back button

Mengenal Fungsi dan Jenis Wax Pada Mobil

Ditulis oleh : moservice,

21 Nov 2021

fbtwitterwhatsapp
Mengenal Fungsi dan Jenis Wax Pada Mobil

moservice.id – Salah satu bentuk perawatan pada body mobil adalah dengan melakukan wax. Sebagai catatan, penerapan wax ini berbeda dengan polish. Lalu, apa sebenarnya fungsi dan jenis wax pada mobil?

Wax mobil merupakan lapisan yang berbentuk sintetis terbuat dari bahan carnauba wax, natural oil, petroleum distillates dan beeswax. Aplikasinya adalah pada bagian permukaan bodi mobil.

Setelah diaplikasikan wax mobil akan membentuk lapisan tipis yang berfungsi untuk melindungi cat mobil. Wax mampu memberikan pertahanan pada kilau cat serta warna dari mobil sehingga tidak mudah kusam.

Biasanya wax diaplikasikan pada mobil yang cenderung masih baru guna mempertahankan kilapnya. Mobil pun akan tampak selalu seperti baru. Pengaplikasiannya juga bisa terus dilakukan jika mobil lama sudah melewati tahapan polish.

Berbeda dengan wax mobil, polish adalah cairan yang sifatnya abrasif sehingga mampu mengikis permukaan cat. Penggunaan polish adalah untuk mengembalikan kondisi cat yang telah kusam, seperti yang terjadi pada mobil-mobil lama. Polish juga digunakan untuk mengatasi baret karena dapat mengikis bagian yang cacat sehingga tampilan mobil akan kembali mengkilap.

Setelah mengetahui fungsi dan perbedaan wax dengan polish, hal berikutnya yang perlu diketahui adalah jenis wax untuk mobil. Wax ada yang berbentuk cair dan bubuk. Bahan penyusun wax juga berbeda-beda, seperti:

Bahan Carnauba

Wax ada yang dibuat dari bahan carnauba yang paling mahal, karena cukup sulit dalam hal produksinya menjadi lilin. Dibuat dari bagian pohon palem Carnauba yang hidup di Brazil Utara. Proses pembuatannya butuh waktu lama, namun hasil yang diberikan adalah perlindungan terbaik dari air dan sinar UV karena sifatnya yang hypoallergenic.

Bahan Polymer

Kebanyakan wax yang dijual dan dengan harga terjangkau terbuat dari bahan polymer. Polymer sendiri memiliki dua jenis yaitu full polymer dan polymer nano. Wax full polymer memberikan hasil yang menutup lebih sempurna dibandingkan polymer nano. Dengan begitu tingkat perlindungan yang diberikan pun bisa berbeda.

Baca juga: Ciri Busi Mobil Bermasalah, Segera Ganti Jika Merasakan Gejala Ini

Selain dari bahan, jenis wax juga bisa dibedakan dari kelasnya. Pertama adalah kelas standar yang bahan dasarnya adalah silikon. Kedua wax kelas mendium yang bahan pembuatnya lebih baik dibanding silikon. Dan yang terakhir kelas high end yang merupakan wax kualitas terbaik karena mengandung Carnauba.

Pilih area / Kota

Pilih Merek
Jenis Bengkel

Bengkel Rekomendasi

Moservice Logo

Situs Booking Service Kendaraan

facebook-icontwitter-iconinstagram-icon
Apa itu moservice.id?

Moservice.id adalah situs bagi pengendara mobil dan motor untuk pemesanan servis yang dilakukan secara daring dipersembahkan untuk Nasabah Adira Finance. Moservice.id bekerjasama dengan lebih dari 2300 bengkel yang tersebar di wilayah Indonesia.

Butuh Bantuan?

(021) 3190 2000