back button

Mau Mudik Lebaran 2024 dengan Mobil Pribadi? Jangan Lupa Service Komponen Ini Dulu

Ditulis oleh : moservice,

02 Apr 2024

fbtwitterwhatsapp
Mau Mudik Lebaran 2024 dengan Mobil Pribadi? Jangan Lupa Service Komponen Ini Dulu

Moservice.id – Memasuki H-8 sebelum hari raya Idul Fitri yang akan jatuh pada tanggal 10 April 2024 membuat banyak orang sudah melakukan persiapan lebaran.

Salah satu momen yang ditunggu adalah mudik ke kampung halaman ataupun mengunjungi saudara di dalam dan luar kota menggunakan kendaraan pribadi ataupun transportasi publik.

Sebelum memulai perjalanan mudik yang jauh, sangat penting untuk memastikan bahwa kendaraan yang akan digunakan dalam kondisi yang prima, terutama mobil yang akan melakukan perjalanan jauh dengan membawa banyak penumpang dan barang. 

Namun, sebelum melakukan perjalanan mudik, penting untuk memastikan kondisi mobil prima agar perjalanan aman dan nyaman. 

Berikut adalah beberapa komponen mobil yang wajib dicek dan di servis sebelum mudik lebaran 2024. 

1. Oli Mesin

Oli mesin adalah cairan pelumas yang sangat penting untuk menjaga kinerja mesin. Pastikan untuk memeriksa level oli mesin dan kualitasnya. 

Filter oli berfungsi untuk menyaring kotoran pada oli. Pastikan oli mesin dan filter oli diganti sesuai dengan anjuran pabrikan.

2. Aki

Aki merupakan sumber daya listrik utama mobil. Pastikan aki dalam kondisi prima dan tidak soak. Periksa terminal aki dan bersihkan jika terdapat kerak.

3. Ban

Ban merupakan komponen penting yang menopang beban mobil dan bersentuhan langsung dengan jalan. 

Pastikan ban dalam kondisi baik, tidak gundul, dan tekanan angin sesuai dengan tekanan normal atau standar pabrikan

4. Rem

Rem berfungsi untuk memperlambat dan menghentikan laju mobil. Pastikan rem berfungsi dengan baik dan kampas rem masih tebal. Periksa juga minyak rem dan selang rem.

Bila sudah berkurang atau terasa kurang pake, sebaiknya tambahkan minyak rem dan ganti kampas rem mobil.

5. Sistem Pendingin

Sistem pendingin berfungsi untuk menjaga temperatur mesin tetap ideal. Cek air radiator, selang radiator, kipas radiator, dan water pump dalam kondisi baik. 

Bila terjadi kerusakan atau kurang level cairan, segera tambahkan radiator coolant agar mesin mobil tidak mudah overheat saat dibawa perjalanan jarak jauh. 

Sistem pendingin mobil membantu menjaga suhu mesin tetap stabil selama perjalanan. 

6. Lampu

Lampu berfungsi untuk menerangi jalan saat berkendara di malam hari. Pastikan semua lampu berfungsi dengan baik, termasuk lampu utama, lampu sein, dan lampu rem.

Baca juga: Mau Mudik yang Aman dan Menyenangkan Naik Mobil Pribadi? Ini Dia 14 Tipsnya

7. Saringan Udara

Saringan udara berfungsi untuk menyaring kotoran dari udara yang masuk ke mesin. Bersihkan udara agar bisa memfilter kotoran dan debu yang menempel pada mesin mobil agar kondisi bersih dan tidak tersumbat.

8. Knalpot

Knalpot berfungsi untuk mengeluarkan gas buang dari mesin. Sebelum pergi mudik, cobalah untuk service knalpot mobil agar bisa mengetahui apakah ada kerusakan atau tidak? Ada kebocoran atau tidak?

Bila tidak ada, maka bisa dipastikan knalpot mobil dalam keadaan normal dan mobil bisa digunakan tanpa takut khawatir terjadi masalah. 

9. Suspensi

Suspensi berfungsi untuk meredam getaran saat mobil melaju di jalan yang tidak rata. Namun, terkadang suspensi mobil juga bisa mengalami kerusakan karena patah.

Bila tidak disadari, hal ini akan membuat kondisi tidak nyaman selama berkendara, karena para penumpang akan mengalami guncangan di jalan yang tidak rata. 

Periksa suspensi mobil untuk memastikan tidak ada kebocoran pada shock absorber dan suspensi masih memberikan penyerapan yang baik.

10. Rem Tangan

Keandalan sistem rem sangat penting untuk keselamatan Anda. Periksa kampas rem, cakram atau tromol rem, serta level cairan rem. 

Pastikan kampas rem tidak terlalu aus dan tidak ada kebocoran pada sistem rem.

Rem tangan berfungsi untuk menahan mobil saat berhenti di tanjakan atau turunan. Pastikan rem tangan berfungsi dengan baik.

Anda bisa membawanya ke bengkel untuk dicek kuncian settingan atau sistem pelumasan rem tangan.

11. Sistem Bahan Bakar

Pastikan sistem bahan bakar mobil Anda berfungsi dengan baik. Periksa selang-selang bahan bakar, filter bahan bakar, dan pastikan tidak ada kebocoran. Bersihkan atau ganti filter udara jika perlu.

Baca juga: Perhatikan! Ini 10 Tips Cara Merawat Mobil Setelah Dipakai Mudik

12. Sistem Kemudi

Periksa kemudi, termasuk roda kemudi dan sistem kemudi lainnya. Pastikan tidak ada kekendoran pada komponen-komponen ini dan kendaraan dapat dikendalikan dengan baik selama perjalanan.

13. Sistem Elektrikal

Periksa sistem listrik mobil, termasuk lampu depan, lampu belakang, lampu rem, dan klakson. Pastikan kabel-kabel listrik tidak terkelupas atau rusak.

Itulah beberapa tips yang bisa diikuti sebelum melakukan perjalanan mudik tahun 2024 ini. Semoga selamat sampai tujuan dan jangan lupa selalu merawat kondisi kendaraan selalu tetap optimal.

Pilih area / Kota

Pilih Merek
Jenis Bengkel

Bengkel Rekomendasi

Moservice Logo

Situs Booking Service Kendaraan

facebook-icontwitter-iconinstagram-icon
Apa itu moservice.id?

Moservice.id adalah situs bagi pengendara mobil dan motor untuk pemesanan servis yang dilakukan secara daring dipersembahkan untuk Nasabah Adira Finance. Moservice.id bekerjasama dengan lebih dari 2300 bengkel yang tersebar di wilayah Indonesia.

Butuh Bantuan?

(021) 3190 2000