back button

Mengaktifkan Parking Brake Terlalu Lama Bisa Bikin Kampas Rem Copot, Gimana Kalau Terlanjur Kejadian?

Ditulis oleh : Danang Setiaji,

06 May 2024

fbtwitterwhatsapp
Mengaktifkan Parking Brake Terlalu Lama Bisa Bikin Kampas Rem Copot, Gimana Kalau Terlanjur Kejadian?

moservice.id – Rem parkir atau parking brake merupakan fitur keamanan yang disediakan pabrikan mobil agar kendaraan tetap diam meski sedang parkir di bidang yang landai. Meski begitu, menggunakan rem parkir terlalu lama justru bisa membuat kampas rem copot. Kok bisa?

Perlu diketahui, cara kerja rem parkir ini sangat sederhana. Saat tuas ditekan, rem belakang akan mengunci sehingga mobil tidak bisa bergerak sendiri. Namun jika terlalu lama aktif, rem parkir justru bisa membahayakan karena kampas rem bisa copot dari pelat atau besi pemegangnya.

Masalah ini biasanya akan muncul pada mobil yang menggunakan rem belakang tromol yang memang memiliki bidang kontak yang lebih panjang ketimbang rem cakram.

Saat rem parkir ini aktif, sudah tentu kampas rem akan menempel kuat dengan bagian dalam tromol yang berfungsi untuk membuat mobil tetap diam. Risikonya, jika terlalu lama menempel dengan tekanan yang sangat tinggi, justru kampas rem akan lengket pada tromol, dan bisa copot saat dipaksa melaju.

Risiko kampas rem copot ini akan makin tinggi jika kondisi rem parkir yang digunakan dalam kondisi basah. Makanya, saat rem dalam kondisi basah dan akan parkir dalam waktu yang cukup lama, sebaiknya mobil diganjal saja dengan balok kayu atau batu yang kuat.

Lalu, bagaimana jika terlanjur kejadian? Kalau rem menempel di tromol meskipun tuasnya sudah dibuka, sebaiknya jangan memaksakan menggerakan mobil. Solusinya, tekanlah tombol pada tuas rem parkir sambil mengangkat tuas rem dengan kuat. Setelah itu, turunkan tuas remnya dengan sangat cepat.

Jika dalam percobaan pertama gagal, lakukan trik ini secara berulang hingga kampas rem terlepas dari tromolnya. Kalau masih belum berhasil, sebaiknya ganjal mobil dengan batu atau balok kayu di kedua sisi bannya, kemudian buka ban dan berusahalah melepaskannya.

Baca juga: Daftar Aksesoris Mobil yang Bakal Membantu Selama Menempuh Perjalanan

Setelah itu, segera ganti kampas rem, terlebih jika kampas rem sudah terlihat menipis. Namun jika cara ini dirasa cukup ribet, lebih baik panggil teknisi resmi dari bengkel agar penanganannya lebih tepat.

Pilih area / Kota

Pilih Merek
Jenis Bengkel

Bengkel Rekomendasi

Moservice Logo

Situs Booking Service Kendaraan

facebook-icontwitter-iconinstagram-icon
Apa itu moservice.id?

Moservice.id adalah situs bagi pengendara mobil dan motor untuk pemesanan servis yang dilakukan secara daring dipersembahkan untuk Nasabah Adira Finance. Moservice.id bekerjasama dengan lebih dari 2300 bengkel yang tersebar di wilayah Indonesia.

Butuh Bantuan?

(021) 3190 2000