back button

Mengapa Mobil Kekinian Banyak yang Beralih Menggunakan Busi Iridium?

Ditulis oleh : moservice,

15 Dec 2021

fbtwitterwhatsapp
Mengapa Mobil Kekinian Banyak yang Beralih Menggunakan Busi Iridium?

moservice.id – Busi merupakan salah satu komponen penting pada mobil agar mesin bisa dinyalakan. Namun apakah kamu tahu bahwa material yang digunakan pada busi bermacam-macam? Salah satu material yang digunakan pada busi adalah iridium.

Busi iridium saat banyak digunakan pada mobil kekinian. Menurut Technical Support PT NGK Busi Indonesia, Diko Oktaviano, alasan banyak kendaraan beraih ke iridium yakni demi menyesuaikan regulasi Euro. “Banyak pabrikan yang saat ini sudah beralih dari busi nikel ke busi iridium untuk kendaraannya agar bisa diterima domestik maupun ekspor,” ujar Diko seperti dilansir Kompas.com.

Diko menuturkan, Toyota dan Daihatsu sudah mulai menggunakan iridium sejak mesin berkode NR pada 2015 lalu. “Jadi semua konfigurasi mesin sudah diatur menyesuaikan aturan itu semau. Segala hal yang berkaitan dengan ruang bakar mengikuti,” kata Diko.

Penggunaan busi iridium, ujar Diko, juga membantu mesin menghasilkan emisi yang lebih baik karena pembakarannya lebih sempurna. Secara durability, busi dengan logam mulia lebih tahan dibanding busi standar nikel.

Baca juga: Sebelum Api Berkobar, Kenali Ciri-ciri Mobil yang Bakal Terbakar

Adapun bagi pemilik mobil yang ingin mengganti busi karena busi lama sudah mengalami penurunan performa, sebaiknya menggantinya secara menyeluruh dan tak hanya sebagian. Hal ini karena tiap busi mewakilli kondisi tiap silindernya. Jika salah satu busi mati, tidak disarankan hanya mengganti satu saja, kecuali dalam kondisi darurat.

Pasalnya, keadaan busi amat erat kaitannya dengan kinerja mobil. Kondisi busi yang sudah menurun performanya dapat mengurangi tenaga dan efisiensi bahan bakar.

Jika ganti busi hanya yang mengalami keausan parah saja maka proses pembakaran tidak sama antar busi baru dengan busi lama. Efeknya, tenaga mesin bakal menurun dan dikhawatirkan busi yang lama akan mengalami kerusakan parah ke depannya.

Pilih area / Kota

Pilih Merek
Jenis Bengkel

Bengkel Rekomendasi

Moservice Logo

Situs Booking Service Kendaraan

facebook-icontwitter-iconinstagram-icon
Apa itu moservice.id?

Moservice.id adalah situs bagi pengendara mobil dan motor untuk pemesanan servis yang dilakukan secara daring dipersembahkan untuk Nasabah Adira Finance. Moservice.id bekerjasama dengan lebih dari 2300 bengkel yang tersebar di wilayah Indonesia.

Butuh Bantuan?

(021) 3190 2000