back button

6 Cara Membersihkan Filter Udara Motor dengan Mudah

Ditulis oleh : moservice,

26 May 2023

fbtwitterwhatsapp
6 Cara Membersihkan Filter Udara Motor dengan Mudah

moservice.id – Filter udara motor disebut juga penyaring udara berfungsi untuk menyaring aliran udara yang masuk ke mesin agar tidak terkontaminasi dengan debu dan kotoran yang dapat menyumbat sistem pembakaran mesin.

Walaupun memiliki peran yang penting, namun masih ada beberapa orang yang jarang sekali membersihkan filter udara motor.

Bila komponen penyaring udara penuh dengan kotoran, maka hal ini dapat menyebabkan berbagai masalah, seperti performa motor menurun karena menghambat aliran udara ke mesin, membuat boros bahan bakar, serta bisa menimbulkan potensi kerusakan pada mesin.

Pada umumnya, ada beberapa jenis filter motor yang biasa digunakan, yaitu filter basah, filter kering dan juga filter busa. 

Penggunaannya tergantung spesifikasi mesin yang sudah diatur oleh pabrikan motor tersebut.

Bagi Anda yang ingin mencoba membersihkannya sendiri, berikut langkah-langkah yang bisa dilakukan untuk merawat dan membersihkan filter udara motor.

1. Siapkan Peralatan

Untuk membersihkan filter udara motor, diperlukan beberapa alat khusus:

  • Cairan khusus pencuci filter udara.
  • Kain bersih atau lap microfiber.
  • Ember untuk menampung air.
  • Sarung tangan pelindung.
  • Sikat gigi dengan permukaan bulu yang lembut.

2. Matikan Mesin Motor

Pastikan motor dalam keadaan mati dan suhu mesin sudah dingin untuk menghindari terjadinya korsleting pada komponen kelistrikan motor. 

Umumnya, Anda bisa menemukan lokasi filter udara motor disekitar busi atau ruang intake mesin motor.

Perlu diingat bahwa setiap merk motor mungkin memiliki desain penempatan yang berbeda, bila Anda belum menemukannya. Cobalah untuk membaca buku panduan teknis motor Anda. 

3. Keluarkan Filter Udara

Setelah berhasil menemukannya, cobalah untuk mengeluarkannya dengan hati-hati. Berikut ini panduan yang bisa diikuti dengan mudah.

  • Buka penutup filter udara menggunakan kunci pas atau obeng.
  • Perhatikan dengan seksama cara filter udara terpasang, serta arah aliran udara yang tertera pada filter untuk memudahkan pemasangan kembali.
  • Pastikan untuk memisahkan baut atau sekrup penutup filter udara dengan baut komponen lainnya agar tidak tertukar.

Baca juga: Apa Itu Inreyen Motor dan Bagaimana Cara Melakukan Inreyen pada Motor Baru?

4. Mulai Bersihkan Filter Udara Motor

Saat Anda sudah mengeluarkan filter udara, selanjutnya bisa mengikuti langkah-langkah berikut.

  • Periksa kondisi filter udara, jika filter udara yang digunakan jenis kering dan hanya terdapat debu ringan atau kotoran yang menempel, Anda dapat membersihkannya tanpa menggunakan cairan pencuci filter udara tanpa membasahi dengan air.
  • Gunakan sikat lembut untuk membersihkan kotoran dan debu yang menempel pada filter udara. Pastikan Anda membersihkan setiap sisi filter secara merata. 
  • Biasanya, motor keluaran terbaru sudah menggunakan filter udara tipe basah yang mana bila terkena air, maka akan sulit untuk membersihkan debu dan kotoran yang sudah menempel. Untuk membersihkannya, maka Anda harus mengeringkannya dulu atau mengganti dengan filter udara baru.
  • Disarankan untuk tidak mencuci filter udara dengan cara merendam di air atau menggunakan selang untuk menyiramnya, karena justru bisa merobek jaringan filter udara dan membuatnya bocor.

5. Keringkan dan Pasang Kembali Filter Udara

Biarkan filter udara kering secara alami. Jangan menggunakan sumber panas seperti pengering rambut atau sinar matahari langsung, karena hal tersebut dapat merusak filter.

