back button

Cara Merawat Kaki Mobil: Estimasi Biaya dan Rekomendasi Bengkel

Ditulis oleh : moservice,

07 Sep 2022

fbtwitterwhatsapp
Cara Merawat Kaki Mobil: Estimasi Biaya dan Rekomendasi Bengkel

moservice.id – Bagi Anda yang memiliki kendaraan roda empat, tentu sering mendengar istilah kaki mobil. Bagi yang belum tahu apa itu pengertian kaki mobil, yuk cari tahu di sini.

Apa itu kaki mobil? Kaki-kaki mobil adalah rangkaian bagian bawah mobil yang tersusun atas ball joint, bearing, bushing, suspensi / shockbreaker, tie rod, velg, peer, dan roda mobil. 

Semua komponen tersebut tersusun dalam satu rangka mobil, sehingga bisa menopang beban kendaraan dan membuat mobil bisa bergerak maju mundur ataupun berbelok dengan mudah.

Untuk itu pentingnya mengenali berbagai ciri kerusakan kaki mobil dan bagaimana cara merawatnya agar tetap awet.

1. Hindari Jalan Rusak atau Berlubang

Hal pertama yang harus dilakukan untuk membuat komponen kaki mobil lebih awet adalah selalu hindari jalanan yang berlubang. 

Terlalu sering melewati jalanan yang rusak dapat membuat guncangan pada setiap komponen, sehingga bisa membuatnya lebih mudah patah ataupun bergeser. 

Usahakan untuk berkendara di kondisi jalan yang merata agar kondisi kaki-kaki mobil tetap normal.

Bila harus melewati jalanan berlubang atau berkendara di malam hari, disarankan untuk tidak ngebut dan gunakan kecepatan normal serta ikuti peraturan lalu lintas agar tetap aman berkendara.

Dengan begitu, Anda bisa memperkecil kemungkinan komponen kaki mobil rusak dalam jangka waktu dekat.

2. Jangan Membawa Beban Berlebih

Untuk menjaga kondisi shockbreaker, usahakan untuk tidak membawa penumpang atau kapasitas beban melebihi standar pabrikan. 

Jika terus dilakukan dalam jangka panjang, maka shockbreaker mobil bisa rusak dan membuat penumpang di dalamnya menjadi tidak nyaman karena adanya hentakan yang akan terasa selama perjalanan.

Shockbreaker berfungsi untuk meredam hentakan ataupun guncangan akibat jalanan berlubang ataupun polisi tidur.

3. Perhatikan Komponen Bearing Mobil

Bearing berfungsi untuk menjaga keseimbangan mobil dengan cara mengunci setiap komponen agar tetap di tempatnya sekaligus berguna sebagai bantalan roda, agar ban mobil bisa berputar tanpa adanya hambatan. 

Untuk mengetahui apakah ada kerusakan atau tidaknya, bisa dilakukan dengan 2 cara yaitu: 

  • Cek apakah ada suara bising dari ban mobil?
  • Buka ban mobil lalu putar secara manual dan perhatikan apakah ada suara berisik atau komponen yang rusak?

Baca juga: 5 Penyebab Kaki Mobil Bunyi Gluduk-Gluduk dan Cara Mengatasinya

4. Cek Bagian Stabilizer dan Bushing Arm

Kedua komponen ini berperan penting sebagai titik tumpu bagian roda dan lengan pencengkram. Kerusakan pada kedua komponen ini akan menyebabkan suara bergemuruh atau berdecit pada bagian ban mobil.

Bila komponen ini rusak, maka mobil akan sulit dikendalikan. Hal ini tentu sangat berbahaya karena bisa menyebabkan kecelakaan lalu lintas.

Maka dari itu selalu lakukan pemeriksaan rutin di kedua komponen ini. Kerusakan yang masih ringan biasanya masih bisa ditangani oleh pihak bengkel.

Untuk merawatnya, Anda bisa rutin melakukan service dengan membersihkan stabilizer dan bushing arm. Bila sudah rusak, Anda bisa langsung mengganti dengan komponen yang baru.

