back button

Balancing Ban Mobil: Jenis, Manfaat, dan Cara Melakukannya

Ditulis oleh : moservice,

05 Sep 2022

fbtwitterwhatsapp
Balancing Ban Mobil: Jenis, Manfaat, dan Cara Melakukannya

moservice.id – Jika dilihat dari segi pemakaian, balancing roda mobil memang sangat dibutuhkan. Apalagi di dalam pemakaian jangka panjang, ban mobil akan mengalami keausan, perubahan bentuk, dan kondisi tekanan berbeda.

Jika dirawat dengan baik, kondisi ban mobil yang baik dapat mempertahankan performa kecepatan berkendara agar tetap maksimal. 

Mengapa Balancing Roda Mobil Diperlukan?

Dalam proses balancing ban mobil, semua roda-roda akan diselaraskan dengan memberikan alat khusus di bagian velg serta rem roda mobil. 

Jika tidak dilakukan rutin maka sebagian roda akan lebih cenderung bergetar karena posisinya memang sudah tidak seimbang.

Jika dibiarkan dalam jangka panjang, maka ban mobil akan cepat aus dan membahayakan keselamatan berkendara. 

Proses balancing ban mobil juga membutuhkan sejumlah peralatan seperti alat ukur, amplas, timbel dan timah yang digunakan sebagai pemberat dan pengukur keseimbangan. Nama alat yang sering kali digunakan adalah Wheel Balancer.

Manfaat Balancing Ban Mobil

Jika dilakukan rutin, balancing roda mobil memiliki sejumlah manfaat untuk mobil kesayangan Anda. 

  • Menjaga keawetan ban mobil.
  • Menjaga kestabilan berkendara.
  • Menyelaraskan roda kemudi mobil.
  • Membuat kaki-kaki mobil lebih tahan lama.
  • Menstabilkan setir mobil.
  • Meningkatkan kenyamanan berkendara.
  • Menghindari keausan ban mobil yang tidak merata.
  • Menghemat bahan bakar.
  • Mengurangi suara decitan saat berbelok.

Berapa Harga Balancing Ban Mobil?

Harga balancing roda mobil disetiap bengkel tidak bisa dipastikan sama rata antara bengkel yang satu dengan yang lainnya. Teruma jika membandingkannya dengan bengkel yang ada di kota A dan kota B. 

Biasanya, proses penyeimbangan ban mobil tergantung dari jenis kendaraan dan juga kerusakan ban mobil. Proses balancing ban mobil membutuhkan kejelian dan semakin banyak masalah maka penangananya akan semakin lebih lama. Keakuratan dalam balancing tentu akan membuat kinerja mobil Anda semakin maksimal setelah keluar dari sana.

Akan tetapi, berdasarkan informasi yang dikumpulkan dari tim Moservice dari bengkel rekanan, proses balancing ban mobil mulai dari Rp10.000 per roda mobil. Harga tersebut tentu akan berbeda bila Anda melakukan spooring.

Baca juga: Mengenal Perbedaan Spooring dan Balancing pada Ban Mobil

Jenis Balancing Ban Mobil

Jika dilihat dari jenisnya, balancing roda mobil dibagi menjadi dua jenis yakni balancing statis dan dinamis. Berikut ini perbedaan diantara keduanya.

1. Balancing Statis

Balancing statis merupakan akibat dari gerakan roda naik turun selama perputaran dijalanan. Jika tidak seimbang maka mengakibatkan getaran dan sisi kemudi kendaraan. 

Hal ini bisa dirasakan pengendara ketika berada di sisi kemudi, apakah kondisi ban mobil terlalu ringan atau berat ketika berada di jalanan.

Jika sudah mengalami balancing statis, roda kendaraan akan sangat terasa tidak nyaman selama perjalanan. Getaran yang timbul akan sangat terasa di sisi kemudi. Jika dibiarkan maka pengemudi akan merasakan kondisi berat dari sisi kemudi. 

2. Balancing Dinamis

Sedangkan kedua adalah balancing dinamis. Bagian ini bisa dikatakan tidak meratanya beban pada salah satu bagian ban atau kedua bagiannya. 

