back button

Motor NMAX Tidak Bisa Distarter? Apa Penyebabnya?

Ditulis oleh : moservice,

10 Jun 2025

fbtwitterwhatsapp
Motor NMAX Tidak Bisa Distarter? Apa Penyebabnya?

moservice.id – Yamaha NMAX telah menjadi salah satu motor matic yang digemari di Indonesia, dikenal dengan desain sporty, kenyamanan berkendara, dan teknologi canggih seperti Blue Core dan Variable Valve Actuation (VVA). 

Namun, seperti kendaraan lainnya, NMAX juga bisa mengalami masalah, salah satunya adalah motor yang tiba-tiba tidak bisa menyala. 

Masalah ini bisa sangat mengganggu, terutama saat Anda sedang terburu-buru atau berada di tengah perjalanan yang pasti akan menghabiskan waktu.

Untuk Anda yang masih belum berpengalaman mengatasinya, berikut ini penyebab motor NMAX yang tidak bisa menyala sama sekali.

1. Aki Motor Lemah atau Soak

Aki adalah komponen vital yang menyuplai daya untuk menyalakan mesin melalui starter elektrik, mengaktifkan sistem injeksi, dan menjalankan fitur kelistrikan seperti lampu dan klakson. 

Karena NMAX tidak dilengkapi kick starter, masalah aki menjadi salah satu penyebab utama motor tidak bisa menyala.

Aki yang tegangannya di bawah standar (sekitar 12.4V dalam kondisi mati, dan naik saat mesin menyala) bisa menyebabkan sistem kelistrikan NMAX tidak berfungsi optimal, bahkan jika lampu indikator menyala. NMAX, dengan segala kecanggihan sensor dan injeksinya, sangat sensitif terhadap fluktuasi tegangan.

Gejalanya

  • Saat tombol starter ditekan, tidak ada respons atau hanya terdengar suara “klik” lemah.
  • Lampu dashboard redup atau mati.
  • Klakson terdengar pelan atau tidak berbunyi sama sekali.

2. Terminal Berkarat/Longgar

Pernahkah Anda memeriksa terminal aki? Korosi putih atau baut yang kendur bisa menghambat aliran listrik secara signifikan, seolah-olah aki Anda kosong padahal tidak. Ini sering luput dari perhatian.

Masalah pada terminal aki bisa menghambat aliran listrik sehingga membuat starter motor tidak bisa menyala atau terhubung dengan sumber listrik.

3. Regulator/Rectifier Bermasalah

Jika regulator bermasalah, aki tidak akan terisi dengan baik, meskipun Anda sering berkendara. 

Gejala awal bisa jadi lampu redup atau klakson tidak nyaring. Ini seringkali menjadi biang keladi aki yang cepat tekor berulang kali.

4. Sekring Utama Putus

Sekring utama berfungsi melindungi sistem kelistrikan motor dari arus berlebih. Pada Yamaha NMAX, terutama model Connected, sekring yang putus sering menjadi biang kerok motor tidak bisa menyala.

Motor tidak memberikan respons sama sekali saat tombol starter ditekan, meskipun dashboard menyala dan fitur Y-Connect pada NMAX Connected tidak berfungsi.

5. Sensor Standar Samping Kotor atau Rusak

NMAX dilengkapi dengan side stand switch, fitur keamanan yang mencegah motor menyala jika standar samping dalam posisi turun. 

Namun, kotoran atau kerusakan pada sensor ini sering menyebabkan motor sulit menyala. Hal ini bisa diketahui dari ciri:

  • Motor tidak bereaksi saat tombol starter ditekan, meskipun standar samping sudah dinaikkan.
  • Motor mati mendadak saat standar samping diturunkan, terutama pada model 2020 ke atas.

Baca juga: 11 Penyebab Tensioner Motor NMAX Rusak

6. Sistem Pengapian Bermasalah

Sistem pengapian, termasuk busi, koil, dan kabel pengapian, bertanggung jawab menciptakan percikan api untuk membakar bahan bakar. Gangguan pada komponen ini dapat mencegah mesin menyala.

