back button

3 Ciri Ring Piston Mobil Rusak dan Cara Memperbaikinya

Ditulis oleh : moservice,

30 Sep 2022

fbtwitterwhatsapp
3 Ciri Ring Piston Mobil Rusak dan Cara Memperbaikinya

moservice.id – Komponen ring piston akan sangat penting dalam menjaga kompresi mesin tetap berjalan.

Bila komponen satu ini bermasalah maka akan terjadi gangguan mesin hingga mobil tidak akan berjalan sebagaimana mestinya. 

Walaupun komponen ini berukuran kecil, namun ring piston memiliki yang sangat penting, seperti:

  • Untuk membantu mencegah kebocoran kompresi.
  • Menghalangi oli yang masuk ke dalam ruang bahan bakar.
  • Mengurangi gesekan pada dinding silinder hingga mengirim panas yang cukup. 

Untuk menunjang kerja ring piston ini, disarankan untuk rutin mengecek kadar oli yang akan digunakan sebagai pelumas ring piston. 

Bila sampai aus atau habis, bisa merusak komponen ring piston mobil. Untuk itu, berikut ini berbagai ciri yang menandakan ring piston mobil mengalami kerusakan.

1. Asap Knalpot Mobil Berwarna Putih

Cara paling mudah untuk mengetahui kerusakan ring piston mobil adalah dengan melihat adanya asap knalpot yang berwarna putih atau tidaknya.

Bila knalpot mengeluarkan asap berwarna putih, berarti ring piston sedang bermasalah.

Hal ini terjadi karena oli naik ke dalam ruang bahan bakar, namun proses pembakaran tidak bisa berjalan dengan lancar karena adanya masalah dari ring piston yang semakin mengecil dan aus.

Inilah yang membuat mengapa mobil seringkali mengeluarkan asap putih dan berbau tidak enak seperti fogging nyamuk. 

2. Suara Mesin Mobil Terdengar Lebih Berat

Salah satu ciri ring piston mobil rusak juga bisa diketahui dari perubahan suara mesin mobil yang menjadi lebih kasar dan berat daripada biasanya. 

Hal ini terjadi karena bentuk atau diameter ring piston menjadi lebih kecil, sehingga gesekan yang terjadi akan berpotensi menimbulkan suara yang berisik. 

3. Lebih Sering Mengganti Oli Mesin

Saat komponen ring piston mengalami kerusakan, biasanya komponen ini mudah aus dan diameternya akan mengecil. 

Inilah penyebab mengapa penggunaan oli mesin menjadi cepat habis daripada biasanya. 

Baca juga: 5 Cara Mudah Cek Oli Mesin Mobil dengan Dipstick

Cara Memperbaiki Kerusakan Ring Piston Mobil

Setelah mengetahui tanda-tanda kerusakan ring piston mobil, ada baiknya untuk mengetahui bagaimana cara merawat ring piston agar tidak mudah rusak. 

Rutin Mengganti Oli Mobil

Salah satu cara yang mudah dalam melakukan perawatan komponen ring piston ini adalah dengan rutin mengganti oli mesin. 

Pergantian oli secara rutin setiap 10 ribu kilometer atau setiap 6 bulan sekali akan sangat diperlukan untuk tetap membantu kinerja ring piston tetap stabil. 

– Gunakan Oli Mobil Sesuai Standar

Untuk mengatasi masalah ring piston ini, disarankan untuk menggunakan oli mesin yang sesuai standar agar dapat melumasi setiap komponen mesin dengan maksimal.

– Cek Ring Piston Secara Berkala

Tujuan mengecek kondisi ring piston adalah untuk melihat apakah komponen piston masih normal atau semakin menyusut? Apakah kotor atau tidak?

Jika semakin mengecil, berarti ring piston harus segera diganti. Namun, jika hanya kotor saja, Anda bisa membersihkan ring piston agar bisa memaksimalkan proses pembakaran.

Untuk melakukannya, Anda bisa membawa ke bengkel terdekat agar proses pembersihan atau penggantian ring piston bisa dilakukan oleh mekanik yang berpengalaman.

Itulah beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mengetahui apakah ada kerusakan atau tidaknya dengan ring piston mobil dan bagaimana kita mengatasi masalah tersebut.

Anda bisa mempercayakan masalah perbaikan mesin mobil Anda ke Moservice yang merupakan platform bengkel mobil online dengan jaringan lebih dari 2000 bengkel di seluruh Indonesia.

Nikmati berbagai promo service mesin untuk mobil kesayangan Anda melalui bengkel service mesin mobil terdekat di kota Anda. Yuk, daftar sekarang juga!

Moservice Logo

Situs Booking Service Kendaraan

Apa itu moservice.id?

Moservice.id adalah situs bagi pengendara mobil untuk pemesanan servis yang dilakukan secara daring persembahan dari Adira Finance. Moservice.id bekerjasama dengan lebih dari 1500 bengkel yang tersebar di wilayah Indonesia.

Butuh Bantuan?

(021) 3190 2000