back button

Ternyata ini Penyebab Speedometer Mobil Mati dan Cara Memperbaikinya

Ditulis oleh : moservice,

31 Aug 2022

fbtwitterwhatsapp
Ternyata ini Penyebab Speedometer Mobil Mati dan Cara Memperbaikinya

moservice.id – Speedometer merupakan alat ukur kecepatan laju kendaraan yang bisa memberitahu kita seberapa cepat akselerasi mobil dalam satuan km/jam.

Sebagai pengemudi, tentu kita harus memperhatikan batas kecepatan maksimal yang bisa digunakan saat berkendara di jalan biasa untuk menghindari kecelakaan lalu lintas.

Namun, apa yang terjadi bila ternyata speedometer mobil rusak atau mengalami error? Tentu, kita tidak bisa mengetahui berapa rpm kecepatan yang digunakan saat itu.

Ada beberapa hal yang menjadi penyebab terjadinya speedometer mobil mati atau tidak berfungsi dengan baik.

1. Masalah Sistem Kelistrikan

Untuk melihat apakah sistem kelistrikan speedometer bermasalah atau tidak, Anda bisa mengukur arus tegangan menggunakan voltmeter atau melihat jalur kabel di dalam speedometer mobil secara langsung. 

Kemungkinan terdapat jalur atau kabel yang putus, namun bisa juga karena kabelnya lepas. Untuk mengatasinya, Anda hanya perlu menyambung kembali kabel yang terlepas.

Namun, apabila kabelnya putus, maka harus menggantinya dengan kabel baru agar speedometer bisa kembali menyala.

Baca juga: Mau Tahu Gimana Caranya Merawat Speedometer Mobil? Coba Praktikkan Tips Berikut

2. Vehicle Speed Sensor Tidak Berfungsi

Setelah memastikan sistem kelistrikan tidak ada masalah, Anda bisa lanjut mengecek pada bagian Vehicle Speed Sensor.

Apakah sensornya berfungsi dengan baik atau tidak? Karena selain kabel sistem kelistrikan, penyebab speedometer mati juga bisa disebabkan dari kerusakan sensor kecepatan mobil.

Beberapa penyebabnya bisa dari bagian soket yang longgar, komponen aus, hingga sensor yang sudah rusak.  Untuk memperbaikinya, Anda bisa menggantinya dengan speedometer baru agar tidak lagi muncul masalah yang sama. 

3. Panel Speedometer Rusak

Salah satu tanda speedometer mobil rusak bisa diketahui dari jarum penunjuk angka kecepatan yang tidak bergerak sama sekali. 

Untuk memastikan kerusakan yang dialami panel speedometer, Anda bisa menggunakan scan tool untuk melihat komponen speedometer mana yang mengalami kerusakan dan harus diganti.Itulah beberapa penyebab speedometer mobil yang tidak mau menyala. Bila Anda merasa kesulitan untuk memperbaikinya sendiri, Anda bisa menggunakan layanan home service dari Moservice yang bisa memudahkan Anda mendapatkan tenaga mekanik professional dan terdekat dari rumah.

Moservice Logo

Situs Booking Service Kendaraan

Apa itu moservice.id?

Moservice.id adalah situs bagi pengendara mobil untuk pemesanan servis yang dilakukan secara daring persembahan dari Adira Finance. Moservice.id bekerjasama dengan lebih dari 1500 bengkel yang tersebar di wilayah Indonesia.

Butuh Bantuan?

(021) 3190 2000