Gejala bisa dilihat dari:

  • Starter berputar, tetapi mesin tidak menyala.
  • Mesin brebet atau mati mendadak sebelumnya.
  • Bau bensin tercium dari knalpot (akibat bahan bakar tidak terbakar).

7. Gangguan pada Sistem Injeksi

NMAX menggunakan sistem injeksi bahan bakar yang dikendalikan ECU, membuatnya lebih efisien tetapi juga rentan terhadap masalah teknis.

Apabila terjadi masalah pada sistem injeksi, maka:

  • Mesin tidak menyala meskipun starter berfungsi.
  • Lampu engine check menyala.
  • Performa mesin menurun sebelumnya, seperti akselerasi lelet atau suara tidak stabil.

8. Switch Rem

NMAX memiliki switch pengaman di tuas rem. Mesin tidak akan menyala jika salah satu tuas rem tidak ditekan. 

Kadang, switch ini kotor atau macet, menyebabkan sistem tidak membaca bahwa rem sudah ditekan. Coba tekan kedua tuas rem dengan kuat saat menekan tombol starter.

9. Motor Starter yang Lelah

Motor starter adalah komponen yang bertugas memutar crankshaft saat pertama kali mesin dihidupkan. 

Jika motor starter bermasalah (brush habis, lilitan terbakar), ia tidak akan mampu memutar mesin. Biasanya akan terdengar bunyi “tek” tapi mesin tidak berputar, atau bahkan tidak ada suara sama sekali.

Baca juga: Bagaimana Cara Mereset Oli Motor Nmax dengan Mudah dan Benar? Begini Tipsnya

10. Bendik Starter (Relay Starter) Tidak Menyala

Komponen ini berfungsi sebagai saklar otomatis yang menyalurkan arus besar dari aki ke motor starter. 

Jika bendik rusak, ia tidak akan mengalirkan listrik, meskipun tombol starter ditekan. Anda mungkin akan mendengar bunyi “klik” dari bendik, tapi motor starter tidak berputar.

11. Sensor Crankshaft (CKP) Rusak

Sensor CKP memberitahu ECU posisi crankshaft untuk menentukan waktu pengapian dan injeksi bahan bakar.

Jika sensor ini rusak atau kotor, ECU tidak akan mendapatkan informasi yang benar, sehingga mesin tidak akan menyala. Gejala lain bisa jadi mesin sulit hidup saat panas.

12. Pompa Bahan Bakar (Fuel Pump) Tidak Berfungsi

Anda sudah memutar kunci “ON” dan mendengar dengungan halus? Itu suara fuel pump yang sedang bekerja. 

Jika tidak ada suara ini, kemungkinan fuel pump bermasalah atau relay-nya rusak. Tanpa suplai bahan bakar yang cukup, mesin tidak akan menyala.

13. Throttle Body (TB) Kotor 

Penumpukan karbon di throttle body, terutama di area katup gas dan sensor TPS (Throttle Position Sensor), bisa mengganggu aliran udara dan pembacaan sensor, sehingga mesin sulit menyala atau idle tidak stabil.

14. ECU Error

Ini adalah skenario terburuk dan paling jarang terjadi, tetapi ECU (Engine Control Unit) yang mengalami kerusakan internal atau software glitch bisa menyebabkan berbagai masalah, termasuk mesin yang tidak mau menyala. 

Biasanya ini disertai dengan munculnya kode error di panel display motor.

Untuk mengatasi masalah ini, Anda bisa membawanya ke bengkel motor.

Moservice.id sebagai plaftorm booking bengkel motor secara online, bisa membantu mencarikan rekomendasi bengkel motor terdekat untuk mengatasi masalah motor NMAX Anda agar kembali hidup normal.

Pilih area / Kota

Pilih Merek
Jenis Bengkel

Bengkel Rekomendasi

Moservice Logo

Promo

Tentang Moservice

Gabung Jadi Mitra

Artikel

Kebijakan Privasi

Pertanyaan Umum

Hubungi Kami

[email protected]

(021)3190 2000

icon_facebookicon_youtubeicon_instagramicon_tiktok