back button

8 Cara Membersihkan Kaca Lampu Mobil yang Buram

Ditulis oleh : moservice,

19 Feb 2023

fbtwitterwhatsapp
8 Cara Membersihkan Kaca Lampu Mobil yang Buram

moservice.id – Saat berkendara, bukan hanya fokus dan konsentrasi yang dibutuhkan tapi juga visibilitas terhadap area sekitar. 

Terlebih, bila Anda berkendara dalam kondisi gelap atau saat hujan deras. Apabila, visibilitas kurang jelas, hal ini tentu sangat berbahaya karena bisa menimbulkan kecelakaan lalu lintas.

Biasanya, masalah visibilitas ini berasal dari kondisi lampu yang kurang terang dan bagian mika lampu yang buram. 

Untuk lampu yang kurang terang, Anda bisa menggantinya dengan lampu yang baru. Namun, untuk bagian mika lampu Anda bisa mencoba untuk membersihkannya sendiri.

Berikut ini langkah-langkah membersihkan bagian mika kaca lampu mobil agar tidak buram.

1. Siapkan Peralatan

Anda bisa mulai menyiapkan berbagai alat dan bahan yang dibutuhkan, seperti:

  • Cairan pembersih kaca lampu mobil
  • Spons atau kain microfiber 
  • Sikat dengan permukaan halus
  • Kain kering bersih
  • Obeng plus

2. Matikan Mesin Mobil

Sebelum mulai membersihkan, disarankan untuk memastikan kondisi mesin mobil dalam keadaan mati dan tidak menyala sama sekali. Hal ini bertujuan untuk mencegah terjadinya korsleting listrik.

3. Hindari Menggunakan Bahan Korosif

Disarankan untuk tidak menggunakan cairan pembersih kaca mobil yang mengandung bahan abrasif dan korosif yang dapat merusak lapisan permukaan lampu kaca mobil. 

Lalu, jangan menekan terlalu kuat agar kaca mobil juga tidak mudah pecah serta hindari menggunakan lap kotor karena justru akan membuat proses pembersihan menjadi tidak efektif.

Baca juga: Ketahui Fungsi dari Lampu Senja pada Mobil

4. Mulai Bersihkan Bagian Luar Kaca Lampu

Bersihkan kotoran dan debu yang menempel pada permukaan lampu luar menggunakan air bersih, lalu busakan dengan cairan pembersih mika. 

Usap dengan kain microfiber hingga kotoran yang menempel hilang. Pastikan untuk mengelapnya secara searah agar tidak menimbulkan baret ataupun lacet. 

Bila belum hilang, ulangi beberapa kali lalu gunakan sikat lembut untuk menggosoknya. 

5. Bersihkan Bagian Dalam Kaca Lampu 

Jika ternyata yang buram berasal dari bagian dalam, maka Anda harus membuka kaca penutupnya dengan menggunakan obeng plus.

Kendurkan tiap baut, lalu simpan di tempat yang aman agar tidak mudah hilang. Setelah itu, keluarkan bagian mika kaca untuk dibersihkan.

Hindari membersihkan secara langsung bagian kaca lampu mobil tanpa melepasnya dari dudukan. 

Hal ini karena bisa menyebabkan kerusakan secara tidak sengaja pada lampu mobil akibat tidak sengaja tersenggol ataupun terkena tetesan air.

Sebaiknya, bersihkan bagian dalam kaca lampu mobil di luar dan pasang kembali bila sudah benar-benar kering.

Jangan lupa untuk membersihkannya dengan gerakan melingkar atau searah agar tidak meninggalkan bercak atau goresan pada bagian kaca lampu.

Pastikan juga untuk menjangkau sela-sela yang sulit dijangkau, karena umumnya banyak kotoran yang menempel pada bagian sudut ataupun sela-sela kaca lampu.

6. Pasang Kembali Kaca Lampu

Bila semua sudah dibersihkan, saatnya untuk memasang kembali semua komponen kaca lampu mobil sesuai tempatnya. Pastikan untuk tidak salah memasang posisinya.

Baca juga: Mengenal Jenis Soket Lampu Mobil dan Tips Memilihnya

7. Parkir Mobil di Tempat yang Teduh

Usahakan untuk memarkir mobil di tempat yang aman dan tertutup, hal ini untuk mengurangi resiko terkena hujan, debu, kotoran ataupun sinar matahari secara langsung karena dapat membuatnya cepat kusam.

8. Rutin Mencuci Mobil

Agar debu dan kotoran tidak membuat kaca mobil menjadi buram, disarankan untuk rutin mencuci mobil minimal satu minggu sekali. 

Bila dalam cuaca hujan, disarankan untuk membersihkan mobil sehabis digunakan agar noda yang menempel tidak mengeras dan menyebabkan jamur yang sulit dibersihkan.

Bila Anda kesulitan untuk melakukannya, disarankan untuk membawanya ke bengkel mobil terdekat.

Anda bisa menggunakan Moservice sebagai platform booking bengkel secara online untuk menemukan layanan cuci mobil dari bengkel yang paling terdekat dengan lokasi Anda saat ini.

Klaim promo cuci mobil dari Moservice sekarang juga!

Pilih area / Kota

Pilih Merek
Jenis Bengkel

Bengkel Rekomendasi

Moservice Logo

Situs Booking Service Kendaraan

facebook-icontwitter-iconinstagram-icon
Apa itu moservice.id?

Moservice.id adalah situs bagi pengendara mobil dan motor untuk pemesanan servis yang dilakukan secara daring dipersembahkan untuk Nasabah Adira Finance. Moservice.id bekerjasama dengan lebih dari 2300 bengkel yang tersebar di wilayah Indonesia.

Butuh Bantuan?

(021) 3190 2000