back button

5 Ciri-Ciri Matahari Kopling (Clutch Cover) Mobil Rusak

Ditulis oleh : moservice,

04 Nov 2022

fbtwitterwhatsapp
5 Ciri-Ciri Matahari Kopling (Clutch Cover) Mobil Rusak

moservice.id – Salah satu komponen penting yang akan menentukan performa kendaraan adalah matahari kopling atau clutch cover.

Clutch cover berfungsi untuk menjepit bagian kampas kopling mobil sehingga bisa membuat tenaga mesin tersalurkan dengan baik ke bagian transmisi mesin melalui perpindahan gigi atau persneling.

Untuk itu, komponen ini harus diperhatikan dengan baik agar tidak cepat rusak. Berikut ini ciri-ciri kerusakan matahari kopling mobil yang harus diwaspadai. 

1. Sulit Mengoper Gigi Saat Mesin Hidup

Salah satu komponen yang penting dalam menunjang kinerja kendaraan adalah bagian kopling. Bila bagian ini bermasalah, tentu akan membuat berkendara menjadi tidak nyaman. 

Salah satu ciri-ciri matahari kopling mobil rusak yang paling banyak ditemukan adalah bila kopling menjadi sulit untuk dipindahkan atau di oper. Anda bisa langsung mengecek bagian kopling untuk memastikannya 

2. Sulit Memindahkan Persneling Saat Mesin Mati

Kondisi mesin mobil menyala dan mati tentu saja akan memberi dampak yang berbeda saat melakukan oper gigi. 

Perbedaannya adalah bila dalam kondisi mobil mati, maka suhu dalam mesin mobil akan lebih dingin sehingga anda akan terasa lebih mudah dalam melakukan oper gigi kopling. 

Namun hal ini akan terasa berbeda bisa mesin menyala. Proses oper gigi kopling akan lebih terasa berat. 

Bila saat mesin dimatikan dan Anda masih kesulitan dalam mengoperkan gigi, maka hal ini harus diwaspadai karena menjadi tanda-tanda kerusakan clutch cover mobil.

Baca juga: Lima Hal yang Jadi Penyebab Pedal Kopling Mobil Terasa Keras Ketika Diinjak

3. Kopling Tidak Bisa Setting Rendah

Ciri-ciri matahari kopling mobil rusak lainnya bisa dilihat dari gejala kopling yang tidak bisa disetel rendah. 

Hal ini biasanya akan terjadi karena matahari kopling cenderung sulit menetralkan kampas kopling saat disetel rendah, sehingga akan semakin sulit untuk melakukan oper gigi. 

Hal ini akan bisa terjadi karena setelah diinjak, pedal kopling akan memberikan beban atau dorongan agar pegas diafragma bekerja. 

4. Pedal Kopling Terasa Berat Saat Diinjak

Ciri lainnya bila terjadi gangguan pada clutch cover atau matahari kopling adalah bila kopling akan berat saat diinjak. 

Hal ini bisa terjadi karena kemungkinan besar adanya kerusakan di bagian matahari kopling. 

Bila hal ini terus dibiarkan maka proses pergantian gigi akan menjadi semakin sulit dan akan membuatnya berada di posisi netral lebih lama. 

Baca juga: 11 Ciri Kampas Kopling Mobil Matic Habis Dilihat dari Gejalanya

5. Muncul Suara yang Mengganggu Saat Pegas Diafragma Diketuk

Untuk mengetahui ada atau tidaknya masalah pada matahari kopling mobil adalah dengan mendengar suara bising yang berasal dari pegas diafragma saat di tes. 

Cobalah untuk mengetuk dan mendengarkan apakah suara yang dihasilkan cempreng atau tidak. 

Bila ada, berarti ada masalah kerusakan pada bagian clutch cover atau matahari kopling mobil Anda.

Itulah berbagai ciri-ciri kerusakan matahari kopling mobil yang bisa diketahui. 

Dengan mengetahui berbagai tanda atau gejala kerusakannya, akan membuat Anda semakin mudah untuk mengidentifikasi sumber masalah serta bagaimana cara perbaikannya. 

Moservice merupakan situs booking bengkel online yang bisa membantu Anda menemukan lokasi bengkel yang paling terdekat di kota Anda.

Kami memiliki lebih dari ribuan bengkel rekanan yang tersebar di berbagai kota di seluruh Indonesia. Service kendaraan jadi lebih mudah dengan Moservice!

Moservice Logo

Situs Booking Service Kendaraan

Apa itu moservice.id?

Moservice.id adalah situs bagi pengendara mobil untuk pemesanan servis yang dilakukan secara daring persembahan dari Adira Finance. Moservice.id bekerjasama dengan lebih dari 1500 bengkel yang tersebar di wilayah Indonesia.

Butuh Bantuan?

(021) 3190 2000