back button

Ciri Busi Mobil Bermasalah, Segera Ganti Jika Merasakan Gejala Ini

Ditulis oleh : moservice,

05 Feb 2024

fbtwitterwhatsapp
Ciri Busi Mobil Bermasalah, Segera Ganti Jika Merasakan Gejala Ini

moservice.id – Salah satu komponen penting dalam sistem pembakaran bahan bakar mobil adalah busi. Jika busi bermasalah, maka kinerja mobil bisa terganggu.

Itu sebabnya pemilik mobil sebaiknya mengetahui apa saja ciri busi mobil yang mulai bermasalah.

Seperti komponen lainnya, busi memiliki batas usia pakai. Jika busi sudah tidak normal atau rusak, ada beberapa gejala yang bisa dirasakan oleh pengemudi.

Busi mobil mempunyai usia pakai hingga 20.000 kilometer untuk pemakaian normal. Namun untuk jenis busi iridium, masa pakainya bisa mencapai 100.000 kilometer.

Meski begitu, bukan berarti penggantian busi juga harus menyesuaikan dengan masa usia rata-rata pemakaiannya.

Hal ini karena kondisi mesin setiap mobil juga berbeda-beda. Usia pemakaian busi mobil tak bisa disamakan antara satu mobil dengan mobil lainnya. Busi bisa lebih cepat rusak atau memiliki masa pakai yang lebih lama.

Biasanya jika busi mati atau rusak, mesin mobil akan terasa pincang. Kondiisi ini bisa diketahui pemilik mobil yang biasa menggunakannya karena mesin yang berputar akan terasa seperti tidak seimbang.

Baca juga: Tips Membersihkan Busi Mobil, Bisa Dilakukan di Rumah

Selain mesin yang terasa pincang, hal lain yang dapat dijadikan indikasi busi mati yakni getaran mesin juga akan berbeda dari biasanya. Biasanya, getaran yang dirasakan akan lebih kasar.

Jika mengalami ciri busi bermasalah seperti di atas, pemilik mobil sebaiknya langsung melakukan pengecekan kondisi busi dan jangan menunggu hingga mencapai 20.000 kilometer.

Temukan bengkel langganan kamu dengan mudah tanpa ribet, download aplikasi Adiraku sekarang.

Pilih area / Kota

Pilih Merek
Jenis Bengkel

Bengkel Rekomendasi

Moservice Logo

Situs Booking Service Kendaraan

facebook-icontwitter-iconinstagram-icon
Apa itu moservice.id?

Moservice.id adalah situs bagi pengendara mobil dan motor untuk pemesanan servis yang dilakukan secara daring dipersembahkan untuk Nasabah Adira Finance. Moservice.id bekerjasama dengan lebih dari 2300 bengkel yang tersebar di wilayah Indonesia.

Butuh Bantuan?

(021) 3190 2000