5. Lakukan Spooring dan Balancing Ban Mobil

Ban mobil merupakan komponen paling sering bergesekan dengan permukaan jalanan. Semakin sering bergesekan, maka ban mobil jadi lebih cepat aus dan membuat kaki-kaki mobil juga menjadi tidak seimbang atau bergeser posisinya.

Untuk memperbaikinya, Anda bisa melakukan spooring dan balancing roda mobil. Ada perbedaan mendasar antara spooring dan balancing ban mobil yang perlu diketahui.  

Sehingga, Anda perlu melakukan keduanya agar kondisi ban mobil lebih awet dan terawat dengan baik.

Baca juga: Balancing Ban Mobil: Jenis, Manfaat, dan Cara Melakukannya

6. Ganti Ban Mobil Secara Berkala 

Bila mobil sering dibawa pergi jarak jauh atau sudah berumur, maka sebaiknya kondisi ban mobil juga harus diperhatikan. Idealnya, Anda bisa mengganti ban mobil setiap 40.000 km atau setiap 3 tahun sekali. 

Hal ini bertujuan untuk menjaga performa ban, sehingga tidak membuat masalah di kemudian hari karena ban yang aus atau sudah botak justru dapat berbahaya bagi kendaraan karena bisa menyebabkan mobil lebih licin dan sulit dikendalikan saat melewati jalanan basah dan jalanan yang menurun.

Berapa Harga Perbaikan Kaki-Kaki Mobil? 

Bila Anda ingin melakukan service kaki-kaki mobil, biasanya akan ditawarkan dengan 2 jenis perbaikan yaitu per titik kerusakan atau secara keseluruhan.

Di mana biaya per titik kerusakan hanya memperbaiki bagian-bagian yang rusak saja atau tidak semua diperbaiki. 

Sedangkan, secara keseluruhan yaitu perbaikan dengan mengecek setiap komponen kaki mobil lalu mengganti semuanya bila ada yang rusak atau patah.

Tentu harganya akan sangat berbeda. Berikut faktor penentu harga perbaikan kaki mobil:

  • Jenis Mobil
  • Pabrikan Mobil, dari Jepang atau Eropa? Biasanya, mobil dari Jepang perbaikan kaki mobilnya lebih terjangkau
  • Tingkat Kerusakan Kaki Mobil

Jadi, harga perbaikan kaki mobil di setiap bengkel bisa berbeda dan ini belum termasuk biaya pembelian komponen baru.

Untuk estimasi, harga perbaikan kaki mobil satu titik mulai dari Rp150.000 (belum termasuk spare part).

KomponenJumlahHarga
Tie Rod (Depan Belakang)2 PcsRp600.000
Bushing (Depan Belakang)2 PcsRp600.000
Shockbreaker (Depan Belakang)2 PcsRp400.000
Ball Joint1 PcsRp150.000
Link Stabilizer1 PcsRp40.000
Bearing2 PcsRp200.000

Tabel di atas contoh penggantian semua komponen kaki mobil dan sudah menghabiskan biaya sekitar Rp2.790.000 (sudah termasuk harga tiap service tiap titik) untuk jenis mobil Toyota Avanza. 

Bila ingin melakukan service secara keseluruhan, estimasi yang dibutuhkan berkisar minimal Rp3.000.000 – Rp20.000.000. Sementara untuk kategori supercar,  harga perbaikan kaki mobil estimasinya berkisar mulai dari Rp22.000.000. 

Namun, perlu diingat bahwa harga perbaikan kaki mobil ini sangat bergantung dari 3 hal yang sudah disebutkan di atas tadi. 

Bila ingin lebih pasti, Anda bisa membawa ke bengkel terdekat dan minta mereka untuk memeriksa kerusakan serta harga perbaikan yang harus dikeluarkan.

Baca juga: 6 Penyebab Kaki Mobil Bunyi Kletek-Kletek dan dan Cara Memperbaikinya

Rekomendasi Bengkel untuk Memperbaiki dan Mengganti Kaki Mobil

Agar lebih mudah menemukan bengkel terdekat yang bisa melakukan perbaikan kaki mobil, Anda bisa menggunakan layanan dari Moservice.id.

