back button

Apa Penyebab Motor BeAT Injeksi Brebet Saat di Gas? Begini Jawabannya

Ditulis oleh : moservice,

14 Sep 2023

fbtwitterwhatsapp
Apa Penyebab Motor BeAT Injeksi Brebet Saat di Gas? Begini Jawabannya

moservice.id – Motor BeAT injeksi adalah salah satu motor matik yang cukup populer di Indonesia, contohnya adalah Honda Beat Street PGM-FI (Fuel Injection).

Motor ini dikenal irit bahan bakar dan memiliki performa yang baik. penyebab motor beat injeksi brebet saat digas

Namun, seperti motor pada umumnya, motor BeAT injeksi juga bisa mengalami masalah yang brebet saat di gas.

Brebet adalah kondisi di mana mesin motor tiba-tiba mati atau tersendat-sendat saat di gas. Kondisi ini tentu sangat mengganggu kenyamanan berkendara dan bisa berbahaya jika tidak segera diatasi.

Berikut adalah beberapa penyebab motor BeAT injeksi brebet saat di gas.

1. Penggunaan Bahan Bakar Tidak Sesuai 

Salah satu penyebab paling umum umum motor BeAT Injeksi mengalami kondisi brebet adalah penggunaan bahan bakar berkualitas rendah. 

Ciri di atas termasuk dalam beberapa penyebab motor injeksi bisa boros bahan bakar.

Bahan bakar yang tidak sesuai dengan spesifikasi mesin motor bisa menyebabkan pembakaran tidak sempurna. Hal ini bisa menyebabkan mesin brebet, terutama saat di gas di putaran rendah.

Untuk motor Beat injeksi, sebaiknya gunakan bahan bakar dengan nilai oktan minimal 92. 

Bahan bakar yang tidak berkualitas dapat mengandung kotoran dan kontaminan yang dapat menyumbat sistem bahan bakar motor. Ketika ini terjadi, aliran bahan bakar menjadi tidak lancar, dan motor menjadi sulit untuk mencerna bahan bakar dengan baik.

Pastikan Anda selalu mengisi bahan bakar di pompa bensin yang terpercaya dan menggunakan bahan bakar berkualitas tinggi dengan oktan sesuai yang disarankan oleh pabrikan.

2. Filter Udara Kotor

Filter udara berfungsi untuk menyaring kotoran dari udara yang masuk ke mesin. Jika filter udara kotor, maka udara yang masuk ke mesin tidak bersih. 

Hal ini bisa menyebabkan pembakaran tidak sempurna dan membuat mesin mengeluarkan suara brebet.

Untuk menjaga filter udara tetap bersih, sebaiknya ganti filter udara setiap 10.000 kilometer atau bersihkan filter udara motor secara rutin.

3. Settingan Gas Terlalu Rendah

Motor yang sudah dilakukan modifikasi ataupun setting pada bagian rpm gas motor bisa membuat kondisi motor mengalami brebet ngadet.

Hal ini terjadi karena tidak sesuainya settingan rpm dengan kondisi pabrikan motor, sehingga membuat mesin tidak bisa bekerja dengan optimal, karena screw set terlalu rendah.

4. Busi Rusak

Busi berfungsi untuk memercikkan api pada ruang bakar. Bila busi tidak sesuai dengan spesifikasi pabrikan, maka  dapat mempengaruhi pembakaran dalam mesin. 

Busi yang buruk dapat mengakibatkan pembakaran yang tidak merata atau bahkan mati.

Jika busi rusak, maka api yang dihasilkan tidak kuat. Hal ini bisa menyebabkan pembakaran tidak sempurna dan mesin brebet.

Untuk memeriksa kondisi busi, Anda bisa melihat warna busi. Jika busi berwarna hitam atau putih, maka busi perlu diganti.

Jika hanya kotor, maka Anda bisa segera membersihkan busi motor agar suara knalpot motor kembali normal.

Baca juga: 5 Penyebab Busi Motor Basah dan Cara Mengatasinya

5. Klep Renggang

Klep berfungsi untuk mengatur aliran udara dan bahan bakar ke ruang bakar. Jika klep renggang, maka akan terjadi kebocoran udara atau bahan bakar. 

Hal ini bisa menyebabkan pembakaran tidak sempurna dan menghasilkan suara brebet saat di gas.

6. Sensor TPS Rusak

TPS (Throttle Position Sensor) berfungsi untuk mendeteksi posisi throttle body. Jika sensor TPS rusak, maka ECU (Engine Control Unit) tidak akan mendapatkan informasi yang akurat tentang posisi throttle body. 

Jika hal ini terjadi, maka sistem injeksi bahan bakar akan kesulitan untuk mengatur jumlah bahan bakar yang disemprotkan ke mesin sesuai dengan kebutuhan.

Akibatnya, campuran udara-bahan bakar yang disemprotkan ke mesin bisa menjadi tidak tepat, yang dapat mengakibatkan masalah seperti brebet saat menarik gas motor.

7. ECU Rusak

ECU atau yang disebut dengan Engine Control Unit adalah komponen yang mengatur semua sistem pada motor injeksi, termasuk sistem pembakaran. 

Jika ECU rusak, maka mesin tidak akan bisa bekerja dengan optimal dan bisa menyebabkan brebet karena masalah pengaturan bahan bakar dan waktu pembakaran di dalam mesin.

Itulah beberapa penyebab motor Beat injeksi brebet saat di gas. Untuk mengatasi masalah ini, Anda bisa membawanya ke bengkel motor terdekat.

Moservice merupakan platform booking bengkel motor secara online yang bisa membantu Anda menemukan berbagai rekomendasi bengkel service mesin motor yang paling dekat dengan lokasi Anda saat ini.

Pilih area / Kota

Pilih Merek
Jenis Bengkel

Bengkel Rekomendasi

Moservice Logo

Situs Booking Service Kendaraan

facebook-icontwitter-iconinstagram-icon
Apa itu moservice.id?

Moservice.id adalah situs bagi pengendara mobil dan motor untuk pemesanan servis yang dilakukan secara daring dipersembahkan untuk Nasabah Adira Finance. Moservice.id bekerjasama dengan lebih dari 2300 bengkel yang tersebar di wilayah Indonesia.

Butuh Bantuan?

(021) 3190 2000