back button

Mengenal 4 Fungsi Stabilizer Link Mobil

Ditulis oleh : moservice,

02 Nov 2022

fbtwitterwhatsapp
Mengenal 4 Fungsi Stabilizer Link Mobil

moservice.id – Bagi pemilik kendaraan roda empat, merawat komponen kaki mobil merupakan hal yang penting. Salah satunya adalah komponen Stabilizer Link.

Apa itu stabilizer link? Pengertian stabilizer link adalah komponen kaki mobil yang menghubungkan ujung suspensi roda mobil bagian kiri dan kanan agar bisa dikendalikan dengan mudah secara seimbang. 

Apakah hanya itu saja fungsinya? Tentu saja tidak.

Berikut ini berbagai fungsi stabilizer link pada mobil.

1. Menstabilkan Laju Kendaraan 

Fungsi yang utama dari komponen stabilizer link adalah membantu dalam menstabilkan mobil saat dikendarai, baik di jalanan lurus ataupun di jalanan berbelok. 

Kestabilan dalam berkendara ini sangat penting untuk menunjang performa kendaraan. stabilizer link yang baik dapat memberikan rasa aman untuk mobil agar tidak mudah tergelincir. 

2. Meningkatkan Daya Cengkram Ban Mobil

Dengan adanya stabilizer link, maka dapat membantu meningkatkan daya cengkram ban saat melakukan manuver, memaksimalkan kinerja stabilizer bar hingga meredam guncangan.

Sehingga, ban mobil tidak akan mudah selip dan bisa dikendalikan dari setir mobil. Hal ini tentu akan membuat keselamatan berkendara lebih terjaga.

3. Mengurangi Tingkat Kemiringan Berkendara

Tak hanya itu, namun komponen stabilizer link juga akan membantu dalam mengurangi kemiringan mobil saat melewati jalan yang berkelok zig-zag atau menurun.

Bila tidak ada stabilizer link, maka penumpang akan merasa tidak nyaman karena efek yang ditimbulkan. 

4. Mengurangi Dampak Guncangan

Ketika melewati jalanan berlubang atau rusak, biasanya mobil akan mengalami guncangan dan bisa dirasakan oleh seluruh penumpang.

Dengan adanya suspensi dan stabilizer link, guncangan yang terjadi bisa diminimalisir dengan mengalirkan tegangannya ke bagian rangka mobil, sehingga guncangan tidak akan terjadi terlalu keras.

Baca juga: 5 Penyebab Kaki Mobil Bunyi Gluduk-Gluduk dan Cara Mengatasinya

Sekarang, Anda bisa dengan mudah menemukan bengkel secara online melalui situs Moservice.id yang menyediakan layanan booking bengkel dengan cepat dan mudah.

Tersedia lebih dari 2000 bengkel rekanan yang bisa Anda pilih berdasarkan jenis layanan ataupun lokasi yang paling terdekat dengan Anda.

Moservice Logo

Situs Booking Service Kendaraan

Apa itu moservice.id?

Moservice.id adalah situs bagi pengendara mobil untuk pemesanan servis yang dilakukan secara daring persembahan dari Adira Finance. Moservice.id bekerjasama dengan lebih dari 1500 bengkel yang tersebar di wilayah Indonesia.

Butuh Bantuan?

(021) 3190 2000