back button

Begini 3 Cara Mengisi Freon AC Mobil Sendiri dengan Benar

Ditulis oleh : moservice,

21 Dec 2022

fbtwitterwhatsapp
Begini 3 Cara Mengisi Freon AC Mobil Sendiri dengan Benar

moservice.id – Saat mengendarai mobil, tentu Anda akan menyalakan AC agar suhu di dalam mobil menjadi sejuk. Namun, apa yang akan terjadi bila AC mobil ternyata rusak dan tidak bisa digunakan?

Tentu akan terasa panas dan membuat para penumpang menjadi tidak nyaman.

Suhu dingin yang dikeluarkan ac mobil mengandung senyawa CFC yang dikenal sebagai refrigeran dalam bentuk gas yang digunakan sebagai pendingin untuk menyerap udara di sekitar. 

Fluorokarbon ditandai dengan tidak berwarna dan tidak berbau. Fluorokarbon dingin pada suhu kamar dan sebelum didinginkan akan dapat turun hingga 0 °C, sehingga suhu setelah didinginkan adalah minus. 

Jika AC mobil terasa panas, bukan berarti selalu ada kerusakan. Mungkin hanya freon ac mobil saja yang sudah habis.

Berikut ini cara mengisi freon ac mobil yang sudah habis

1. Kosongkan Freon AC Mobil

Langkah awal yang perlu dilakukan yaitu dengan mengosongkan sisa freon terlebih dulu tujuannya agar freon baru tidak bercampur dengan freon lama. 

Karena pencampuran keduanya bisa berdampak pada kinerja freon. Cara yang perlu dilakukan yaitu memasang manifold gauge atau pengukur tekanan sebagai alat untuk membaca tekanan tinggi atau rendah. 

Alat ini harus ditutup dan dipasang pada selang merah. Sambungkan selang tekanan rendah merah ke sambungan S atau L kompresor AC. 

Kemudian, sambungkan selang tekanan tinggi biru ke sambungan H atau D kompresor AC. 

Setelah selesai, buka katup tekanan tinggi dan rendah agar freon keluar. 

Ketika kedua tekanan turun ke nol dan selang berhenti mendesis, itu adalah tanda penipisan CFC.

Baca juga: Begini 5 Cara Mudah Merawat AC Mobil agar Tetap Sejuk

2. Bersihkan AC dan Vakum Sisa Freon

Sisa freon harus benar-benar dihilangkan. Biasanya masih ada uap air di sistem pendingin udara dan ini juga harus dihilangkan. 

Proses ini membutuhkan ruang hampa dan membutuhkan waktu 15 menit. 

Proses vakum hanya boleh dilakukan saat freon dilepaskan ke udara dan jumlahnya harus mencapai minus 20 psi. Baik pompa vakum dan pengukur tekanan dapat digunakan. 

Caranya dengan membuka katup tekanan rendah dan tinggi. Udara dan uap air kemudian keluar dari sistem. 

Setelah selesai dan angkanya negatif 20 psi, Anda dapat memasang kembali faucet lalu bersih AC mobil dari berbagai kotoran yang masih tersisa. 

3. Ganti Cairan Freon yang Baru

Setelah selesai, saatnya untuk mengisi cairan freon dengan yang baru. Setelah menutup katup tekanan rendah dan tinggi, pompa vakum harus dilepas. 

Siapkan 5-10 cc pelumas dalam toples. Pelumas yang digunakan juga bukan oli motor. 

Kemudian masukkan selang pengukur manifold ke dalam kaca. Mulailah membuka katup tekanan rendah sedikit dan pelumas akan tersedot keluar dari selang. 

Setelah semua pelumas masuk, tutup kran dan tekan tombol di tengah pengukur. 

Cara mengisi freon AC mobil dilakukan untuk memaksimalkan kinerja freon AC dalam mendinginkan interior mobil

Bila Anda masih belum terbiasa mengganti freon ac seorang diri atau memiliki peralatan yang memadai, Anda bisa membawanya ke bengkel service ac mobil terdekat di kota Anda.

Melalui Moservice, Anda bisa menemukan berbagai bengkel mobil profesional yang ada di seluruh Indonesia dengan mudah dan cepat. 

Moservice telah menjalin kerja sama dengan ribuan bengkel rekanan di seluruh Indonesia yang memiliki berbagai layanan service mobil mulai dari cuci mobil, ganti ban, ganti oli, spooring balancing, ganti aki mobil, dll.

Dapatkan berbagai promo service kendaraan dari Moservice sekarang juga!

Moservice Logo

Situs Booking Service Kendaraan

Apa itu moservice.id?

Moservice.id adalah situs bagi pengendara mobil untuk pemesanan servis yang dilakukan secara daring persembahan dari Adira Finance. Moservice.id bekerjasama dengan lebih dari 1500 bengkel yang tersebar di wilayah Indonesia.

Butuh Bantuan?

(021) 3190 2000