moservice.id – Melakukan rotasi ban merupakan cara yang perlu rutin dilakukan dalam rangka memperpanjang usia pemakaian ban. Pemilik mobil perlu memahami apa fungsi dan bagaimana cara melakukan rotasi ban agar kinerjanya ketika mengaspal tetap maksimal.
Ban merupakan komponen yang dapat aus atau menipis seiring pemakaian karena bergesekan langsung dengan permukaan jalan. Namun tingkat keausan permukaan ban akan berbeda meski setiap hari roda bergerak secara bersamaan.
Sebagai contoh, ban depan cenderung lebih cepat aus dibanding ban belakang. Hal itu dikarenakan ban depan sering dipakai berbelok atau menapak lebih kuat bila terjadi pengereman. Kondisi itu secara perlahan mengikis permukaan ban.
Karenanya, rotasi ban perlu dilakukan supaya tingkat keausan ban rata pada semua sisi. Jika level keausan rata, maka performa ban untuk berkendara tetap baik. Ban bisa menapak dengan kuat sehingga keselamatan mengemudi terjaga.
Setelah mengetahui fungsi rotasi ban, selanjutnya adalah memahami cara melakukan rotasi ban. Biasanya, ban mobil yang lebih cepat aus atau botak yaitu ban mobil bagian depan, terutama bagi mobil–mobil bermesin penggerak roda depan atau FWD (Front Wheel Drive). Hal ini disebabkan karena ban depan memiliki pekerjaan yang sangat banyak seperti yang dijelaskan di atas.
Baca juga: Mending Pilih Bengkel Umum atau Bengkel Resmi? Ketahui Perbedaannya
Lalu, bagaimana cara melakukan rotasi ban? Ada perbedaan melakukan rotasi ban antara mobil berpenggerak roda depan (FWD) dengan penggerak roda belakang (RWD). Berikut penjelasan selengkapnya seperti dilansir kiosban.com.
Ilustrasi rotasi ban | Sumber: Kiosban.com
Mobil FWD
Ban depan kanan mundur menjadi ban serep
Ban depan kiri mundur menjadi ban belakang kiri
Ban belakang kanan maju kedepan menjadi ban depan kiri
Ban belakang kiri maju kedepan menjadi ban depan kanan
Ban serep bisa menjadi ban belakang kanan
Mobil RWD
Ban depan kanan mundur menjadi ban belakang kiri
Ban belakang kiri maju kedepan menjadi ban depan kiri
Ban belakang kanan maju kedepan menjadi ban depan kanan
Ban depan kiri masuk menjadi ban serep
Ban serep menjadi ban belakang kanan