back button

6 Penyebab Mobil Brebet Saat Di Gas, Apakah Itu?

Ditulis oleh : moservice,

12 Jan 2024

fbtwitterwhatsapp
6 Penyebab Mobil Brebet Saat Di Gas, Apakah Itu?

moservice.id – Mobil brebet saat di gas merupakan salah satu masalah yang sering dialami oleh pemilik mobil. 

Masalah ini dapat membuat pengemudi merasa tidak nyaman saat berkendara, dan juga dapat menyebabkan kerusakan pada mesin mobil.

Ada beberapa penyebab mobil brebet saat di gas, antara lain.

1. Kerusakan pada Sistem Injeksi Bahan Bakar

Sistem injeksi bahan bakar berfungsi untuk menyuplai bahan bakar ke ruang bakar mesin. Kerusakan pada sistem injeksi bahan bakar dapat menyebabkan campuran bahan bakar dan udara menjadi tidak ideal, sehingga mesin mobil menjadi brebet.

Hal ini dapat terjadi karena sistem injeksi bahan bakar memainkan peran kunci dalam menyemprotkan bahan bakar ke dalam ruang bakar mesin untuk menciptakan pembakaran yang efisien. 

2. Sistem Pengapian Tidak Berfungsi

Masalah pada sistem pengapian, seperti busi yang aus atau kabel busi yang rusak, dapat menjadi penyebab brebet pada mobil. 

Sistem pengapian yang tidak berfungsi dengan baik dapat mengakibatkan pembakaran tidak merata.

Kerusakan pada sistem pengapian dapat menyebabkan campuran bahan bakar dan udara tidak terbakar secara sempurna, sehingga membuat mesin tersendat saat di gas.

Baca juga: 6 Cara Mengatasi Knalpot Mobil yang Bocor

3. Sensor Bermasalah

Sensor-sensor pada sistem injeksi bahan bakar berfungsi untuk memberikan informasi kepada ECU (Electronic Control Unit) tentang kondisi mesin, seperti jumlah udara yang masuk ke mesin, suhu mesin, dan kecepatan mesin. 

Kerusakan pada sensor dapat menyebabkan ECU memberikan perintah yang salah kepada injektor, sehingga jumlah bahan bakar yang disuplai ke ruang bakar mesin menjadi tidak tepat.

Berikut adalah beberapa contoh sensor yang dapat menyebabkan mesin mobil brebet jika rusak:

  • Sensor Udara

Sensor udara berfungsi untuk mengukur jumlah udara yang masuk ke mesin. Jika sensor udara rusak, maka ECU akan menerima informasi yang salah tentang jumlah udara yang masuk ke mesin. 

  • Sensor Oksigen

Sensor oksigen berfungsi untuk mengukur kandungan oksigen dalam gas buang mesin. Jika sensor oksigen rusak, maka ECU akan menerima informasi yang salah tentang kandungan oksigen dalam gas buang mesin. 

  • Sensor posisi poros engkol

Sensor posisi poros engkol berfungsi untuk mendeteksi posisi poros engkol mesin. Jika sensor posisi poros engkol rusak, maka ECU akan kehilangan informasi tentang posisi poros engkol mesin. 

4. Kualitas Bahan Bakar yang Buruk

Salah satu penyebab utama brebetnya mobil adalah penggunaan bahan bakar yang buruk atau berkualitas rendah. 

Bahan bakar yang mengandung kotoran atau air dapat menyebabkan ketidaksempurnaan pembakaran dan membuat kinerja mesin mobil mengalami penurunan bahkan kerusakan permanen.

Pastikan untuk menggunakan bahan bakar sesuai dengan nilai oktan yang direkomendasikan oleh pabrikan mobil. 

Oktan adalah salah satu unsur yang menentukan kualitas bahan bakar. Bahan bakar dengan oktan yang terlalu rendah tidak dapat menahan tekanan kompresi mesin dengan baik. 

Bahan bakar yang sudah terkontaminasi, seperti oleh air atau kotoran, dapat menyebabkan kerusakan pada sistem injeksi bahan bakar.

5. Filter Udara yang Kotor atau Tersumbat

Filter udara yang kotor atau tersumbat dapat menghambat aliran udara ke mesin, mengakibatkan campuran bahan bakar dan udara yang tidak tepat. 

Hal inilah yang membuat suara bredet pada mobil terus terjadi disarankan untuk membersihkan filter udara mobil agar kondisi gas mobil kembali normal.

Baca juga: Segera Lakukan Servis Mobil Jika Timbul Gejala Ini!

6. Kerusakan pada Katup Mesin

Kerusakan katup mesin dapat membuat mesin mobil brebet karena katup mesin berfungsi untuk membuka dan menutup saluran masuk dan buang gas pada mesin. 

Jika katup mesin rusak, maka saluran masuk dan buang gas tidak dapat berfungsi dengan baik.

Kerusakan pada katup atau masalah pada timing mesin dapat mempengaruhi kinerja pembakaran.

Jika katup tidak terbuka atau tertutup dengan benar, atau jika timing mesin tidak sesuai, hal ini dapat menyebabkan gas mobil tersendat-sendat.

Untuk mengatasi masalah mobil yang brebet ini, sebaiknya temukan bengkel service mesin mobil terdekat agar gas mobil bisa digunakan seperti semula.

Pilih area / Kota

Pilih Merek
Jenis Bengkel

Bengkel Rekomendasi

Moservice Logo

Situs Booking Service Kendaraan

facebook-icontwitter-iconinstagram-icon
Apa itu moservice.id?

Moservice.id adalah situs bagi pengendara mobil dan motor untuk pemesanan servis yang dilakukan secara daring dipersembahkan untuk Nasabah Adira Finance. Moservice.id bekerjasama dengan lebih dari 2300 bengkel yang tersebar di wilayah Indonesia.

Butuh Bantuan?

(021) 3190 2000