back button

Mengapa Jumlah Baut Roda Mobil Tak Seragam? Ini Dia Jawabannya

Ditulis oleh : moservice,

26 Jan 2024

fbtwitterwhatsapp
Mengapa Jumlah Baut Roda Mobil Tak Seragam? Ini Dia Jawabannya

moservice.id – Bila diperhatikan, jumlah baut roda antara model mobil yang satu dengan lainnya memiliki perbedaan. Misalnya, ada yang menggunakan tiga baut, empat baut, lima baut, hingga delapan baut ke atas.

Bukan tanpa alasan mengapa jumlah baut roda ini berbeda-beda bila dibandingkan model yang satu dengan lainnya.

Hal ini karena menyesuaikan dengan beban dan tenaga yang dihasilkan. Itu sebabnya, mobil kecil biasanya hanya menggunakan tiga sampai empat baut saja.

Sementara kendaraan besar seperti truk yang menopang beban lebih besar, jumlah bautnya bisa sampai delapan baut ke atas. Velg juga memiliki load rate atau batas atas beban yang bisa ditampung.

Jika tak sesuai, maka akan membuat performa kendraan serta kenyamanan berkendara menjadi tidak optimal. Hal yang sama juga berlaku pada ban yang terpasang.

Jumlah baut dan ukuran pada velg itu pengaruhnya ke bobot kendaraan. Oleh sebab itu, jangan sampai beban pada kendaraan melebihi batas atasnya.

Bisa-bisa mobil akan sulit dikendalikan karena velg bermasalah atau bannya pecah halus.

Adapun selain jumlah baut, perbedaan lainnya pada velg tiap mobil juga terdapat pada Pitch Circle Diameter (PCD) atau diameter lingkar posisi baut.

Misalnya PCD 4×100 mm, artinya ada empat baut yang diposisikan dengan diameter 100 mm. Ukuran tersebut biasanya ditentukan oleh masing-masing pabrikan.

PCD berhubungan erat dengan pergerakan kendaraan karena distribusi berat dapat berubah dan roda harus mampu menopang perubahan tersebut. Tiap PCD mobil perlu disesuaikan dengan berat, tipe, serta performa mobil.

Contohnya Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia dengan mesin 1.500 cc, keduanya mampu menampung tujuh penumpang dan sama-sama memiliki PCD 4×114,3 mm.

Baca juga: Tips Merawat Ban Serep agar Tidak Getas

Meski di segmen yang sama, Avanza dan Xenia memiliki perbedaan PCD dengan Mitsubishi Xpander dan Suzuki Ertiga yang memiliki lima baut roda karena punya bodi dan bobot lebih besar.

Karena itu ketika ingin mengubah atau menganti pelek mobil perlu memperhatikan ukuran dan jumlah PCD bawaan mobil.

Jika tidak, maka roda akan sulit terpasang dan tidak dapat berputar optimal.

Pilih area / Kota

Pilih Merek
Jenis Bengkel

Bengkel Rekomendasi

Moservice Logo

Situs Booking Service Kendaraan

facebook-icontwitter-iconinstagram-icon
Apa itu moservice.id?

Moservice.id adalah situs bagi pengendara mobil dan motor untuk pemesanan servis yang dilakukan secara daring dipersembahkan untuk Nasabah Adira Finance. Moservice.id bekerjasama dengan lebih dari 2300 bengkel yang tersebar di wilayah Indonesia.

Butuh Bantuan?

(021) 3190 2000