back button

Selain Panas! Ini Ciri-Ciri Kompresor AC Mobil Sudah Rusak

Ditulis oleh : moservice,

30 Aug 2022

fbtwitterwhatsapp
Selain Panas! Ini Ciri-Ciri Kompresor AC Mobil Sudah Rusak

moservice.id – AC mobil memiliki peranan penting untuk memberikan kenyamanan dalam berkendara. Apa yang akan terjadi bila ternyata suhu AC mobil sudah tidak lagi dingin? Tentu, para penumpang akan merasa kepanasan

Apalagi jika harus menempuh perjalanan jauh, pastinya akan menimbulkan ketidaknyamanan. Bila Anda mulai merasa bahwa ac mobil sudah kurang dingin atau merasa suhu di dalam mobil seringkali panas, maka ada indikasi kerusakan pada kompresor ac mobil.

Kompresor merupakan bagian dari sistem pendingin mobil yang berfungsi menyerap udara panas di dalam dan membuangnya ke luar. Lalu, Freon AC mobil akan menggantinya dengan udara baru yang lebih segar.

Dengan begitu, sirkulasi di dalam mobil akan menjadi lebih baik. Namun, perlu diingat juga bahwa komponen ac mobil ini juga bisa mengalami kerusakkan.

Berikut ini berbagai kerusakan kompresor ac mobil yang bisa membuat suhu ruangan jadi lebih panas.

1. Suhu AC Mobil Menjadi Tidak Dingin

Salah satu ciri utama kompresor ac mobil rusak yang bisa dirasakan yaitu suhu ac mobil terasa kurang sejuk atau tidak seperti biasanya. 

Penurunan performa ini akan membuat suhu di dalam mobil jadi lebih panas, sehingga kualitas udara yang dihasilkan juga berkurang.

Bila terus dibiarkan, lama-kelamaan kompresor akan benar-benar rusak dan ac mobil tidak akan bisa digunakan. 

Lalu, bagaimana cara mengatasinya? Anda bisa membersihkan kompresor ac mobil jika memang kotor atau menggantinya dengan kompresor baru jika tidak bisa diperbaiki lagi.

Baca Juga: Kenali Tanda Komponen AC Mobil yang Harus Diganti

2. Suhu AC Mobil Tidak Stabil

Kerusakan pada komponen magnetic clutch mobil bisa membuat suhu ac mobil kadang dingin kadang panas. 

Hal ini ditandai dengan saat awal menyalakan ac mobil, suhu ac masih dingin dan sejuk. Namun, saat sudah menyala beberapa lama, biasanya suhu ac mobil akan meningkat menjadi lebih panas.

Bila terus dibiarkan, maka bisa merusak kompresor ac mobil. Untuk memperbaiki kerusakan magnetic clutch, biasanya dengan mengganti komponen yang baru.

3. Freon AC Mobil Bocor

Ciri kerusakan kompresor ac mobil selanjutnya bisa diketahui dari ada atau tidaknya kebocoran pada freon ac mobil.

Freon ac mobil yang bocor akan membuat cairan pendingin mobil berkurang, sehingga suhu ac mobil menjadi kurang dingin ketika dinyalakan. 

Jika tidak segera ditangani, maka cairan freon akan habis dan ac mobil menjadi tidak dingin.

Selain itu, dampak berkurangnya freon ac mobil juga bisa berpengaruh pada kesehatan, karena bisa menyebabkan iritasi pada mata dan bila terhirup dari mulut bisa menyebabkan sakit tenggorokan.

Lalu, bagaimana cara mengatasi kebocoran freon ac mobil atau refrigerant? Caranya sangat mudah yaitu Anda hanya perlu mengisi ulang freon ac mobil, dengan begitu ac mobil akan kembali dingin.

Namun, jika komponen refrigerant-nya yang rusak, maka Anda harus mengganti dengan freon ac mobil yang baru agar kompresor ac mobil tidak cepat rusak.

Baca Juga: Cara Mudah Merawat AC Mobil agar Tetap Sejuk

4. AC Mobil Mengeluarkan Suara Berisik yang Kasar

Bunyi kasar yang terdengar dari ac mobil saat dinyalakan bisa menjadi salah satu indikasi kerusakan kompresor ac mobil. 

Namun, sebelumnya Anda perlu tahu berbagai penyebab ac mobil bisa mengeluarkan suara berisik.

Suara yang terdengar mirip seperti suara mesin yang bergesekan dengan benda lain, seperti suara “grek”, “grok”, ataupun “tek tek tek” dalam waktu yang cukup lama. 

Bila memang terjadi seperti itu, maka ini merupakan ciri-ciri kompresor ac mobil yang sudah aus.

Untuk memperbaiki kompresor ac mobil yang rusak, Anda mengatasinya dengan beberapa cara, yaitu:. 

Untuk sementara, jangan gunakan ac mobil dulu karena bila dinyalakan pasti akan terus mengeluarkan bunyi berisik. Matikan ac mobil dengan mengubah tombolnya ke posisi Off.

Itulah berbagai ciri-ciri kompresor ac mobil rusak yang bisa diketahui. Bila sudah muncul beberapa tanda atau gejala di atas, sebaiknya segera bawa ke bengkel mobil terdekat untuk diperbaiki.

Moservice.id menyediakan layanan booking bengkel secara online yang bisa Anda pesan secara langsung melalui website.

Dengan begitu, Anda bisa lebih mudah memilih bengkel service ac mobil terdekat. Dapatkan berbagai promo menarik untuk layanan service ac mobil yang Anda pilih.

Moservice Logo

Situs Booking Service Kendaraan

Apa itu moservice.id?

Moservice.id adalah situs bagi pengendara mobil untuk pemesanan servis yang dilakukan secara daring persembahan dari Adira Finance. Moservice.id bekerjasama dengan lebih dari 1500 bengkel yang tersebar di wilayah Indonesia.

Butuh Bantuan?

(021) 3190 2000