back button

5 Manfaat Menggunakan Mobil Listrik, Benarkah Lebih Baik dibanding Mobil Konvensional?

Ditulis oleh : moservice,

26 Jan 2024

fbtwitterwhatsapp
5 Manfaat Menggunakan Mobil Listrik, Benarkah Lebih Baik dibanding Mobil Konvensional?

moservice.id – Dalam perkembangan teknologi, dunia otomotif juga ikut berevolusi. Di mana munculnya mobil listrik hadir sebagai solusi inovatif untuk mengurangi dampak lingkungan dan memperbaiki polusi udara.

Mobil listrik merupakan salah satu tren kendaraan yang semakin populer di dunia, termasuk di Indonesia. 

Mobil listrik memiliki beberapa keunggulan dibandingkan mobil konvensional, antara lain.

1. Ramah Lingkungan

Mobil listrik tidak menghasilkan emisi gas buang, sehingga lebih ramah lingkungan. Emisi gas buang merupakan salah satu penyebab polusi udara yang dapat berdampak negatif pada kesehatan dan lingkungan.

Mobil yang digadang-gadang menjadi inovasi di masa depan ini mampu menyumbang secara signifikan pada pengurangan emisi gas rumah kaca dan polusi udara. 

Hal ini mendukung upaya global untuk mengatasi perubahan iklim yang semakin mengkhawatirkan.

Dengan beralih menggunakan mobil listrik, tentu akan membantu menjaga keseimbangan alam dan lingkungan sekitar.

2. Hemat Biaya dan Energi

Biaya operasional mobil listrik lebih terjangkau dibandingkan mobil konvensional. Hal ini karena mobil listrik tidak membutuhkan bahan bakar minyak, melainkan energi listrik. 

Harga listrik di Indonesia relatif lebih murah dibandingkan harga BBM, sehingga biaya pengisian daya baterai mobil listrik lebih terjangkau.

Menurut hasil penelitian terbaru, mobil listrik memiliki efisiensi energi yang lebih tinggi daripada kendaraan bermesin pembakaran internal. 

Dengan biaya pengisian yang lebih rendah dibandingkan bahan bakar konvensional, pengguna dapat menghemat biaya operasional jangka panjang.

3. Performa yang Lebih Baik

Mobil listrik memiliki torsi yang besar, sehingga dapat berakselerasi lebih cepat. Mobil listrik juga memiliki tingkat kebisingan yang lebih rendah dibandingkan mobil konvensional.

Secara umum, mobil listrik dapat berakselerasi dari 0-100 km/jam dalam waktu sekitar 6-8 detik, sedangkan mobil konvensional membutuhkan waktu sekitar 8-10 detik. Mobil listrik juga dapat mencapai kecepatan tertinggi yang lebih tinggi daripada mobil konvensional.

Selain performa yang lebih baik, mobil listrik juga memiliki tingkat kebisingan yang lebih rendah daripada mobil konvensional. Hal ini karena motor listrik tidak memiliki komponen yang bergerak secara mekanis, sehingga tidak menghasilkan suara bising.

4. Dilengkapi Fitur Canggih

Mobil listrik juga menawarkan teknologi canggih dan performa yang unggul. Inovasi terbaru dalam industri ini mencakup pengembangan baterai yang lebih efisien, jangkauan yang lebih panjang, dan sistem pengisian cepat. 

Mobil listrik umumnya dilengkapi dengan fitur-fitur canggih yang tidak dimiliki oleh mobil konvensional. Fitur-fitur tersebut antara lain:

  • Sistem pengereman modern
  • Mode autopilot
  • Pengisian baterai lebih cepat
  • Desain aerodinamis, sehingga membuatnya lebih cepat berakselerasi
  • Sistem penggerak all-wheel drive
  • Sistem bantuan pengemudi
  • Teknologi konektivitas yang memudahkan terhubung dengan gadget

5. Perawatan yang Lebih Mudah

Mobil listrik tidak memiliki mesin pembakaran internal, sehingga tidak perlu mengganti oli mesin, busi, filter udara, dan komponen-komponen lainnya yang terkait dengan mesin berbahan bakar.

Sistem penggerak mobil listrik relatif sederhana dan tidak memiliki banyak komponen yang bergerak. Komponen-komponen ini umumnya tahan lama dan tidak perlu diganti secara berkala.

Selain itu,  mobil listrik juga memiliki komponen-komponen lainnya yang perlu dirawat, seperti rem, ban, dan suspensi. 

Namun, komponen-komponen ini umumnya memiliki masa pakai yang lebih lama pada mobil listrik dibandingkan mobil konvensional.

Sehingga, biaya perawatan mobil listrik bisa dikatakan lebih murah dibandingkan mobil biasanya.

Baca juga: Ramai di Media Sosial, Benarkah Mobil Listrik Tesla Masih Menggunakan Nikel? Begini Jawabannya

Pilih area / Kota

Pilih Merek
Jenis Bengkel

Bengkel Rekomendasi

Moservice Logo

Situs Booking Service Kendaraan

facebook-icontwitter-iconinstagram-icon
Apa itu moservice.id?

Moservice.id adalah situs bagi pengendara mobil dan motor untuk pemesanan servis yang dilakukan secara daring dipersembahkan untuk Nasabah Adira Finance. Moservice.id bekerjasama dengan lebih dari 2300 bengkel yang tersebar di wilayah Indonesia.

Butuh Bantuan?

(021) 3190 2000