Bila sudah benar-benar kering, pasang kembali filter udara dengan hati-hati ke tempat asalnya. Pastikan penyaring udara dan bautnya terpasang dengan baik agar tidak mudah lepas. 

Terakhir, pasang penutup filter udara kembali dengan rapat dan pastikan tidak ada celah yang dapat memungkinkan udara kotor masuk.

6. Lakukan Pengecekkan Ulang

Setelah memasang kembali filter udara, pastikan semua koneksi terpasang dengan baik dan rapat. 

Selain itu, Anda juga bisa mengeceknya dengan cara mendengar apakah ada suara mesin yang tidak normal atau tidak. 

Hal bisa terjadi karena aliran udara tidak dapat bersirkulasi dengan baik sehingga menyebabkan adanya hambatan dalam ruang mesin dan menghasilkan suara bising dari dalam.

Jika tidak ada, Anda bisa mencoba mengetes ulang dengan cara menjalankan motor dan melihat apakah ada penurunan performa kecepatan pada tarikan gasnya atau tidak.

Bila semua normal, maka tidak ada masalah dengan filter udara motor. Namun, jika dirasa motor menjadi tidak normal, sebaiknya ganti filter udara atau bawa ke bengkel motor tedekat untuk dicek lebih lanjut. 

Manfaat Membersihkan Filter Udara Motor Secara Rutin

Jika Anda sering menggunakan motor untuk bepergian, disarankan untuk membersihkan filter udara agar kotoran dan debu tidak terakumulasi lebih cepat.

Selain itu, jika Anda mengalami gejala seperti penurunan kinerja mesin, peningkatan konsumsi bahan bakar, atau suara mesin yang tidak normal, maka itu juga bisa menjadi pertanda untuk membersihkan filter udara motor.

Disarankan juga untuk membersihkan filter udara setiap melakukan service 3-6 bulan sekali, tergantung tingkat pemakaian dan usia motor.

Berikut ini berbagai manfaat membersihkan filter udara motor.

1. Meningkatkan Kinerja Mesin Motor

Filter udara yang bersih dan bebas dari kotoran memungkinkan aliran udara yang lancar ke mesin, meningkatkan pembakaran dan kinerja kendaraan secara keseluruhan.

Baca juga: 11 Cara Menyetel Karburator Motor agar Kencang dan Irit Bensin

2. Menghemat Bahan Bakar

Dengan membersihkan filter udara yang kotor, maka bisa membantu aliran udara agar mengalir dengan baik dan membuat bahan bakar lebih efisien digunakan oleh mesin. 

3. Melindungi Komponen Mesin

Filter udara yang bersih melindungi komponen mesin dari kotoran dan partikel yang dapat menyebabkan kerusakan pada komponen katup dan ruang pembakaran.

Dengan menjaga filter udara dalam kondisi bersih, Anda dapat membantu memperpanjang umur mesin kendaraan agar tidak mudah rusak.

Bila Anda mengalami kesulitan untuk membersihkan filter udara motor, Anda bisa menghubungi bengkel service mesin motor terdekat yang bisa di booking langsung melalui situs Moservice.id.

Dapatkan kemudahan booking bengkel secara online dengan lebih cepat. Anda hanya perlu mendaftar di situs Moservice, lalu tinggal memilih bengkel pilihan. Setelah selesai, klik booking sekarang dan Anda sudah datang langsung ke bengkel.

Kami telah menjalin kerja sama dengan lebih dari ratusan bengkel di seluruh Indonesia yang terhubung dalam platform website Moservice, sehingga bisa membantu memudahkan para pengguna untuk menemukan bengkel motor terdekat di lokasi mereka.

Yuk, gunakan Moservice sekarang dan dapatkan berbagai promo service motor menarik untuk Anda.

Pilih area / Kota

Pilih Merek
Jenis Bengkel

Bengkel Rekomendasi

Moservice Logo

Situs Booking Service Kendaraan

facebook-icontwitter-iconinstagram-icon
Apa itu moservice.id?

Moservice.id adalah situs bagi pengendara mobil dan motor untuk pemesanan servis yang dilakukan secara daring dipersembahkan untuk Nasabah Adira Finance. Moservice.id bekerjasama dengan lebih dari 2300 bengkel yang tersebar di wilayah Indonesia.

Butuh Bantuan?

(021) 3190 2000