back button

6 Cara Melakukan Dempul Mobil dan Jenis Dempul Mobil

Ditulis oleh : moservice,

18 Oct 2022

fbtwitterwhatsapp
6 Cara Melakukan Dempul Mobil dan Jenis Dempul Mobil

moservice.id – Dempul mobil bertujuan untuk memperbaiki bodi atau lapisan rangka kendaraan yang penyok ataupun catnya terkelupas, sehingga tampilan luar mobil tampak lebih terawat.

Bagi Anda yang ingin melakukan dempul mobil, sebaiknya mengetahui beberapa hal berikut ini.

Jenis Dempul

Ada tiga jenis dempul yang bisa ditemukan yaitu dempul plamir, plastik, dan buatan.

1. Dempul Plamir (Epoxy Putty)

Jenis dempul mobil ini tahan karat dan menempel dengan baik, tetapi butuh waktu lama untuk mengering.

2. Dempul Plastik (Polyester Putty)

Teknik dempul yang kedua adalah menggabungkan dempul plastik atau dempul polyester dengan pasta khusus untuk membuatnya lebih cepat mengeras dan kering.

3. Dempul Buatan (Lacquer Putty)

Yang terakhir adalah dempul buatan dengan mencampur lapisan dasar acrylic resin dan nitrocellulose.

Baca juga: Perbedaan Auto Detailing dan Salon Mobil

Proses Melakukan Dempul Mobil Secara Bertahap

Untuk melakukan dempul mobil, ada beberapa langkah yang harus dipersiapkan.

1. Persiapkan Alat dan Bahan

Anda dapat mulai mempersiapkannya dengan memilih alat dan bahan yang dibutuhkan. Harap dicatat bahwa proses mendempul harus dilakukan di area terbuka yang cukup besar. 

Perlengkapan yang dibutuhkan antara lain berupa masker, penutup wajah, lap atau handuk, batang pengaduk, amplas besi, beberapa wadah dan jangan lupa penggunaan sarung tangan.

Bahan yang digunakan lebih tipis, tetapi cat dasar, pengeras, atau pengeras dempul yang biasanya disertakan dengan dempul. 

2. Bersihkan Body Fiber

Setelah menyiapkan semua alat dan bahan di atas, langkah selanjutnya adalah menyiapkan bagian body fiber lalu di amplas sampai halus. 

Bersihkan permukaan yang berkerut pada unit utama sampai bersih. Pakai kain basah dan kering untuk menghilangkan kotoran.

Pembersihan ini dimaksudkan agar dempul bisa bertahan atau menempel dengan baik serta mampu tahan lebih lama.

Baca juga: Jenis Perawatan Salon Mobil Selain Coating

3. Proses Pendempulan

Langkah selanjutnya adalah menyiapkan jumlah dempul dan hardener yang akan digunakan. 

Segera lakukan pendempulan setelah adonan siap. Hal tersebut dilakukan dengan untuk mencegah bahan dempul terkena angin dalam waktu lama karena nantinya akan kembali mengeras.

Setelah itu, cuci kembali bagian yang akan di crimping. Bersihkan area dempul mobil secara menyeluruh. 

Jika ada penyok atau penyok, permukaannya bisa dihaluskan dengan paku khusus yang biasa digunakan mekanik yaitu paku dolly dan palu. 

4. Lapisi Bagian Dempul

Tahap berikutnya yaitu melapisi bagian dengan hardening dempul atau hardener. Cairan dempul ini bisa dicampur secukupnya di mana campuran dibuat pada tahap persiapan. 

Jangan terlalu banyak menggunakan hardener agar dempul cepat kering. Setelah mencampur dempul dengan pengeras, segera oleskan ke permukaan kendaraan yang ingin didempul.

5. Haluskan Bagian Dempul

Anda bisa mengikis dempul agar dempul menyebar secara merata. Gunakan kuas atau kertas amplas yang lebih kecil dan lebih tebal agar bisa digunakan untuk area yang sulit dijangkau. 

Jangan gunakan alat tajam agar tidak merusak dempul atau menggores bodi mobil. 

6. Biarkan Dempul Mengering

Tunggu hingga setiap lapisan dempul mengering dan ulangi beberapa kali sampai dempul yang dioleskan melapisi bodi kendaraan dengan sempurna.

Konsep cara melakukan dempul mobil ini hampir sama dengan pengaplikasian plester pada dinding sebelum di cat.

Anda  bisa menggunakan jenis dempul sesuai dengan kebutuhan dan keinginan. Selanjutnya, pahami dengan baik bagaimana proses dempul dan bahan apa yang perlu dipersiapkan. 

Bila masih belum terbiasa, disarankan untuk membawanya ke salon bengkel mobil terdekat agar proses dempul mobil bisa berjalan dengan lancar tanpa ada kendala.

Anda bisa mendaftar langsung dari situs Moservice untuk melakukan booking bengkel secara online dan nikmati promo perawatan salon mobil yang bisa digunakan di semua jaringan bengkel resmi Moservice yang ada di seluruh Indonesia.

Moservice Logo

Situs Booking Service Kendaraan

Apa itu moservice.id?

Moservice.id adalah situs bagi pengendara mobil untuk pemesanan servis yang dilakukan secara daring persembahan dari Adira Finance. Moservice.id bekerjasama dengan lebih dari 1500 bengkel yang tersebar di wilayah Indonesia.

Butuh Bantuan?

(021) 3190 2000