkan pelumasan komponen mesin, mengurangi gesekan dan keausan, serta menjaga suhu operasi mesin tetap stabil. 

Hal ini dapat berdampak positif pada efisiensi mesin, responsivitas, serta mengurangi resiko overheat pada mesin.

Baca juga: Kenali Cara Memilih Oli Mobil yang Sesuai Standar

5. Menjaga Oli Lebih Tahan Lama

Dengan menyaring kotoran dan kontaminan, filter oli membantu menjaga kualitas oli agar tetap baik dalam jangka waktu yang lebih lama.

Ketika filter oli berfungsi dengan baik, kotoran dan partikel kecil yang ada dalam oli akan disaring dengan efektif. 

Oli yang bersih dan bebas dari kotoran akan membantu meningkatkan performa mesin secara keseluruhan. 

Pelumasan yang optimal mengurangi gesekan antara komponen-komponen mesin, mengurangi keausan, dan memperpanjang umur pakai mesin. 

Selain itu, menjaga kualitas oli yang baik juga membantu menjaga stabilitas suhu operasi mesin, yang penting untuk menjaga kinerja optimal.

Inilah mengapa filter oli berperan sangat penting untuk menyaring kotoran agar oli yang mengalir ke mesin tetap bersih dan bebas dari kontaminasi yang dapat merusak sistem pelumasan mesin.

Agar fungsi filter oli tetap optimal, penting untuk secara teratur memeriksa dan menggantinya sesuai dengan rekomendasi pabrik atau petunjuk pemeliharaan kendaraan. 

Pastikan untuk menggunakan filter oli berkualitas tinggi yang sesuai dengan spesifikasi kendaraan Anda. 

Lakukan penggantian oli dan filter oli secara teratur guna menjaga kualitas oli dan kesehatan mesin mobil Anda.

Anda bisa mencari tahu kapan waktu yang tepat untuk mengganti oli mobil.

Untuk memudahkan penggantian oli dan filter oli, Anda bisa menggunakan layanan booking bengkel secara online dari Moservice untuk menemukan lokasi bengkel yang paling terdekat dengan tempat Anda saat ini.

Nikmati kemudahan layanan ganti oli mobil dari bengkel rekanan profesional Moservice yang ada di berbagai kota di seluruh Indonesia.

Lihat berbagai promo ganti oli mobil yang tersedia.

Pilih area / Kota

Pilih Merek
Jenis Bengkel

Bengkel Rekomendasi

Moservice Logo

Situs Booking Service Kendaraan

facebook-icontwitter-iconinstagram-icon
Apa itu moservice.id?

Moservice.id adalah situs bagi pengendara mobil dan motor untuk pemesanan servis yang dilakukan secara daring dipersembahkan untuk Nasabah Adira Finance. Moservice.id bekerjasama dengan lebih dari 2300 bengkel yang tersebar di wilayah Indonesia.

Butuh Bantuan?

(021) 3190 2000