back button

6 Penyebab Mobil Matic Nyentak dan Cara Mengatasinya

Ditulis oleh : moservice,

16 Sep 2022

fbtwitterwhatsapp
6 Penyebab Mobil Matic Nyentak dan Cara Mengatasinya

Bagi Anda yang menggunakan mobil matic hentakan yang terjadi pada mobil Anda tentu sangat mengganggu bahkan mungkin berpotensi membahayakan keselamatan berkendara. 

Untuk memastikan penyebab terjadinya hentakan Anda perlu melakukan pemeriksaan secara menyeluruh, karena penyebab masalah ini tidak bisa langsung ditemukan begitu saja. 

Ada banyak faktor yang menyebabkan terjadinya hentakan ini, berikut berbagai penyebab mobil matic nyentak atau terasa tersendat saat berpindah gigi.

1. Oli Mobil Matic Sudah Kotor

Oli sangat penting untuk melindungi mesin Anda dari kerusakan, karena itulah Anda harus rutin mengganti oli mobil matic Anda. 

Jika Anda lupa mengganti oli, maka mesin Anda bisa mengalami masalah termasuk menyebabkan terjadinya hentakan. 

Hentakan terkait masalah oli terjadi karena transmisi otomatis pada mobil matic menggunakan sistem hidrolik yang menggunakan oli matic untuk mendukung kontrol kerjanya. 

Selain itu, oli yang kotor dapat mengganggu perpindahan gigi otomatis pada mobil matic sehingga terjadi hentakan yang tidak terduga.

Solusinya, Anda hanya perlu mengganti oli transmisi mobil untuk menghilangkan hentakan mobil matik.

2. Komponen Clutch atau Breaker Aus

Penyebab lain dari terjadinya hentakan adalah komponen clutch atau breaker yang sudah aus harus diganti agar tidak mempengaruhi komponen mesin lainnya. 

Clutch dan beaker adalah  komponen dari sistem transmisi otomatis yang terdiri dari susunan plat-plat kopling basah yang terus bergesekan pada kedua komponen ini bekerja. 

Akibat sering terjadinya gesekan antar komponen, susunan plat kopling basah menjadi semakin terkikis dan aus. 

Setelah aus, proses terhubungnya plat otomatis akan terganggu dan menyebabkan terjadinya hentakan.

Bila sudah aus, untuk memperbaiki kondisi mesin mobil matic yang terus nyentak adalah dengan mengganti komponen clutch atau breaker yang menjadi penyebab masalahnya.

Baca juga: Bisa Kerjakan Sendiri di Rumah, Begini Cara Sederhana Merawat Mobil Matic

3. Setelan Kabel Accelerator yang Tidak Tepat

Setelan kabel accelerator kickdown yang tepat sangat berpengaruh pada kinerja transmisi otomatis yang beroperasi secara mekanik, namun transmisi otomatis model ini hanya dimiliki oleh transmisi model lama. 

Untuk mobil matic generasi terbaru, sistem mekanik pada transmisi otomatis seperti ini tidak lagi digunakan. 

Karena itu, bagi Anda yang memiliki mobil matic dengan sistem transmisi terbaru tidak akan mengalami masalah terkait kabel accelerator kickdown.

Bila kendaraan Anda masih termasuk mobil matic jenis lama, Anda hanya perlu menyetel ulang kabel accelerator agar suara menyentak mobil bisa hilang dan tidak muncul kembali.

4. Kerusakan AT Solenoid 

Penyebab hentakan lainnya adalah adanya masalah pada AT Selenoid yang beroperasi secara elektrik dengan dikontrol dari sebuah program dengan perintah TCM atau Transmission Control Module.

AT Solenoid berfungsi untuk mengatur oli matic yang mengalir dalam valve body AT yang berperan dalam mengaktifkan komponen-komponen penggerak seperti clutch dan brake, termasuk hydraulic damper clutch yang berhubungan dengan torque converter

Karena transmisi otomatis dikontrol menggunakan sistem komputer, maka tidak heran jika terganggunya komponen elektrik dapat menyebabkan mobil terhentak bila terdapat gangguan.

Untuk mengatasinya, Anda bisa memeriksa setiap bagian kelistrikan mesin mobil yang berpotensi menyebabkan masalah, mulai dari AT Solenoid, karburator, aki mobil, sirkuit, relay, busi, transistor, kondensator, sistem EFI, bagian audio, chasis mobil, alarm, dsb.

Bila masih tidak menemukannya, Anda bisa menghubungi bengkel rekanan Moservice terdekat untuk menggantinya dengan komponen baru.

5. Oli Transmisi Bocor

Selain oli yang kotor, kebocoran oli transmisi juga merupakan penyebab paling umum mobil matic nyendat saat dibawa berkendara.

Sebelumnya, Anda harus tahu bagaimana cara cek oli mobil untuk mengetahui kadar oli yang tersisa.

Hal ini karena berkurangnya oli di dalam ruang mesin untuk melumasi setiap komponen, sehingga komponen mesin mobil yang bekerja akan lebih cepat aus karena sering bergesekkan.

Selain itu, oli yang tingga sedikit juga membuat putaran mesin tidak bisa mengikuti pergerakkan mobil saat berpindah ke kondisi RPM atau kecepatan tinggi, akibatnya mobil akan terasa tersentak saat memindahkan persneling gigi.

Untuk mengatasinya, Anda harus menambal membersihkan setiap komponen yang terkena oli mesin.

Setelah itu, memperbaiki komponen ruang mesin oli yang bocor atau hanya mengganti sealnya saja.

Namun, jika ada kebocoran di ruang mesin, maka kemungkinan Anda juga harus mengganti tempat oli mesin dengan yang baru agar oli mobil tidak bocor lagi.

Lalu, tambahkan oli baru agar performa mesin mobil bisa kembali normal dan mesin mobil tidak lagi ada hentakan selama digunakan berkendara.

Baca juga: Gunakan Shift Lock! Tutorial Cara Parkir Paralel Mobil Matic untuk Pemula

6. Terjadinya Masalah pada Sistem EFI Mobil

Sistem EFI mobil sangat erat kaitannya dengan sistem AT karena kedua sistem tersebut berhubungan secara langsung satu sama lain. 

Karenanya, jika sistem EFI bermasalah, maka komponen penggerak seperti clutch dan breaker juga akan mengalami masalah. 

Hal inilah yang kemudian memicu terjadinya hentakan pada mobil matic saat sedang digunakan berkendara.

Itulah beberapa faktor yang dapat menyebabkan hentakan pada mobil matic. Mengingat sistem pada mobil matic berbeda dengan mobil manual, disarankan untuk selalu rutin melakukan service mobil di bengkel.

Moservice sebagai salah satu platform penyedia layanan booking bengkel secara online, telah menjalin kerja sama dengan ratusan bengkel di seluruh Indonesia untuk memberikan layanan service mesin mobil dengan harga terbaik.

Dapatkan promo service mesin mobil bagi Anda yang melakukan booking bengkel melalui situs Moservice.id secara langsung. Yuk, tukar langsung kuponnya ke bengkel rekanan terdekat!

Moservice Logo

Situs Booking Service Kendaraan

Apa itu moservice.id?

Moservice.id adalah situs bagi pengendara mobil untuk pemesanan servis yang dilakukan secara daring persembahan dari Adira Finance. Moservice.id bekerjasama dengan lebih dari 1500 bengkel yang tersebar di wilayah Indonesia.

Butuh Bantuan?

(021) 3190 2000