back button

Lima Fungsi Utama Dempul Pada Mobil: Menjaga Tampilan Hingga Menutup Titik Las

Ditulis oleh : Danang Setiaji,

04 Jun 2024

fbtwitterwhatsapp
Lima Fungsi Utama Dempul Pada Mobil: Menjaga Tampilan Hingga Menutup Titik Las

moservice.id – Dempul merupakan salah satu bahan yang biasa digunakan untuk menutupi kerusakan pada eksterior mobil. Fungsi utama dempul pada mobil sebenarnya ada lima. Apa saja itu?

Pada umumnya, dempul berasal dari bahan sintetis yang mudah dibentuk dan bisa menyesuaikan dengan berbagai macam tipe permukaan eksterior mobil.

Penggunaan dempul biasanya dilakukan dengan melapisi dan memoles area permukaan yang perlu ditutupi kerusakannya. Misalnya pada permukaan yang tidak rata, bergelombang, dan sebagainya.

Lalu, apa saja fungsi utama dempul pada mobil? Berikut penjelasan selengkapnya.

Menjaga tampilan mobil

Seiring waktu pemakaian, eksterior mobil mungkin mengalami kerusakan akibat mengalami benturan, tergores, atau cat yang terkikis.

Kerusakan seperti ini membuat tampilan mobil seperti tidak terawat. Penggunaan dempul bisa membuat eksterior mobil lebih rapi dan menjaga tampilannya.

Mencegah sebaran kerusakan

Kerusakan seperti retakan atau goresan pada body mobil berpotensi berubah menjadi karat ketika terpapar air hujan dan sinar matahari.

Bila terus dibiarkan terbuka, maka kerusakannya bisa memburuk hingga mempengaruhi struktur bodi mobil. Itu sebabnya, kerusakan seperti ini perlu didempul agar kerusakannya tidak semakin meluas.

Baca juga: Bolehkah Oleskan Wax Pada Mobil yang Sudah Pakai Coating?

Menutup titik las

Ketika melakukan perbaikan mobil, mungkin ada proses pengelasan yang perlu dilakukan untuk menyambungkan kembali bagian yang rusak.

Titik las ini perlu ditutupi dan dihaluskan agar hasilnya terlihat lebih rata. Dempul bisa menjadi solusinya untuk menutup bekas titik las sehingga tampilannya menjadi lebih mulus.

Sebagai lapisan awal sebelum repaint

Dempul juga berfungsi sebagai lapisan awal sebelum pengecatan kembali atau repaint. Penerapan dempul menjadi tahap persiapan permukaan eksterior mobil sebelum dicat. Apabila permukaan telah terisi dan rata oleh dempul, maka proses pengecatan kembali dapat dilakukan.

Nilai jual mobil tetap terjaga

Karena dempul memiliki fungsi untuk menjaga tampilan eksterior mobil, maka otomatis juga berfungsi menjaga nilai jualnya. Karena tak dapat dipungkiri, tampilan mobil juga akan mempengaruhi nilai jualnya.

Mobil yang terdapat kerusakan eksterior di berbagai titik akan terlihat tidak terawat. Dan hal ini bisa menurunkan nilai jualnya.

Pilih area / Kota

Pilih Merek
Jenis Bengkel

Bengkel Rekomendasi

Moservice Logo

Situs Booking Service Kendaraan

facebook-icontwitter-iconinstagram-icon
Apa itu moservice.id?

Moservice.id adalah situs bagi pengendara mobil dan motor untuk pemesanan servis yang dilakukan secara daring dipersembahkan untuk Nasabah Adira Finance. Moservice.id bekerjasama dengan lebih dari 2300 bengkel yang tersebar di wilayah Indonesia.

Butuh Bantuan?

(021) 3190 2000