back button

Tidak Sulit! Begini Konsep Merotasi Ban Mobil

Ditulis oleh : moservice,

28 Jan 2024

fbtwitterwhatsapp
Tidak Sulit! Begini Konsep Merotasi Ban Mobil

moservice.id – Melakukan rotasi ban merupakan cara yang perlu rutin dilakukan dalam rangka memperpanjang usia pemakaian ban.

Pemilik mobil perlu memahami apa fungsi dan bagaimana cara melakukan rotasi ban agar kinerjanya ketika mengaspal tetap maksimal.

Ban merupakan komponen yang dapat aus atau menipis seiring pemakaian karena bergesekan langsung dengan permukaan jalan.

Namun tingkat keausan permukaan ban akan berbeda meski setiap hari roda bergerak secara bersamaan.

Sebagai contoh, ban depan cenderung lebih cepat aus dibanding ban belakang. Hal itu dikarenakan ban depan sering dipakai berbelok atau menapak lebih kuat bila terjadi pengereman.

Baca juga: 5 Cara Merawat Ban Mobil agar Tetap Awet

Kondisi itu secara perlahan mengikis permukaan ban.Karenanya, rotasi ban perlu dilakukan supaya tingkat keausan ban rata pada semua sisi.

Jika level keausan rata, maka performa ban untuk berkendara tetap baik. Ban bisa menapak dengan kuat sehingga keselamatan mengemudi terjaga.

Setelah mengetahui fungsi rotasi ban, selanjutnya adalah memahami cara melakukan rotasi ban.

Biasanya, ban mobil yang lebih cepat aus atau botak yaitu ban mobil bagian depan, terutama bagi mobil–mobil bermesin penggerak roda depan atau FWD (Front Wheel Drive).

Hal ini disebabkan karena ban depan memiliki pekerjaan yang sangat banyak seperti yang dijelaskan di atas.

Baca juga: Mending Pilih Bengkel Umum atau Bengkel Resmi? Ketahui Perbedaannya

Cara Merotasi Ban Mobil

Lalu, bagaimana cara melakukan rotasi ban? Ada perbedaan melakukan rotasi ban antara mobil berpenggerak roda depan (FWD) dengan penggerak roda belakang (RWD).

Mobil FWD

  • Ban depan kanan mundur menjadi ban serep
  • Ban depan kiri mundur menjadi ban belakang kiri
  • Ban belakang kanan maju kedepan menjadi ban depan kiri
  • Ban belakang kiri maju kedepan menjadi ban depan kanan
  • Ban serep bisa menjadi ban belakang kanan

Baca juga: Perbedaan Sistem Penggerak FWD, RWD, AWD, 2WD dan 4WD

Mobil RWD

  • Ban depan kanan mundur menjadi ban belakang kiri
  • Ban belakang kiri maju kedepan menjadi ban depan kiri
  • Ban belakang kanan maju kedepan menjadi ban depan kanan
  • Ban depan kiri masuk menjadi ban serep
  • Ban serep menjadi ban belakang kanan

Untuk semakin memudahkannya, Anda bisa mencoba memahami bagaimana apa itu perbedaan spooring dan balancing ban mobil.

Jika sudah, Moservice.id merupakan layanan booking bengkel secara online yang bisa membantu Anda menemukan bengkel profesional spooring dan balancing terdekat di kota Anda.

Pilih area / Kota

Pilih Merek
Jenis Bengkel

Bengkel Rekomendasi

Moservice Logo

Situs Booking Service Kendaraan

facebook-icontwitter-iconinstagram-icon
Apa itu moservice.id?

Moservice.id adalah situs bagi pengendara mobil dan motor untuk pemesanan servis yang dilakukan secara daring dipersembahkan untuk Nasabah Adira Finance. Moservice.id bekerjasama dengan lebih dari 2300 bengkel yang tersebar di wilayah Indonesia.

Butuh Bantuan?

(021) 3190 2000