back button

Mengenal Fungsi, Jenis, dan Cara Kerja Shift Lock pada Mobil Matic

Ditulis oleh : moservice,

29 May 2024

fbtwitterwhatsapp
Mengenal Fungsi, Jenis, dan Cara Kerja Shift Lock pada Mobil Matic

moservice.id – Sebagian besar mobil matic terbaru disematkan fitur shift lock. Shift lock biasanya terletak di ujung, atau pada bagian bawah transmisi.

Bentuk shift lock biasanya berupa tombol kecil atau lubang. Meskipun tersedia, tidak sedikit pemilik mobil matic yang paham fungsi dari tombol shift lock.

Lantas, apa fungsinya?

Fungsi Tombol Shift Lock

Apa itu Shift lock? Shift lock merupakan tombol yang berfungsi untuk membantu mobil berpindah transmisinya dari P ke N saat ingin memarkir mobil dengan cara paralel.

Kegunaan dari shift lock untuk membebaskan penguncian pada tuas transmisi, sehingga tuas transmisi mobil dapat dipindahkan / digerakkan ketika mesin dalam keadaan mati.

Ketika kunci kontak dicabut dari slot, tuas persneling terkunci dan tidak dapat dipindahkan. Pada beberapa mobil, posisi tuas persneling harus di posisi P atau Park agar mesin bisa dimatikan, dan kunci bisa dilepas.

Jika persneling tidak di posisi P, maka kunci tidak bisa dilepaskan. Transmisi otomatis mengunci girboks dan menahan beban mobil ketika posisi tuas berada pada posisi P.

Baca Juga: Mengenal Fungsi Tombol Overdrive pada Transmisi Matic

Adanya fitur shift lock membantu pengemudi memarkir kendaraan, terutama saat parkir paralel.

Biasanya, fitur ini digunakan pada lahan parkir yang terbatas atau sempit. Saat shift lock dinyalakan, pengemudi disarankan untuk tidak menarik rem tangan.

Pengemudi dapat lebih mudah menggeser posisi transmisi yang diminta ke dalam N atau netral.

Jenis Shift Lock

Ada dua jenis utama mekanisme shift lock, yaitu:

  • Shift Lock Tombol: Jenis ini menggunakan tombol fisik yang terletak pada tuas transmisi itu sendiri. Anda perlu menekan tombol sambil menginjak pedal rem untuk memindahkan tuas dari Parkir (P).
  • Shift Lock Lubang: Jenis ini menggunakan slot atau lubang kecil di dekat tuas transmisi. Anda perlu memasukkan kunci atau alat khusus (seperti key fob) ke dalam slot sambil menginjak pedal rem untuk memindahkan tuas dari Parkir (P).

Cara Penggunaan Tombol Shift Lock

Mengaktifkan fitur shift lock tergolong mudah.

  • Pertama Saat hendak mengaktifkan shift lock, pengemudi dilarang menarik rem tangan.
  • Ketika mesin sudah dalam keadaan mati, tekan tombol shift lock, atau colok anak kunci untuk mengaktifkan shift lock.
  • Kemudian, pengemudi memindahkan transmisi dari posisi P ke posisi N.
  • Ketika kunci sukses dicabut, maka shift lock sudah bekerja. Transmisi akan bisa digerakan secara bebas apabila fitur ini sedang aktif.

Cara Menggunakan Shift Lock Terbaru Model Lubang

Biasanya, mobil keluaran terbaru dengan konsep keyless atau smart key sudah menggunakan model lubang di shift lock mobil.

Untuk menggunakannya sangat mudah:

  • Cukup masukkan kunci mobil ke lubang shift lock, maka shift lock akan aktif secara otomatis.
  • Setelah aktif, jangan gunakan rem tangan karena akan membuat roda mobil terkunci dan mobil tidak akan bisa didorong atau digeser secara manual agar berpindah dari posisinya.
Pilih area / Kota

Pilih Merek
Jenis Bengkel

Bengkel Rekomendasi

Moservice Logo

Situs Booking Service Kendaraan

facebook-icontwitter-iconinstagram-icon
Apa itu moservice.id?

Moservice.id adalah situs bagi pengendara mobil dan motor untuk pemesanan servis yang dilakukan secara daring dipersembahkan untuk Nasabah Adira Finance. Moservice.id bekerjasama dengan lebih dari 2300 bengkel yang tersebar di wilayah Indonesia.

Butuh Bantuan?

(021) 3190 2000