back button

Mengenal 5 Jenis Fungsi Busi pada Mobil

Ditulis oleh : moservice,

02 Sep 2022

fbtwitterwhatsapp
Mengenal 5 Jenis Fungsi Busi pada Mobil

moservice.id – Bagi Anda yang memiliki kendaraan mobil kalian pasti tau bahwa keberadaan busi ini sangatlah penting. 

Jika tidak ada busi, maka mesin kendaraan kita tidak bisa menyala dan tidak bisa dijalankan.

Namun, apakah hanya sebatas itu saja fungsi busi pada mobil? Tentu tidak.

Lalu apa saja fungsi dari busi tersebut kita akan bahas dibawah ini.

1. Membakar Campuran Bensin dan Udara

Hal yang harus kita ketahui adalah bahwa busi dipasang untuk melakukan pembakaran bensin yang telah dikompres oleh piston. 

Setelah itu, energi dari hasil pembakaran akan menjadi tenaga untuk menggerakan komponen mesin, sehingga mesin mobil bisa dihidupkan.

Jika busi mobil bermasalah, ada kemungkinan mobil tidak bisa hidup. Untuk mengatasinya, Anda bisa membersihkan busi mobil atau menggantinya dengan busi baru jika memang rusak.

2. Berfungsi Sebagai Aki Cadangan 

Busi juga berfungsi sebagai penyalur tegangan listrik sementara ke komponen. Namun, hal ini tidak bisa bertahan lama karena bukan itulah fungsi busi.

Bila aki mobil mengalami masalah, sebaiknya segera diperbaiki dengan mengisi ulang aki mobil atau menggantinya dengan aki baru.

Anda tidak bisa mengandalkan kelistrikan dari sebuah busi, karena apabila dibiarkan saja pemakaian listrik menggunakan busi, maka tidak menutup kemungkinan umur busi pun akan berkurang dan akan sering melakukan penggantian busi.

Baca juga: Apa Jadinya Jika Pasang Busi Tak Sesuai Spesifikasi Mesin Mobil?

3. Menyalakan Mesin Mobil 

Mungkin salah satu penyebab mesin mobil Anda tidak hidup karena fungsi busi ini adalah untuk menghidupkan mesin dan mengaktifkan sistem tenaga yang dibutuhkan mesin untuk hidup. 

Apabila mesin mobil bermasalah saat dihidupkan, coba cek pada bagian busi mobil apakah kotor atau tidak. 

Untuk melepaskannya, Anda bisa menggunakan kunci busi yang sesuai.

Perlu diketahui ada berbagai jenis kunci busi mobil, jadi pastikan agar tidak salah dalam menggunakannya. Perhatikan kesesuaian jenis busi dan ukuran kunci busi.

Bila kotor, bersihkan busi dan kembali nyalakan mesin mobil. Mesin mobil yang masih bagus memiliki bunyi yang lembut dan saat dijalankan tidak sendat-sendat. 

4. Mengalirkan Arus Listrik ke Komponen Mesin Mobil

Anda pastinya sudah pernah menguji suatu kelayakan busi, apakah busi tersebut masih bagus fungsinya atau sudah tidak. 

Biasanya percikan busi apabila didekatkan ada logam, dan di mana mesin dihidupkan. Bahwa hal ini menandakan bahwa busi Anda masih bagus. Karena percikan tersebut terjadi karena temperatur yang terjadi saat pembentukan listrik.

Baca juga: Cek Masalah pada Mesin Bisa Dilihat dari Warna Busi

5. Membuat Mesin Mobil Tetap Stabil

Salah satu fungsi busi mobil yaitu menjaga kestabilan tarikan gas mobil. Tentunya dengan kondisi busi yang masih bagus dan bisa digunakan tidak akan membuat mobil bermasalah saat digunakan berkendara.

Itulah berbagai fungsi busi mobil pada kendaraan. Dengan rutin merawat komponen busi mobil, performa kendaraan akan lebih maksimal dan tidak mudah turun mesin.

Untuk Anda yang membutuhkan bantuan montir mobil, Anda bisa memilih bengkel service mesin mobil dari Moservice yang sudah tersebar di seluruh Indonesia.

Dengan begitu, service mobil jadi lebih mudah dan cepat karena Anda bisa langsung pesan bengkel melalui situs https://moservice.id/

Dapatkan juga berbagai promo service kendaraan untuk berbagai masalah mobil Anda. Yuk, daftar sekarang dari website Moservice.id.

Moservice Logo

Situs Booking Service Kendaraan

Apa itu moservice.id?

Moservice.id adalah situs bagi pengendara mobil untuk pemesanan servis yang dilakukan secara daring persembahan dari Adira Finance. Moservice.id bekerjasama dengan lebih dari 1500 bengkel yang tersebar di wilayah Indonesia.

Butuh Bantuan?

(021) 3190 2000