back button

Mengenai 4 Fungsi dan Jenis Katalis Knalpot (Catalytic Converter)

Ditulis oleh : moservice,

15 Dec 2022

fbtwitterwhatsapp
Mengenai 4 Fungsi dan Jenis Katalis Knalpot (Catalytic Converter)

moservice.id – Katalis knalpot atau lebih dikenal dengan sebutan catalytic converter (CC) merupakan  suatu komponen yang dipasang di dalam knalpot mobil untuk mengurangi polusi udara yang dihasilkan dari asap yang dikeluarkan. 

Bentuk katalisator ini sendiri berbentuk seperti sarang lebah. Bahan komponen adalah platinum atau paladium yang kemudian akan disatukan dengan menggunakan blok keramik. 

Gas buangan hasil bahan bakar kendaraan kemudian akan diurai dengan menggunakan reaksi kimia bila melewati logan katalisator ini. 

Sehingga, zat polutan akan tersaring lebih banyak dan gas yang terbuang ke lingkungan akan lebih bersih. 

Namun, bahan logam platinum atau paladium yang digunakan ini tidak akan berubah bentuk dengan adanya reaksi kimia yang terjadi. 

Berikut ini berbagai fungsi katalis pada knalpot mobil.

1. Mengurangi Emisi Gas Knalpot

Salah satu fungsi yang paling penting dari penggunaan katalis knalpot mobil adalah untuk membantu mengurangi tingkat emisi gas kendaraan. 

Emisi adalah gas sisa pembuangan kendaraan yang berasal dari pembakaran bahan bakar. Sehingga, dengan menggunakan katalis knalpot ini akan membuat gas keluarannya menjadi lebih bersih. 

Hal ini jugalah yang menjadi alasan banyak kendaraan sudah memasang katalis knalpot mobil ini untuk menjaga lingkungan sekitar. 

2. Menyaring Zat Polutan 

Fungsi lain dari komponen katalis knalpot atau catalytic converter adalah untuk menyaring zat polutan hasil bahan bakar kendaraan, sehingga penggunaan kendaraan bisa jadi lebih ramah lingkungan. 

3. Membuat Suara Knalpot Lebih Halus

Catalytic converter juga bisa digunakan untuk membuat performa kendaraan anda menjadi jauh lebih baik. 

Suara knalpot kendaraan akan lebih halus dan tidak berisik bila menggunakan katalis, dan hal ini juga akan mengurangi tingkat bising di lingkungan sekitar. 

4. Menghemat Bahan Bakar

Bila ingin bahan bakar mobil lebih hemat, maka Anda bisa memanfaatkan katalis mobil atau  catalytic converter (CC). 

Penggunaan pipa katalis dapat memecah atom hidrokarbon menjadi hidrogen, sehingga panas dari mesin knalpot bisa berkurang saat melewati ruang pembakaran. 

Dilansir penelitian yang dilakukan Lembaga Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Lampung (LPM Unila), penggunaan katalis knalpot dapat menghemat bahan bakar hingga 50%.

Baca juga: Ketahui 6 Cara Mengatasi Knalpot Bocor, Nomor 4 Paling Praktis

Jenis Katalis Catalytic Converter (CC)

1. OC (Oxidation Catalyst)

Oxidant catalyst adalah suatu katalis yang digunakan untuk mengubah suatu senyawa kimia melalui reaksi oksidasi. 

Reaksi oksidasi adalah reaksi kimia di mana suatu senyawa kimia mengalami penurunan elektron, sehingga dapat terjadi perubahan kimia pada senyawa tersebut. 

Oxidant catalyst biasanya digunakan dalam proses-proses industri seperti sintesis kimia, pengolahan air, dan pengolahan limbah untuk menghasilkan karbondioksida (CO2) dan air (H20).

2. Three Way Catalyst (TWC)

Three way catalyst adalah suatu katalis yang digunakan untuk mengubah gas buang menjadi gas yang lebih ramah lingkungan. 

Katalis ini biasanya digunakan pada kendaraan bermotor untuk mengurangi emisi gas buang yang berbahaya bagi lingkungan. 

Three way catalyst dapat mengubah gas buang menjadi gas-gas seperti nitrogen, air, dan karbon dioksida melalui proses katalitik. 

Katalis ini biasanya terdiri dari campuran emas, platina, dan paladium yang dapat bereaksi dengan gas buang untuk mengubahnya menjadi gas yang lebih ramah lingkungan.

Baca juga: Cara Merawat Knalpot Mobil agar Tidak Karatan dan Keropos

3. Three Way Catalyst & Oxidant Catalyst (WTC-OC)

Three way catalyst dan oxidant catalyst adalah dua jenis katalis yang digunakan untuk mengubah suatu senyawa kimia melalui proses kimia. 

Three way catalyst digunakan untuk mengubah gas buang menjadi gas yang lebih ramah lingkungan, sementara oxidant catalyst digunakan untuk mengubah senyawa kimia melalui proses oksidasi. 

Kedua jenis katalis ini biasanya digunakan dalam proses-proses industri untuk mengurangi emisi gas buang yang berbahaya bagi lingkungan dan untuk memproduksi senyawa-senyawa kimia yang berguna.

Bila Anda memiliki masalah dengan knalpot mobil, Anda bisa membawanya ke bengkel knalpot mobil terdekat.

Dapatkan berbagai promo service knalpot mobil dari Moservice secara langsung dengan menggunakan layanan booking bengkel yang bisa diakses dari situs Moservice.id.

Moservice Logo

Situs Booking Service Kendaraan

Apa itu moservice.id?

Moservice.id adalah situs bagi pengendara mobil untuk pemesanan servis yang dilakukan secara daring persembahan dari Adira Finance. Moservice.id bekerjasama dengan lebih dari 1500 bengkel yang tersebar di wilayah Indonesia.

Butuh Bantuan?

(021) 3190 2000