back button

3 Cara Mengecek Aki Mobil Masih Bagus atau Sudah Soak

Ditulis oleh : moservice,

16 Sep 2022

fbtwitterwhatsapp
3 Cara Mengecek Aki Mobil Masih Bagus atau Sudah Soak

moservice.id – Aki merupakan komponen yang berfungsi sebagai sumber listrik dari berbagai komponen mesin mobil. Saat ini, ada begitu banyak jenis aki mobil yang dijual dipasaran.

Bila aki mobil sampai mengalami gangguan, maka dapat dipastikan bahwa kerja komponen elektrik mobil lainnya menjadi terganggu. 

Untuk memastikan bahwa aki masih dalam kondisi baik, Anda perlu memeriksa aki secara rutin. 

Berikut cara mengecek aki mobil apakah masih bagus atau tidak.

1. Menggunakan Voltmeter 

Salah satu cara mengecek aki adalah dengan menggunakan voltmeter. Caranya cukup mudah. 

Pertama, Anda perlu memastikan bahwa mesin mobil dalam kondisi mati. Selanjutnya buka penutup terminal positif aki, kemudian periksa dan bersihkan terminal. 

Sambungkan kabel positif voltmeter ke terminal positif aki, begitu pula sebaliknya. Terakhir amati angka voltase. 

Aki mobil yang masih bagus memiliki arus antara 12,4 hingga 12,7 volt. Jika hasilnya kurang dari 12,4 hal tersebut menandakan aki kurang di charger. 

Sebaliknya jika hasil lebih dari 12,7 volt hal tersebut menandakan bahwa alternator terlalu berlebih dalam melakukan charging. Untuk menguranginya, Anda bisa rutin menyalakan lampu jauh mobil.

Baca juga: Ada Masa Pakainya, Ini Fakta Menarik Seputar Aki Mobil

2. Menggunakan Power Probe 

Mengecek aki tidak selalu menggunakan voltmeter. Anda juga bisa memakai power probe untuk mengetahui kondisi aki mobil masih layak digunakan atau tidak. 

Pada dasarnya, cara mengukur aki menggunakan power probe hampir sama dengan menggunakan voltmeter.

Perbedaannya, setelah Anda memasang kabel negatif pada power probe ke terminal negatif aki, Anda perlu menempelkan ujung power probe ke terminal positif aki. 

Selanjutnya Anda hanya perlu membaca hasil voltase yang ditunjukan oleh power probe. Aki dikatakan normal jika tegangannya berada di antara 12,4 hingga 12,7 volt.

Baca juga: Begini Cara Memperbaiki Aki Kering Dengan Mudah

3. Menyalakan Mesin Mobil

Cara lain untuk mengecek kondisi aki mobil yang sudah soak atau masih bagus dan bisa digunakan adalah dengan menyalakan mesin mobil. 

Untuk mengecek aki dengan cara ini dibutuhkan setidaknya dua orang. Orang yang pertama bertugas menahan pedal gas. Sedangkan, orang kedua bertugas memeriksa penurunan voltase pada aki. 

Ketika pedal gas mobil ditekan dalam keadaan netral (tidak masuk gigi), orang kedua akan memeriksa penurunan tegangan pada aki menggunakan power probe

Aki yang berada dalam kondisi baik menunjukan angka yang tidak lebih rendah dari pada 9,6. 

Jika angka menunjukan kurang dari 9,6 artinya terdapat timbunan sulfat pada aki sehingga tidak dapat menampung dan menerima charging.

Bila sudah seperti ini, Anda sebaiknya mengecas aki mobil di tempat service aki. Jika masih tidak bisa, berarti Anda harus mengganti dengan aki baru.

Anda bisa mendapatkan layanan service ganti aki mobil dengan booking bengkel terdekat langsung dari situs Moservice.id.

Dapatkan promo ganti aki mobil dengan menukar kupon dari situs Moservice.id di berbagai bengkel rekanan yang tersebar di seluruh Indonesia.

Moservice Logo

Situs Booking Service Kendaraan

Apa itu moservice.id?

Moservice.id adalah situs bagi pengendara mobil untuk pemesanan servis yang dilakukan secara daring persembahan dari Adira Finance. Moservice.id bekerjasama dengan lebih dari 1500 bengkel yang tersebar di wilayah Indonesia.

Butuh Bantuan?

(021) 3190 2000