moservice.id – Apakah Anda pernah mengalami situasi di mana motor matic Anda tiba-tiba tidak bisa distarter atau diengkol?
Lalu, bagaimana cara memperbaikinya? Hal ini tentu menyebabkan kebingungan tersendiri, apalagi bagi mereka yang belum terbiasa dengan masalah sepeda motor.
Masalah starter pada motor matic bisa disebabkan oleh berbagai faktor, mulai dari yang sederhana hingga yang kompleks.
Bagi Anda yang sedang mengalaminya, berikut ini berbagai penyebab motor matic tidak bisa distarter dan diengkol.
1. Aki Motor Lemah
Aki adalah komponen penting pada motor matic yang berfungsi untuk menyimpan arus listrik.
Jika aki lemah atau habis, maka motor matic tidak akan bisa distarter sehingga membuat aki tidak bisa mengalirkan tenaga listrik ke bagian starter untuk menyalakan mesin motor karena kekurangan daya.
Ada beberapa hal yang menjadi penyebab aki motor tidak bisa mengisi.
Inilah alasan utama mengapa motor matic tidak bisa menyala walaupun sudah di starter tangan ataupun diengkol.
Untuk mengatasinya, Anda bisa mencoba charge ulang aki motor atau menggantinya dengan aki baru.
2. Kabel Aki Putus atau Longgar
Kabel aki berfungsi untuk menghubungkan aki dengan komponen-komponen lain pada motor matic.
Jika kabel aki putus atau longgar, maka arus listrik tidak akan dapat mengalir ke komponen-komponen tersebut, sehingga motor matic tidak akan bisa distarter.
Untuk memperbaikinya, cobalah untuk menyambung bagian kabel aki yang putus menggunakan isolasi.
3. Kunci Kontak Jebol
Kunci kontak berfungsi untuk mengaktifkan sistem kelistrikan pada motor matic. Jika kunci kontak rusak, maka motor matic tidak akan bisa dinyalakan walau di starter ataupun di engkol berkali-kali.
Solusinya, Anda harus mengganti rumah kunci kontak dengan yang baru agar sistem magnetic pada motor bisa membuka dan menyalakan mesin motor matic Anda.
4. Lupa Menaikkan Standar
Sebagian besar motor matic memiliki saklar standar yang berfungsi untuk mencegah motor dinyalakan saat berada dalam posisi tertentu, seperti dalam keadaan gigi belum netral.
Jadi, pastikan bahwa standar motor matic sudah dinaikkan agar motor bisa kembali menyala.
5. Motor Starter Mati
Starter motor adalah komponen yang bertanggung jawab untuk memutar mesin secara fisik saat Anda menghidupkan motor matic.
Jika starter motor matic mengalami masalah atau kerusakan, ini dapat menghambat kemampuannya untuk memutar mesin dengan cukup kuat untuk menghidupkannya.
Kerusakan ini biasanya ditandai dengan:
- Adanya bunyi klik berulang-ulang saat mencoba menghidupkan motor.
- Tidak ada suara atau reaksi saat menyalakan motor dengan starter ataupun kick starter.
- Mesin berputar lambat namun tetap tidak bisa menyala.
- Terdengar bunyi mesin berderit.
Baca juga: 8 Cara Mengatasi Motor Mogok dan Berbagai Penyebabnya
6. Clutch Safety Switch Bermasalah
Motor matic dilengkapi dengan saklar kopling (clutch safety switch) yang memastikan motor hanya bisa dihidupkan saat tuas kopling ditarik.
Jika saklar ini bermasalah, motor matic mungkin tidak akan merespons saat tuas kopling ditarik.
Solusinya, Periksa saklar kopling dan pastikan berfungsi dengan baik. Jika saklar rusak, pertimbangkan untuk menggantinya.
7. Sensor Torsi Melemah
Sensor torsi adalah komponen yang mendeteksi putaran mesin dan memberikan sinyal ke sistem kendali untuk mengatur proses pengapian dan bahan bakar.
Sensor torsi pada motor matic berfungsi untuk mendeteksi posisi CVT (Continuously Variable Transmission) dan bisa mempengaruhi kemampuan motor untuk diengkol.
