back button

Baterai Remote Keyless Habis Lalu Mobil Tidak Bisa Dibuka? Begini Cara Mengatasinya

Ditulis oleh : moservice,

30 Jan 2024

fbtwitterwhatsapp
Baterai Remote Keyless Habis Lalu Mobil Tidak Bisa Dibuka? Begini Cara Mengatasinya

momobil.id – Beberapa mobil kekinian sudah menggunakan teknologi smart entry alias keyless untuk membuka pintu dan menyalakan mesin.

Hal ini tentunya memudahkan pengemudi untuk mengakses ke dalam mobil, sehingga tak lagi membutuhkan anak kunci.

Salah satu hal yang menjadi kekhawatiran bagi penggunanya yaitu bagaimana menyalakan kendaraan saat baterai remote keyless sedang habis.

Pasalnya, kegiatan membuka pintu dan menyalakan mesin membutuhkan peran remote tersebut.

Saat akan membuka pintu, pengguna harus menekan tombol hitam pada gagang pintu dengan syarat remote harus berada dekat dengan mobil (misalnya dikantungi oleh pengguna).

Pintu bisa terbuka karena fitur keyless entry memanfaatkan sinyal dari transmitter (remote) yang berhubungan dengan receiver yang ada di mobil.

Ketika pengemudi masuk ke dalam mobil, pengemudi tentu tidak bisa menyalakan mesin dengan kunci konvensional.

Fitur start stop engine pada mobil menggantikan rumah kunci.

Baca Juga: Sebelum Api Berkobar, Kenali Ciri-ciri Mobil yang Bakal Terbakar

Cara Membuka Kunci Mobil Saat Baterai Remote Keyless Habis

Pemilik mobil tetap bisa masuk dengan cara manual yakni membuka pintu dengan anak kunci yang letaknya menyatu dengan remote.

Untuk menggeluarkan anak kunci, pengguna bisa mencari tombol kecil yang biasanya terletak di bagian belakang atau atas remote.

Namun cara ini dilakukan jika baterai sudah benar-benar habis. Apabila baterai masih ada namun sudah lemah, remote masih bisa mengirimkan sinyal ke mobil bila jaraknya cukup dekat. 

Lalu, Bagaimana Cara Menyalakan Mesin Mobilnya?

Ketika sudah masuk ke mobil, bagaimana cara menyalakan mesinnya? Caranya ternyata cukup mudah.  

Pengemudi bisa menghadapkan remote keyless ke tombol start stop, maka mobil akan otomatis menyala.

Hal ini terjadi karena mobil dapat mendeteksi kehadiran kunci dan chip immobiliser, sehingga mobil menyala. Namun, hal ini berlaku ketika baterai dalam keadaan lemah.

Dalam kondisi tertentu, bisa jadi cara ini tidak dapat bekerja. Apabila kondisi baterai sangat lemah, pengemudi disarankan untuk mengganti baterai kunci mobil terlebih dahulu agar dapat dinyalakan.

Kenali Penyebab Baterai Remote Bermasalah

Baterai habis merupakan salah satu penyebab remote keyless mobil menjadi bermasalah.

Hal lain yang bisa mempengaruhi kinerja remote keyless yakni adanya gangguan dari lingkungan sekitar tempat mobil diparkir.

Gangguan yang dimaksud seperti adanya frekuensi dari pemancar radio. Akibatnya, pengemudi akan sulit membuka atau mengunci pintu.

Bila masih tidak bisa, segera bawa ke bengkel mobil untuk diperbaiki. Anda bisa menggunakan layanan bantuan booking bengkel dari Moservice.id untuk menemukan rekomendasi bengkel profesional terdekat di kota Anda.

Pilih area / Kota

Pilih Merek
Jenis Bengkel

Bengkel Rekomendasi

Moservice Logo

Situs Booking Service Kendaraan

facebook-icontwitter-iconinstagram-icon
Apa itu moservice.id?

Moservice.id adalah situs bagi pengendara mobil dan motor untuk pemesanan servis yang dilakukan secara daring dipersembahkan untuk Nasabah Adira Finance. Moservice.id bekerjasama dengan lebih dari 2300 bengkel yang tersebar di wilayah Indonesia.

Butuh Bantuan?

(021) 3190 2000