back button

Tenang! Begini 5 Cara Mengatasi Kunci Mobil yang Hilang

Ditulis oleh : moservice,

13 Sep 2022

fbtwitterwhatsapp
Tenang! Begini 5 Cara Mengatasi Kunci Mobil yang Hilang

Kehilangan kunci mobil bisa menjadikan pemiliknya merasa bingung bahkan panik. Terlebih jika mereka memang tidak memiliki kunci cadangan. 

Ukuran kunci mobil yang terbilang kecil menjadikannya sering terselip bahkan juga terjatuh tanpa disadari. 

Lalu, apa yang harus dilakukan ketika kunci mobil hilang? Berikut ini cara menemukan kembali kunci mobil yang hilang agar mobil tetap bisa dinyalakan.

1. Gunakan Kunci Serep Mobil

Cara pertama yang kini bisa anda tempuh saat kunci mobil hilang tentu saja dengan menggunakan kunci serepnya. 

Biasanya, produsen mobil akan memberikan 2 – 3 buah kunci mobil, di mana 1 kunci utama dan 1 kunci cadangan yang bisa digunakan ketika kunci mobil utama hilang. 

2. Lakukan Klaim Garansi

Bila mobil yang Anda miliki masih baru dan masuk dalam masa garansi, Anda bisa melakukan klaim kunci mobil hilang ke dealer dan mendapatkan kunci mobil baru tanpa dikenai biaya.

Hal ini merupakan cara paling praktis dan murah untuk mengatasi kunci mobil lama yang hilang.

Baca juga: Baru! Begini 4 Cara Mematikan Alarm Mobil Tanpa Remot

3. Minta Bantuan Ahli Kunci dari Dealer Resmi

Bila Anda tidak memiliki kunci cadangan sama sekali, solusi alternatif lain yang bisa dicoba adalah dengan menggunakan layanan tukang kunci dari dealer mobil resmi.

Tukang kunci merupakan spesialis perbaikan, duplikat, hingga membongkar aneka macam kunci. Mereka bisa membongkar atau menyalakan mobil dengan menggunakan alat khusus.

Biasanya, tukang kunci rekanan dealer atau teknisi langsung dari dealer, Anda akan diberikan kunci baru dengan penggantian biaya service-nya bila mobil Anda sudah tidak lagi masuk dalam masa garansi.

Hal ini juga berlaku bagi mobil yang sudah menggunakan immobilizer, sehingga Anda tidak perlu cemas jika kunci hilang dan mobil tidak bisa dinyalakan sama sekali.

4. Hubungi Pihak Asuransi Mobil

Jika memang mobil yang Anda miliki ini sudah terdaftar pada asuransi kendaraan, maka Anda hanya perlu melakukan klaim asuransi mobil dan pihak asuransi yang akan mengurus kehilangan kunci mobil Anda beserta biayanya ke bengkel. 

5. Service ke Bengkel Mobil

Anda juga bisa menghubungi bengkel terdekat untuk memperbaiki masalah kunci mobil yang hilang entah menggantinya dengan kunci yang sama persis atau mencoba mengganti dudukan kunci mobil bisa dilakukan.

Saat ini, dengan hadirnya situs Moservice.id dapat memudahkan banyak orang untuk melakukan booking bengkel secara online.

Moservice telah menjalin kerja sama dengan ratusan bengkel di seluruh Indonesia untuk membantu para pelanggan mencari bengkel rekanan profesional yang terdekat dari kota mereka.

Baca juga: Baterai Remote Keyless Habis Tak Bisa Buka Mobil? Begini Caranya

Tips Mencegah Kehilangan Kunci Mobil

Untuk mengurangi resiko kehilangan kunci lagi di masa mendatang, sangat disarankan agar Anda membuat beberapa kunci duplikat mobil agar bisa digunakan.

Cobalah untuk membuat duplikat kunci mobil sebanyak 2 sampai 3 buah kunci, sehingga akan lebih aman dan tidak perlu mengeluarkan biaya lebih ketika kunci mobil hilang dan tidak ada serepnya.

Itulah tadi berbagai macam cara yang bisa dilakukan ketika kunci mobil hilang. Dapatkan berbagai tips otomotif lainnya di blog Moservice.

Moservice Logo

Situs Booking Service Kendaraan

Apa itu moservice.id?

Moservice.id adalah situs bagi pengendara mobil untuk pemesanan servis yang dilakukan secara daring persembahan dari Adira Finance. Moservice.id bekerjasama dengan lebih dari 1500 bengkel yang tersebar di wilayah Indonesia.

Butuh Bantuan?

(021) 3190 2000