Jika sensor torsi mengalami masalah, sinyal yang diteruskan ke sistem kendali mungkin tidak akurat, yang dapat mempengaruhi proses pembakaran dan membuatnya tidak bisa dinyalakan walau sudah di starter tangan maupun engkol dengan kaki.
8. Sekring Motor Rusak
Fuse merupakan nama lain dari sekring motor yang berfungsi untuk melindungi sirkuit listrik dari arus berlebih atau korsleting.
Jika sekring ini terputus, maka sirkuit yang terhubung dengan sistem pengapian motor tidak akan bisa bekerja dan membuat motor matic tidak bisa dinyalakan dengan cara di engkol ataupun distarter.
Untuk memperbaikinya, Anda harus mengganti komponen sekring motor yang rusak,
9. Busi Kotor
Sebagai sistem pengapian, busi motor berfungsi untuk membakar campuran bahan bakar dan udara di dalam ruang bakar mesin untuk menghasilkan ledakan yang mendorong gerakan piston.
Jika busi kotor atau rusak, proses pembakaran di dalam mesin dapat terganggu, yang pada gilirannya dapat menghambat mesin dari pengapian yang efisien.
Hal Ini dapat mengakibatkan beberapa masalah, termasuk kesulitan dalam menghidupkan mesin melalui starter atau engkol, sehingga membuat mesin motor matic sulit menyala.
10. Oli Mesin Terlalu Kental
Ada berbagai macam jenis oli motor di pasaran. Oli mesin memiliki peran penting dalam melumasi dan melindungi komponen internal mesin, tetapi viskositas oli yang tidak sesuai dengan kondisi suhu tertentu dapat mempengaruhi kinerja mesin.
Saat suhu udara rendah, oli mesin yang terlalu kental dapat menjadi lebih kental lagi, menyebabkan aliran oli yang lambat dan menghambat pergerakan komponen internal mesin.
Ini dapat mempengaruhi kinerja starter motor matic atau engkol, karena mesin membutuhkan lebih banyak tenaga untuk berputar melawan viskositas oli yang tinggi.
11. Karburator Kotor
Karburator adalah komponen yang berfungsi untuk mencampur bahan bakar dan udara.
Jika karburator kotor, maka campuran bahan bakar dan udara tidak akan sempurna, sehingga mesin akan sulit berputar, sehingga motor matic tidak akan bisa distarter ataupun diengkol.
Baca juga: 11 Cara Menyetel Karburator Motor agar Kencang dan Irit Bensin
12. Filter Penuh Debu
Filter udara berfungsi untuk menyaring udara yang masuk ke mesin, membersihkan dari debu, kotoran, dan partikel lain yang dapat merusak komponen dalam mesin.
Jika filter udara kotor atau tersumbat, aliran udara ke mesin akan terbatas, yang dapat mempengaruhi kinerja dan proses pembakaran sehingga menjadi penyebab mengapa motor matic tidak bisa distarter atau diengkol dengan baik
13. Kebocoran Selang Bahan Bakar
Selang bahan bakar berfungsi untuk mengalirkan bahan bakar dari tangki bahan bakar ke karburator.
Jika selang bahan bakar bocor, maka bahan bakar tidak akan dapat mengalir ke karburator, sehingga mesin akan sulit berputar, sehingga motor matic tidak akan bisa distarter.
Sehingga, walaupun Anda berusaha sekuat tenaga untuk menstarter motor atau melakukan engkol dengan kick starter, hasilnya tetap motor tidak akan menyala sampai Anda berhasil menambal kebocoran pada selang bahan bakar.
14. Sistem Injeksi Bahan Bakar Tidak Berfungsi
Sistem injeksi bahan bakar berfungsi untuk menyemprotkan bahan bakar ke ruang bakar dengan jumlah yang tepat dan pada waktu yang tepat.
Jika sistem injeksi bahan bakar rusak, maka mesin tidak akan bisa menyala, sehingga motor matic tidak akan bisa distarter.
Jika Anda sudah mencoba semua cara di atas tetapi motor matic Anda masih tidak bisa distarter dan diengkol, maka Anda perlu membawa motor matic Anda ke bengkel motor terdekat yang bisa ditemukan melalui Moservice.id.