Goyangan dan getaran akan muncul bahkan ban akan meliuk ketika berada di jalanan karena terpengaruh tidak seimbangnya kondisi salah satu bagian ban mobil.

Pengemudi bisa memastikan penanganan balancing dinamis ketika berada di jalanan rata. Karena saat itu Anda lebih bisa merasakan beban mobil ada di bagian sisi kanan ban atau di sebelah kiri bahkan kedua sisinya. 

Mengingat kondisi ini begitu sangat terasa karena langsung berkaitan dengan sisi lateral ban dan velg mobil.

Cara Melakukan Balancing Ban Mobil

1. Lepaskan Mur pada Ban Mobil

Anda bisa mulai dengan mendongkrak ban mobil hingga terangkat lalu melonggarkan semua mur yang mengunci ban mobil. Tujuan menggunakan dongkrak agar lebih mudah melakukan penyetelan ban.

2. Bersihkan Velg Mobil

Setelah sisi mobil terangkat, Anda bisa membersihkan setiap sisi ban mobil dari berbagai debu dan kotoran yang menempel menggunakan lap kering dan cairan pembersih khusus.

3. Gunakan Wheel Balancer

Wheel balancer merupakan alat penyeimbang roda mobil. Cara menggunakannya yaitu dengan menarik tuas mesin pada roda.

Biasanya, wheel balancer memiliki 3 sisi, yaitu kiri, tengah dan kanan. Bagian kiri menunjukkan jarak mesin dengan roda, sisi tengah menunjukkan lebar velg mobil, dan bagian kanan menunjukkan diameter velg mobil.

Langkah yang harus dilakukan, pertama lihat angka pengukuran pada sisi kiri, sesuaikan angka pengukuran dengan menekan tombol a+ atau a- hingga mencapai angka ideal untuk balancing ban mobil.

Lalu, cek bagian sisi tengah untuk menyesuaikan lebar dan diameter velg mobil dengan menekan tombol b+ atau b- yang sesuai dengan rekomendasi balancing ban mobil.

Terakhir, cek pada bagian kanan untuk menyesuaikan diameter velg mobil dengan menekan tombol c+ atau c-.

Baca juga: Cara Merawat Ban Mobil agar Awet dan Kinerjanya Tetap Maksimal

4. Sambungkan dengan Pemberat atau Balancer

Saat sudah dilakukan penyesuaian, Anda bisa langsung menggunakan alat pemberat ini untuk dipasangkan kepada ban agar settingan yang sebelumnya sudah dikunci tidak berubah.

5. Cek Kembali Hasil Balancing Roda Mobil

Saat proses kalibrasi sudah selesai, Anda bisa memeriksa kembali hasil balancing roda mobil apakah sudah sesuai atau belum? 

Caranya mudah, yaitu dengan memutar roda mobil dan melihat indikator garis lurus pada roda mobil. Mesin balancer akan menunjukkan hasil tekanan ban setelah dilakukan balancing.

Bila sudah seimbang, Anda bisa masuk ke langkah terakhir. Namun, bila masih belum seimbang, Anda bisa mengulangi langkah pada point nomor 3 dan 4.

6. Pasang Ban Mobil 

Setelah semua proses selesai, Anda bisa melepaskan wheel balancer dan memasang kembali ban mobil ke posisi semula. 

Setelah itu, jangan lupa untuk pasang kembali mur roda mobil. 

Nah, itulah pembahasan lengkap mengenai jenis balancing roda, manfaat dan cara melakukannya. Hubungi Moservice untuk mendapatkan layanan service spooring dan balancing di bengkel rekanan terdekat yang ada di seluruh Indonesia.

Dapatkan promo service spooring dan balancing yang bisa didapatkan saat melakukan pemesanan melalui situs Moservice.id secara langsung.

Moservice Logo

Situs Booking Service Kendaraan

Apa itu moservice.id?

Moservice.id adalah situs bagi pengendara mobil untuk pemesanan servis yang dilakukan secara daring persembahan dari Adira Finance. Moservice.id bekerjasama dengan lebih dari 1500 bengkel yang tersebar di wilayah Indonesia.

Butuh Bantuan?

(021) 3190 2000