Moservice telah menjalin kerja sama dengan lebih dari ratusan bengkel di seluruh Indonesia yang siap membantu memperbaiki kaki-kaki mobil dengan spare part yang berkualitas.

Daftar sekarang dan dapatkan promo service kaki mobil dari Moservice yang bisa Anda gunakan sebagai kupon promo untuk ditukarkan di bengkel rekanan Moservice terdekat di kota Anda.

Nama BengkelAlamatJam OperasionalLokasi
Raja Auto Tyre – Dunlop ShopJl. HMS Mintareja Sarjana Hukum, Baros, Kec. Cimahi Tengah, Kota Cimahi, Jawa Barat 40521Senin – Minggu: 08:00 – 16:00
Libur Nasional: Tutup
Bandung
BANSAE TIRE POINTJl. Bintara No.93, RT.002/RW.005, Bintara, Kec. Bekasi Baru, Kota Bks, Jawa Barat 17134Setiap Hari (Termasuk Hari Libur Nasional): 08:00 – 17:00Bekasi
Nissan Datsun Tomang AKAJl.Arjuna Utara No.110 Tanjung duren , Grogol Petamburan,Jakarta BaratSenin – Minggu: 08:00 – 14:00
Libur Nasional: Tutup
Jakarta Barat
WISMA BAN JAKARTA PUSATJl. Paseban Raya No.14, RT.5/RW.3, Paseban, Kec. Senen, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 10440Senin – Sabtu: 08:00 – 17:00
Minggu & Libur Nasional: Tutup
Jakarta Pusat
Nawilis Radio DalamJl. Radio Dalam Raya No.3A-B, Gandaria Utara, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan – DKI JakartaSenin – Sabtu: 07:00 – 21:00
Minggu:08:00 – 16:00
Libur Nasional: Tutup
Jakarta Selatan
Trijaya Ban 83Jl. Otista Raya No.83, RW.9, Kp. Melayu, Kecamatan Jatinegara, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13330Senin – Minggu: 08:00 – 17:00
Libur Nasional: Tutup
Jakarta Timur
Holy Ban Tire Center PluitJl. Pluit Karang Timur Blok O8 No. 41 Pluit Penjaringan RT.5, RT.5/RW.14, Pluit, Kec. Penjaringan, Kota Jkt Utara, Daerah KhususSenin – Sabtu: 08:00 – 17:00
Minggu & Libur Nasional: Tutup
Jakarta Utara
GBT LARAS IMBANG DHARMAHUSADAJl. Dharmahusada No.36, Mojo, Kec. Gubeng, Kota SBY, Jawa Timur 60285Senin – Minggu: 08:00 – 16:00
Libur Nasional: Tutup
Surabaya
Carfix TemanggungJl. Gatot Subroto IA RT 007/RW 001, Kel. Manding, Kec. Temanggung, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah 56224Senin – Sabtu: 08:00 – 17:00
Minggu: Tutup
Libur Nasional: 08:00 – 17:00
Semarang
MAHAPUTRA ALAUDDINJl. Komp. Permatasari Jl. Sultan Alauddin No.xx, Gunung Sari, Rappocini, Makassar City, South Sulawesi 90221Setiap Hari (Termasuk Hari Libur Nasional): 08:00 – 17:00Makassar
PANGERAN BANJl. S. Parman No.91,kEL. Petisah Tengah, Kec. Medan Petisah, Kota Medan, Sumatera Utara 20112Senin – Sabtu: 09:00 – 18:00
Minggu & Libur Nasional: Tutup
Medan

*Klik di sini untuk melihat semua bengkel rekanan Moservice lainnya yang menyediakan layanan service kaki mobil di seluruh Indonesia.

Moservice Logo

Situs Booking Service Kendaraan

Apa itu moservice.id?

Moservice.id adalah situs bagi pengendara mobil untuk pemesanan servis yang dilakukan secara daring persembahan dari Adira Finance. Moservice.id bekerjasama dengan lebih dari 1500 bengkel yang tersebar di wilayah Indonesia.

Butuh Bantuan?

(021) 3190 2000