back button

4 Penyebab Alarm Tidak Bunyi Saat Mobil Dikunci

Ditulis oleh : moservice,

22 Sep 2022

fbtwitterwhatsapp
4 Penyebab Alarm Tidak Bunyi Saat Mobil Dikunci

moservice.id – Kini banyak mobil menggunakan remote control sensor bypass sebagai jenis alarm keamanan mobil. Hal ini memungkinkan pengemudi untuk mengunci dan membuka mobil dengan remote.

Namun seringkali pengemudi mengalami alarm mobil yang tidak bunyi saat dikunci atau dibuka. Hal ini bisa berarti terjadinya kegagalan fungsi sistem alarm mobil.

Masalah alarm yang tidak berbunyi ini membuat pengemudi sulit untuk mengetahui apakah mobil sudah terkunci dengan baik, sehingga muncul prasangka apabila terjadi kerusakan pada sistem.

Namun sebelum pengemudi membawa ke bengkel, pengemudi dapat mengecek terlebih dahulu untuk mengetahui penyebab alarm yang tidak bunyi saat mobil dikunci.

1. Rusaknya Alarm Mobil

Penyebab pasti apabila alarm pada mobil tidak bunyi adalah komponen alarm yang rusak. Alarm mobil memiliki banyak rangkaian sistem dan dapat mengalami kerusakan. Kerusakan tersebut dapat terjadi pada bagian module atau sirene.

Ketika module rusak, maka arus listrik pengontrol sirene putus dan menyebabkan alarm yang tidak akan berbunyi atau ketika sirene rusak maka module tidak bisa membunyikan alarm.

Kerusakan pada sirene maupun module alarm juga dapat menyebabkan alarm yang berbunyi terus atau tidak berbunyi sama sekali.

Baca juga: Baru! Begini 4 Cara Mematikan Alarm Mobil Tanpa Remot

2. Baterai Central Lock Habis

Pengemudi dapat mengecek kondisi baterai central lock apabila alarm mobil tidak berbunyi. Ketika baterai central lock habis, mobil tidak akan berbunyi atau berbunyi tanpa berhenti.

Cara mengecek daya baterai central lock yaitu dengan membuka mobil secara manual dengan kunci, apabila dapat dibuka maka kemungkinan baterai central lock sudah habis.

3. Pintu Mobil Masih Terbuka

Kelalaian yang sering terjadi oleh pengguna yaitu pintu mobil yang belum tertutup dengan benar. Hal ini dapat berdampak besar terhadap aktifnya alarm mobil.

Pintu yang belum tertutup dengan benar tidak dapat dideteksi oleh sensor mobil. Oleh karena itu, penting untuk mengecek apakah pintu sudah benar-benar tertutup rapat sebelum mengunci mobil.

Baca juga: Cara Mudah Mematikan Alarm Mobil yang Bunyi Terus-Menerus

4. Mode Valet Masih Berjalan

Alarm pada mobil dapat dibuat dalam mode tidak bersuara apabila pengemudi ingin menggunakan mode valet. mode valet keamanan mobil perlu dilonggarkan karena mobil akan dikemudikan oleh orang lain.

Pada mode ini, bukan hanya alarm mobil tidak akan menyala ketika mobil dikunci, namun lampu indicator pun tidak akan berjalan pada mode ini.

Bagi yang ingin melakukan pengecekan dan service pada komponen mobil, sekarang bisa booking melalui Moservice secara langsung dan dapatkan berbagai promo service kendaraan melalui bengkel rekanan kami yang tersebar di seluruh Indonesia.

Moservice Logo

Situs Booking Service Kendaraan

Apa itu moservice.id?

Moservice.id adalah situs bagi pengendara mobil untuk pemesanan servis yang dilakukan secara daring persembahan dari Adira Finance. Moservice.id bekerjasama dengan lebih dari 1500 bengkel yang tersebar di wilayah Indonesia.

Butuh Bantuan?

(021) 3190 2000