back button

Mengenal 6 Jenis Wiper untuk Mobil yang Sering Digunakan

Ditulis oleh : moservice,

07 Jul 2023

fbtwitterwhatsapp
Mengenal 6 Jenis Wiper untuk Mobil yang Sering Digunakan

moservice.id – Ketika musim hujan atau saat turun hujan, peran wiper mobil sangat penting guna menjaga visibilitas pengemudi tetap terjaga selama dalam perjalanan.

Wiper mobil berfungsi membersihkan kaca depan mobil dari air maupun kotoran lain yang bisa menghalangi visibilitas saat menyetir.

Untuk itu, Anda harus memastikan apakah wiper mobil masih dalam keadaan yang baik atau tidak.

Jika kebetulan kondisi wiper yang ada sudah tidak optimal, pengemudi perlu memastikan jenis wiper apa yang cocok untuk mobilnya sebelum melakukan penggantian.

Berikut ini berbagai jenis wiper mobil yang bisa digunakan.

1. Wiper Konvensional

Wiper ini terdiri dari braket dan juga karet. Namun saat ini, wiper jenis ini akan sulit ditemukan karena biasanya hanya terpasang di mobil-mobil jenis keluaran lama.

Wiper konvensional ini sudah tidak lagi digunakan pada mobil-mobil keluaran terbaru.

2. Wiper Full-Frame

Jenis wiper full-frame menjadi jenis standar yang biasa digunakan pada banyak tipe mobil pada umumnya.

Wiper ini biasanya dilengkapi oleh gagang besi, sehingga banyak penggunanya yang menganggap bahwa wiper jenis ini memiliki daya tahan yang lebih kuat.

Tak hanya itu, adanya gagang besi juga dianggap bisa mendukung kerja wiper untuk menyapu bersih kotoran yang ada pada kaca.

Namun, keberadaan gagang besi pada wiper ini juga bisa berbahaya jika karet pada wiper sudah menipis.

Baca juga: 4 Cara Merawat Wiper Mobil agar Tetap Awet

3. Wiper Flat-Blade

Wiper jenis ini diklaim memiliki bobot yang cukup ringan. Pasalnya, wiper flat-blade hanya memiliki penyanggah kecil di tengah wiper.

Sebagian besar komponen wiper ini ialah karet, namun terselip besi pipih di dalam wiper untuk memperkuat kerja wiper.

Ada beberapa jenis wiper blade yang ada dipasaran:

Wiper Blade Standar

Ini adalah jenis wiper yang paling umum. Terdiri dari lengan wiper dan pisau karet tunggal yang melekat padanya.

Wiper blade standar biasanya terbuat dari karet yang fleksibel dan dirancang untuk membersihkan kaca depan mobil dengan baik.

Wiper Blade Berganda

Jenis wiper ini memiliki dua pisau karet yang terhubung dengan lengan wiper tunggal.

Dengan adanya dua pisau karet, wiper ini dapat membersihkan lebih luas pada setiap gerakan, meningkatkan kemampuan membersihkan kaca depan mobil.

Wiper Blade Tipe Hidrolik

Berbeda dengan jenis lainnya, tipe wiper ini memiliki lengan wiper yang dilengkapi dengan tabung yang berisi cairan hidrolik.

Ketika wiper diaktifkan, cairan hidrolik didorong ke ujung pisau karet, meningkatkan tekanan dan efektivitas pembersihan.

Wiper Blade Tipe Aero

Wiper blade tipe aero atau flat blade memiliki desain yang lebih ramping dan aerodinamis.

Biasanya terbuat dari karet yang dipoles dan memiliki struktur yang lebih padat, memungkinkan wiper ini untuk menyesuaikan dengan permukaan kaca depan dengan lebih baik dan mengurangi suara yang dihasilkan saat beroperasi.

Wiper Blade Tipe Pegas

Jenis wiper ini menggunakan pegas sebagai mekanisme penggeraknya. Pegas memberikan tekanan konstan pada pisau karet, sehingga dapat meningkatkan kinerja pembersihan dalam berbagai kondisi cuaca.

4. Wiper Refill

Wiper ini tersedia dalam bentuk isi ulang. Saat dirasa karet wiper sudah menipis atau rusak, Anda hanya perlu mengganti bagian karetnya saja.

Namun, Anda pun harus memerhatikan ukuran karet agar tetap sesuai dengan kerangkanya.

5. Wiper Hibrida

Jenis wiper hibridia ini merupakan gabungan antara wiper konvensional dan juga wiper flat-blade yang memiliki komponen braket dan juga holder plastik.

Baca juga: Begini Cara Mengatasi Washer Wiper yang Tersumbat

6. Wiper Frame-Less

Tipe wiper frame-less memiliki bingkai yang terbuat dari bahan plastik, sedangkan karet yang ada pada tipe ini juga memiliki tekstur yang lebih lembut.

Jika pada tipe full frame kaca Anda bisa terkena risiko lecet akibat bingkai besi, pada tipe wiper ini Anda bisa lebih tenang.

Bila terjadi masalah dengan wiper mobil Anda, segera bawa ke bengkel mobil terdekat yang bisa ditemukan melalui Moservice.

Moservice merupakan platform booking bengkel online yang dapat memudahkan para pengguna menemukan bengkel mobil terdekat dari lokasi saat ini.

Pilih area / Kota

Pilih Merek
Jenis Bengkel

Bengkel Rekomendasi

Moservice Logo

Situs Booking Service Kendaraan

facebook-icontwitter-iconinstagram-icon
Apa itu moservice.id?

Moservice.id adalah situs bagi pengendara mobil dan motor untuk pemesanan servis yang dilakukan secara daring dipersembahkan untuk Nasabah Adira Finance. Moservice.id bekerjasama dengan lebih dari 2300 bengkel yang tersebar di wilayah Indonesia.

Butuh Bantuan?

(021) 3190 2000